Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Trimester Pertama Yang Harus Diketahui

July 1, 2017

Setiap wanita hamil pasti mengalami rasa mual Saat Hamil Trimester Pertama, dan itu adalah hal yang wajar. Namun demikian, dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi mual selama masa kehamilan, tentu hal ini sangat bermanfaat karena dapat meringankan resiko yang mungkin bisa saja terjadi. Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi mual juga muntah selama masa kehamilan.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Trimester Pertama
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Trimester Pertama

Makan Dengan Porsi yang Sedikit tapi Sering

Karena saat hamil mengalami peningkatan hormon sehingga kinerja usus menjadi tidak optimal dan juga terganggu, maka cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi mual pada ibu hamil adalah mengurangi porsi makan tetapi lebih sering. Pola makan ini juga sering menjadi pilihan para palaku diet.

Anda dapat membagi waktu makan dalam sehari yang biasanya 3 kali sehari menjadi 5 hingga 6 kali dalam sehari, dan perbanyaklah mengkonsumsi camilan yang sehat. Mungkin makanan tinggi karbohidrat dapat membantu dalam mencegah mual, tetapi sebuah study kecil menunjukkan bahwa protein adalah nutrisi yang tepat dalam meringankan gejala. Intinya adalah makan dengan porsi yang sedikit dan perlahan-lahan saja.

Duduk setelah makan

Jika sudah merasakan kenyang setelah makan, maka setelah itu biarkan tubuh Anda rileks dalam keadaan duduk, bukan dengan berbaring. Berbaring setelah selesai makan akan membuat pencernaan menjadi lambat dan yang pasti menjadi lebih beresiko memicu terjadinya morning sickness.

Sediakan makanan ringan yang berkualitas, seperti crackers

Sediakan beberapa makanan ringan seperti crackers di laci atau di atas meja yang berada di dalam kamar Anda. Saat Anda bangun tidur, Anda makanlah makanan  ringan tersebut, setelah itu beristirahatlah selama 20 sampai 30 menit sambil duduk sebelum kemudian Anda  bangun lagi. Mengemil seperti ini dapat membantu Anda menjadi merasa lebih baik.

Hindari makanan dan bau yang menjadi pemicu

Saat hamil, hidung menjadi lebih sensitif terhadap aroma makanan, benda, atau pada zat yang disemprot seperti parfum. Anda tentu tidak mungkin dapat bertahan berada di tengah bau seperti itu saat sedang hamil. Oleh karena itu, hindari makanan yang memiliki aroma menyengat, atau bebauan yang akan membuat Anda menjadi pusing serta mual. Dalam hal ini, sebaiknya pilihlah makanan ringan yang kaya akan nutrisi atau makanan yang tidak mengandung bumbu dengan rempah yang berbau.

Tunggu makanan Anda hingga dingin

Jika makanan Anda mengeluarkan aroma yang membuat Anda muntah, maka jalan satu-satunya untuk meminimalisir masalah ini adalah menunggu makanan tersebut sampai dingin. Biasanya makanan yang masih dalam keadaan panas cenderung memiliki aroma yang kuat. Maksud dingin di sini, bukan berarti Anda harus menyimpan makanan tersebut ke dalam lemari es. Tetapi diamkan makanan tersebut selama beberapa menit sebelum menyantapnya agar panas dari makanan itu menguap.

Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak

Mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat menciptakan masalah inflamasi di bagian pencernaan. Tidak hanya makanan yang berlemak saja, ternyata makanan yang pedas juga asam turut berkontribusi. Oleh karena itu, selama hamil di 3 bulan yang pertama, sebaiknya jauhi jenis makanan tersebut. Anda dapat memilih makanan yang agak tawar, misalnya sereal atau bisa juga oatmeal.

Setelah makan sikat gigi dan berkumur

Sehabis makan, luangkan waktu 15 menit untuk menggosok gigi Anda. Jika Anda memiliki obat kumur, berkumurlah sehingga mulut Anda kembali segar dan mulut Anda pun tidak bau makanan yang telah Anda santap.

Suplai cairan dengan minuman yang tepat

Terdapat beberapa jenis minuman yang dapat membantu mengatasi rasa mual. Di bawah ini adalah beberapa contoh minuman yang dapat Anda pilih salah satunya untuk dicoba.

  • Jahe Hangat

Pada umumnya masyarakat di pedesaan, sangat mengetahui manfaat jahe untuk meminimalisir rasa mual saat wanita hamil terserang morning sickness. Saat gejala mual mulai muncul, Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe hangat.

  • Teh Mint

Daun teh yang memiliki kandungan menthol dapat mengatasi rama mual yang menyerang ibu hamil. Karena usus Anda cenderung akan menyambut dengan baik kedatangan teh mint dibandingkan dengan teh yang memiliki rasa manis.

  • Larutan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C, dan di dalamnya ada banyak cairan, namun bukan itu yang membantu, akan tetapi rasa asam dari lemon yang dapat mengusi rasa mual pada ibu hamil.

Saat minum jangan berlebihan

Jika sebelumnya Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak minum minuman yang tepat untuk ibu hamil, tetapi bagaimana pun juga perut Anda bukanlah sebuah tangki yang dapat menampung banyak air, apalagi ketika sedang hamil. Solusi masalah ini yaitu minumlah sedikit demi sedikit sepanjang hari dengan cairan yang tepat untuk mengatasi rasa mual Anda. Sebaiknya gunakan sedotan, jangan meneguk satu gelas sekaligus sampai habis.

Ganti cairan yang hilang dengan menggunakan cairan berelektrolit

Anda mungkin tidak pernah sadar berapa banyak cairan yang telah hilang dari tubuh Anda ketika muntah. Dalam satu hari setidaknya ibu hamil membutuhkan satu hingga satu setengah liter air. Namun, jika setengahnya saja menghilang, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut. Baby Center memberikan saran agar Anda minum minuman  berenergi yang biasa diminum untuk saat berolahraga. Karena minuman jenis ini memiliki kandungan garam, glukosa, juga potassium untuk mengganti elektrolit yang telah hilang.

Nikmati pagi dan sore Anda

Keadaan morning sickness memang sangat mengganggu, namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda dapat menanggulanginya secepat mungkin. Salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi mual saat hamil adalah menikmati udara segar di pagi hari dengan berjalan-jalan juga menikmati sunrise bersinar yang menyehatkan untuk tubuh. Karena hal ini terbukti dapat meringankan gejala mual ketika sedang hamil.

Cari kesibukan yang ringan atau beristirahat saja
Cari kesibukan yang ringan atau beristirahat saja

Saat sedang hamil, biasanya sang suami akan meminta Anda untuk menjaga kesehatan dan istirahat terus di rumah, juga jangan memikirkan pekerjaan rumah untuk sementara waktu. Tetapi sayangnya suami Anda tidak mengetahui betapa membosankannya hanya berdiam diri di rumah. Hari-hari berlalu begitu saja, tentu ini sangat monoton.

Maka dari itu, Anda dapat mencoba cara ini :

  • Menghubungi teman dan ajaklah mereka bermain ke rumah Anda. Jujur saja kepada mereka, bahwa Anda butuh seorang teman untuk sekedar bercengkrama. Jika mereka benar-benar teman, tentu akan mengerti Anda.
  • Jika mereka dalam keadaan sibuk, Anda dapat menggunakan waktu luang untuk menonton film-film komedi yang dapat menghibur Anda.

Karena kegiatan Anda seperti ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa ketidaknyamanan yang membuat Anda menjadi terganggu.

Konsumsi vitamin kehamilan secukupnya

Biasanya para dokter memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untul mengasup vitamin kehamilan atau prenatal setiap hari, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh dan janinnya dapat terpenuhi. Pada awalnya mereka mungkin setuju, lalu melaksanakannya. Namun setelah beberapa kali pemakaian, ada sebagian dari mereka yang mengeluh kalau perutnya sering mengalami rasa mual.

Sebenarnya, vitamin prenatal tersebut memiliki efek samping pada kehamilan. Seperti yang disebutkan oleh Parents Indonesia, ada 4 efek samping yang akan terjadi yaitu sakit kepala yang disertai dengan mual, rasa logam di mulut, sembelit yang disertai dengan diare, dan juga alergi parah.

Lalu bagaimana solusinya?

Untuk mengurangi resiko pada efek samping tersebut yaitu dengan cara mengambil satu butir vitamin prenatal dalam sehari. Anda ingin mencari cara yang aman bukan? Maka sebaiknya Anda penuhi nutrisi dari makanan saja, jangan dari vitamin prenatal tersebut jika Anda tidak ingin mengambil resiko yang telah dijelaskan tadi.

Nah, Anda bisa mengurangi risiko terhadap efek samping tersebut dengan cara mengambil vitamin prenatal satu butir sehari. Anda ingin cari aman bukan? Lebih baik penuhi nutrisi dari makanan saja, jangan dari vitamin tersebut jika tidak ingin mengambil risiko seperti yang disebutkan tadi.

Coba melakukan akupuntur

Masa kehamilan adalah salah satu momen yang membahagiakan bagi keluarga Anda, oleh sebab itu jangan sampai momen tersebut terlewatkan dengan kesedihan karena Anda tidak dapat berkorban melawan rasa mual Anda. Serangkaian cara dalam mengatasi rasa mual dapat Anda temukan, misalnya dengan melakukan akupuntur.

Akupuntur adalah metode yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga kehamilan Anda agar tetap sehat. Akupuntur ini sangat aman karena tidak memerlukan obat. Berdasarkan sebuah penelitian, melakukan akupuntur sekali dalam seminggu pada bulan terakhir saat masa kehamilan mampu meringankan rasa sakit selama proses kehamilan tersebut.

Akupuntur tetap aman digunakan untuk berbagai periode kehamilan. Pada tahap pertama kehamilan, akupuntur bisa meringankan berbagai macam keluhan seperti mual, muntah, serta migraine. Tidak hanya itu saja, akupuntur juga dapat membantu melakukan detoksifikasi, menambah jumlah darah, dan membuat ibu hamil menjadi lebih rileks.

Menghirup aromaterapi
menghirup aroma terapi

Pada umumnya aromaterapi biasa digunakan untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang juga terbebas dari rasa penat kehidupan. Aromaterapi ini didapatkan dari bahan yang mudah menguap. Jenis aromaterapi yang paling banyak digunakan adalah minyak esensial yang diekstrak tanaman.

Selain itu, menghirup aromaterapi ternyata bisa memanjakan tubuh ibu hamil. Minyak esensial aromaterapi yang sangat tepat digunakan untuk meredakan perubahan fisik dan psikis Anda selama menjalani proses masa kehamilan yaitu peppermint.

Tag : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Trimester Pertama Yang Harus Diketahui, cara mengatasi mual saat trimester pertama, cara mengatasi mual trumeater 1 kehamilan, mengkomsumsi jahe untuk ibu mual muntah sebaiknya 5 kali dalam seminggu dikarenakan, obat mual aman tuk ibu hamil 2017, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Trimester Pertama Yang Harus Diketahui