Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Kaki

July 27, 2017

Cara Menghilangkan Kapalan – Kepalan merupakan penebalan dan pengerasan pada bagian lapisan kulit. Hal ini terjadi karena adanya respon pertahanan kulit terhadap gesekan dan tekanan secara terus menerus. Biasanya kepalan menyerang pada area telapak kaki, tangan dan jari-jari. Sebetulnya terbentuknya kepalan pada kulit akan mengurangi risiko daerah tersebut terkena luka atau lecet pada saat bergesekan.

Namun perlu diingat bahwa kepalan mengundang hal yang kurang menyenangkan. Pasalnya mampu mengurangi kepercayaan diri seseorang. Bahkan terkadang kepalan memicu rasa tidak nyaman, seperti masalah nyeri atau rasa sakit. Oleh karena itu, sebaiknya atasi kepalan terutama di telapak kaki menggunakan bahan alami seperti ulasan berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Kapalan di Daerah Telapak Kaki

cara memghilangkan kapalan

1.Menggunakan Air Hangat

Air hangat rupanya mampu menjadi bahan alami penghilang kepalan pada telapak kaki. Anda cukup memanaskan air sebanyak satu baskom, tunggu saja hingga air menurun suhu menjadi hangat. Kedua kaki anda bisa langsung direndam ke dalam air hangat tersebut selama setengah jam. Jangan lupa anda menggosok-gosok kulit kaki kepalan dengan sikat lembut atau batu apung, sehingga sel-sel kulit mati bisa diangkat.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan pembuat kue yang ampuh menghilangkan kepalan telapak kaki. Caranya cukup mudah, yakni menyiapkan air hangat dan campurkan dengan baking soda. Selepas itu, kaki anda harus dimasukkan ke dalam agar segera direndam kurang lebih selama 15 menit. Sambil direndam, anda gosokkan telapak kaki kepalan menggunakan batu apung atau mengikis perlahan kepalan di area kaki tersebut.

3. Menggunakan Lemon

Selanjutnya menggunakan lemon yang baik untuk perawatan kulit tubuh. Anda cukup mengambil kulit lemon untuk digunakan sebagai penghilang kapalan. Cobalah menempelkan kulit lemon ke bagian yang kapalan. Pastikan agar kulit lemon menempel sempurna, maka anda harus memanfaatkan plester kulit. Hal tersebut berguna agar kulitnya tidak mudah bergeser maupun jatuh ketika bergerak maupun berjalan.

4. Menggunakan Kentang

kentang

Manfaatkan kentang untuk menghilangkan kepalan pada telapak kaki. Sebelumnya anda parut kentang tersebut hingga lembut. Kemudian parutan bisa langsung ditempelkan ke area telapak kaki yang kapalan. Terakhir, anda mesti menggunakan kain kassa atau kaki perban untuk menutupi bagian yang telah diobati. Barulah anda diamkan paling tidak 3 jam sehingga kandungan pada kentang dapat  bekerja dan meresap sempurna ke kulit kepalan.

5. Menggunakan Bawang Putih

Satu lagi bahan alami untuk menghilangkan kepalan pada telapak kaki adalah bawang putih. Caranya anda harus menghaluskan bawang putih untuk mendapatkan khasiatnya. Anda tak usah khawatir karena penggunaan bawang putih tidak dikonsumsi, melainkan sebagai obat luar di telapak kaki kepalan. Anda cukup mengoleskan halusan bawang putih ke daerah kaki kepalan. Gunakna perban untuk melilit kaki yang sudah diobati, lalu biarkan semalaman untuk hasil kesembuhan yang optimal.

Demikian info kesehatan yang bisa anda ketahui mengenai Cara Menghilangkan Kepalan Pada Telapak Kaki. Semoga bermanfaat baik bagi anda semua, terutama bagi anda yang sering mengalami kapalan.

 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Kaki