Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Menyembuhkan 8 Penyakit ini

May 21, 2017

Berbicara mengenai cara mengolah daun kelor sebaiknya harus tahu dulu asal usul dari daun kelor tsb. ia merupakan salah satu tumbuhan liar yang sering dijumpai sebagai tanaman pagar di halaman-halaman rumah kesayangan Anda. Pada beberapa daerah menyebut daun kelor dengan nama yang berlainan, seperti kerol, moltong, keloro, ongge, dan lainnya. Biasanya, biji kelor sering ditambahkan ke dalam masakan sayur asam untuk menambah citarasa pada masakan itu sendiri dan makanan pun makin kaya akan gizi. Ciri-ciri daun kelor sangat mirip dengan daun bidara. Bedanya pada warna bunganya putih kekuningan, dengan aromanya yang semerbak. Sedangkan bentuk buahnya mirip segitiga memanjang. WHO menyarankan daun kelor dipercaya baik dikonsumsi oleh anak-anak di masa pertumbuhan, karena daun ini kaya akan nutrisi dan gizi.

cara mengolah daun kelor

Daun Kelor liar

Daun kelor sendiri mengandung vitamin C, 7 kali lipat dari buah jeruk. Kalsium di dalamnya 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Dalam daun kelor terkandung potasium tiga kali lipat lebih dibandingkan dengan buah pisang. Asam amino essensial di dalamnya lebih banyak daripada protein dalam susu. Sedangkan Vitamin A dalam kelor, 4 kali lebih baik dari wortel. Wow banyak sekali ya kandungan gizi yang terdapat pada daun kelor. Nah untuk itu kami ingin membahas khusus untuk Anda manfaat daun kelor dan cara mengolahnya, mari simak dibawah ini.

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Obat

Mengelolah daun kelor

Daun kelor dapat dijadikan obat

  1. Daun Kelor Mengobati Diabetes Mellitus

Menurut penelitian dari University of Wiconsin LaCrosse, daun kelor dapat dipercaya sebagai obat diabetes melitus karena daun kelor diperkaya dengan zinc yang dibutuhkan dalam tubuh dalam proses produksi insulin. Kurang lebih selama 3 minggu pemberian ekstrak daun kelor pada penderita diabetes, menunjukkan penurunan kadar gula darah secara signifikan. Anda juga dapat menyeduh daunnya dengan segelas air panas, kemudian minum selagi hangat. Menarik bukan?

  1. Daun kelor Mengobati Sariawan

Daun kelor dapat mengobati sariawan karena daun kelor memilki kandungan vitamin C yang berlimpah sehingga sangat efektif untuk mengatasi sariawan mulut, yang pada umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin ini.

  1. Daun Kelor Meredakan Gejala Rematik

Daun kelor juga mengandung zat yang disebut pterigospermin. Zat ini dipercaya sangat berguna untuk merilekskan otot-otot tubuh, serta menghangatkan tubuh Anda. Dalam Journal of Chinese Integrative Medicine pada tahun 2011, disebutkan juga bahwa ekstrak daun dan akar kelor dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita arthritis. Untuk menggunakannya sebagai obat luar, tumbuk segenggam daun kelor dan setengan sendok kapur sirih. Gosokkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

  1. Daun Kelor Mengobati Rabun Senja

Penyakit mata ini membuat penderita sulit melihat dengan cahaya minim. Dalam dunia medis disebut nyctalopia. Untuk mengatasinya, tumbuk daun kelor kemudian seduh bersama segelas air panas. Lebih menariknya, Anda juga dapat mencampurnya dengan madu, kemudian disarankan untuk minum setiap hari bagi penderita rabun senja.

  1. Daun Kelor Menurunkan Panas dan Demam Anak

Ketika anak Anda demam, pucuk daun kelor dan buahnya dapat dimasak sebagai sayur. Berikan pada anak untuk dikonsumsi, saat mereka sedang menderita demam atau panas. Rasa daunnya mirip dengan daun katuk, rasa buahnya tak jauh dari kacang panjang.

  1. Daun Kelor Mengatasi Sembelit

Perbanyak asupan serat supaya pencernaan menjadi lancar, serta mencegah masalah konstipasi. Untuk obat tradisional Anda dapat mengolahnya dengan cara, parutlah daun kelor, wortel, dan mentimun dalam takaran yang sama. Larutkan dalam segelas air hangat, kemudian saring. Minum setiap hari airnya untuk mengobati sembelit.

  1. Daun Kelor Sebagai Obat Biduran Alergi

Alergi pada kulit yang menimbulkan biduran dapat diobati dengan bahan alami. Rebus 3 gagang daun kelor, adas pulosari, dan bawang merah bersama 750 ml air. Tunggu airnya tersisa 500 ml. Airnya dapat dikonsumsi untuk 2 kali.

  1. Daun Kelor Sebagai Obat Cacingan

Cara alami untuk mengobati cacingan, salah satunya menggunakan daun kelor. Ambil daun kelor juga cabai dan meniran. Rebus tiga bahan ini dengan 500 ml air, tunggu hingga tiris sampai tertinggal 250 ml saja. Minum setiap malam, untuk mematikan cacing dalam perut. Semoga bermanfaat.

Tag : cara memasak daun kelor untuk obat, cara mengkonsumsi daun kelor, manfaat daun kelor dan cara pengolahannya, cara mengolah daun kelor untuk obat mata, cara mengolah daun kelor untuk obat, cara konsumsi daun kelor, aturan minum daun kelor, https://www sehatcenter com/cara-mengolah-daun-kelor-untuk-menyembuhkan-8-penyakit-ini/, cara meracik daun kelor, cara pengolahan daun kelor, 

Tags: , ,

Related to: Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Menyembuhkan 8 Penyakit ini