Cara Meningkatkan Kualitas ASI Agar Bayi Gemuk

November 8, 2017

Makanan menjadi salah satu asupan penting yang harus tetap dijaga kondisi serta nutrisi yang terkandung di dalamnya, terutama asupan makan yang dikonsumsi oleh seorang Ibu yang sedang menyusui.

Selain digunakan untuk menjaga kondisi yang sehat kepada para ibu menyusui, asupan makanan yang benar akan berikan dampak kepada ASI yang dikeluarkan oleh sang ibu.

Selain tips tips mengenai asupan makanan untuk mencerdaskan si bayi, tips Cara Meningkatkan Kualitas ASI Agar Bayi Gemuk ini juga dapat memberi info kepada para Ibu agar bayi yang disusui tumbuh sehat serta gemuk.

ASI sebagai asupan utama pertama yang akan didapatkan si mungil, merupakan hal yang sangat krusial bagi si mungil itu sendiri.

Kesalahan ataupun kekurangan nutrisi yang dihasilkan oleh ASI akan menyebabkan si mungil tidak dapat tumbuh secara optimal. Selain itu, kekurangan nutrisi pada ASI juga akan menghambat metabolisme yang berguna untuk melindungi si bayi dari berbagai serangan penyakit.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI Dengan Asupan Makanan

Meningkatkan Kualitas ASI

Ada beberapa asupan makanan yang dapat menjadi pertimbangan dan referensi kepada para ibu menyusui agar mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memberikan kualitas terbaik pada ASI yang dikonsumsi bayi baru lahir. Diantara Cara Meningkatkan Kualitas ASI Agar Bayi Gemuk dan tumbuh sehat adalah :

  1. Makan makanan seperti gandum utuh, sereal dan juga beras merah ataupun beras cokelat yang memiliki karbohidrat kompleks serta serat dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama bagi seorang ibu. Selain itu nutrisi karbohidrat yang dihasilkan akan mampu memberikan dampak penggemuk kepada para bayi yang disusui.
  2. Lalu makanan seperti ikan salmon dan ikan laut yang tidak mengandung merkuri, dapat menjadi pilihan untuk penambahan protein dalam ASI. Lemak DHA EPA begitu juga Omega 3 sangat dibutuhkan oleh tubuh si bayi untuk perkembangan lebih lanjut dari si bayi tersebut.
  3. Sayur sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi dan juga serat pangan, juga dapat menjadi nutrisi yang baik untuk memberikan perkembangan tubuh yang optimal bagi sang bayi.
  4. Begitu pula susu, kacang kacangan dan sejenisnya, merupakan sumber kalsium yang baik bagi proses pertumbuhan bayi yang sedang menyusui.

Beberapa sumber asupan makanan ini berdasarkan penelitian dapat memberikan nutrisi pangan yang cukup kepada sang ibu dan juga pada bayi. Dengan begitu, sang bayi juga tidak akan kekurangan nutrisi pangan lalu bayi pun dapat tumbuh gemuk dan optimal.

Nutrisi Yang Salah Dapat Menurunkan Kualitas ASI

Proses tumbuh kembang dari si kecil agar bisa optimal dan berkecukupan akan nutrisi merupakan PR yang harus dikerjakan oleh sang ibu.

Kesalahan dalam mengambil asupan makanan akan dapat menurunkan kualitas dari ASI yang dihasilkan oleh sang ibu. Penurunan kualitas ASI ini juga akan berdampak kepada sang bayi.

Salah satu dampak yang paling jelas adalah tidak optimalnya tumbuh kembang dari si mungil sendiri di kemudian hari. Maka dari pada itulah, seorang ibu harus memikirkan dan memilih kandungan ataupun asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Sehingga ASI yang dikeluarkan tetap akan menjadi ASI yang memiliki kualitas.

kualitas asi

Meminum alcohol, cafein, memakan makanan instan atau cepat saji benar benar dapat menurunkan kualitas ASI yang dihasilkan oleh seorang ibu. Hal ini dikarenakan asupan yang terkandung dari beberapa makanan beserta minuman tersebut tidak jelas diketahui. Bahkan beberapa makanan ataupun minuman tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan sang ibu ataupun sang bayi di kemudian hari.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi seorang ibu untuk dapat memilih serta memilah jenis makanan yang benar benar akan berikan manfaat kepada dirinya begitu juga kepada si mungil yang disusuinya.

Memilih makanan yang berkualitas dan meninggalkan makanan atau minuman yang memiliki dampak buruk tersebut merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas dari ASI demi pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang optimal di kemudian hari.

Tag : ASI hand milk biar bayi gemuk adalah, cara mengasi asi agar bayi cepet gemuk, cara meningkatkan kualitas asi agar bayi gemuk, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Cara Meningkatkan Kualitas ASI Agar Bayi Gemuk