Cara Mencegah Terjadinya Jerawat Meradang Parah

June 11, 2017

Jerawat sering kali menjadi momok bagi banyak orang, apalagi jika jerawat di kulit wajah yang tentunya akan mengurangi penampilan kita. Jerawat merupakan masalah pada kulit yang ditandai dengan munculnya bintik – bintik pada kulit yang berwarna gelap. Sebenarnya jerawat merupakan masalah kulit yang ringan, namun akan menjadi parah apabila kita tidak menanganinya dengan benar.

Apabila sudah meradang, biasanya jerawat menjadi terasa sakit, panas, dan pegal hingga bisa mengeluarkan nanah. Masalah ini muncul apabila kita memiliki kebiasaan memencet ataupun menyentuh jerawat dengan sengaja. Ditambah lagi jika jerawat yang tumbuh adalah jerawat batu maka akan makin berpotensi terjadi peradangan. Berikut akan kami ulas cara mencegah terjadinya jerawat agar tidak menjadi meradang parah.

Cara Mencegah Terjadinya Jerawat Meradang Parah

jerawat batu

jerawat batu

  1. Langkah Pertama

Anda harus melakukan pembersihan kulit wajah terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan ini. Hal ini bertujuan agar kulit wajah Anda terbebas dari kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah setelah seharian Anda melakukan aktivitas di luar. Anda dapat membersihkan wajah dengan air hangat dengan cara membasuh kulit wajah pelan – pelan sehingga bagian wajah yang ditumbuhi jerawat tidak terasa sakit.

  1. Langkah Kedua

Setelah melakukan pembersihan kulit wajah, Anda perlu mengeringkan wajah Anda menggunakan handuk atau kain yang lembut. Pengeringan kulit wajah cukup dengan cara ditepuk menggunakan handuk atau kain halus dengan perlahan – lahan agar bagian wajah yang ditumbuhi jerawat tidak merasakan sakit. Sebaiknya Anda tidak mengeringkan wajah dengan cara digosok karena hal ini akan beresiko mengenai jerawat Anda.

  1. Langkah Ketiga

Pada langkah ketiga ini, Anda memerlukan obat tetes mata yang biasa digunakan untuk mencegah iritasi mata. Anda dapat menggunakan obat tetes mata dari merek apa saja. Di dalam obat tetes mata ini terkandung senyawa yang secara efektif telah terbukti mengurangi pembengkakan pada jerawat dan juga mampu mengurangi warna merah yang biasanya timbul pada jerawat yang sudah meradang. Sapukan obat tetes mata ini pada area kulit di sekitar jerawat Anda.

  1. Langkah Keempat

Untuk langkah keempat ini Anda perlu memperhatikan kebersihan sarung bantal Anda yang biasa Anda gunakan ketika tidur. Jika sarung bantal Anda sudah kotor, gantilah sarung bantal Anda dengan sarung bantal yang sudah dicuci bersih. Sarung bantal yang kotor merupakan tempat favorit bagi kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit wajah Anda.

  1. Langkah Kelima

Setelah Anda bangun dari tidur, segera cuci wajah Anda dengan air bersih. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan air hangat karena dapat membuka pori – pori yang membuat kulit wajah Anda akan terasa menjadi lebih segar.

  1. Langkah Keenam

Pada langkah terakhir ini Anda dapat mengompres kulit wajah Anda yang ditumbuhi jerawat Anda dengan menggunakan potongan es batu yang dimasukkan ke dalam kain yang bersih. Lakukan pengompresan ini selama sekitar 15 menit. Lakukan hal ini setiap hari hingga jerawat Anda benar – benar sembuh.

Demikian sedikit ulasan kami mengenai cara mencegah terjadinya jerawat meradang parah. Semoga tips – tips dari kamidapat membantu Anda yang sedang mencari cara untuk mengatasi jerawat Anda.

Tags: , ,

Related to: Cara Mencegah Terjadinya Jerawat Meradang Parah