Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar, Pastikan Sudah Sesuai

1 February 2018 11:22
February 1, 2018

Menyikat gigi adalah salah satu hal yang sangat mudah dilakukan dalam kegiatan sehari hari tetapi menyikat gigi memiliki fungsi sangat penting untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat serta memiliki umur panjang. Jika tidak pernah menyikat gigi setiap hari bisa berakibat kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, serta bau mulut bisa menghampiri siapa saja yang tidak rutin menggosok gigi sebab jika sudah mengalami kerusakan gigi tersebut maka akan menimbulkan rasa sakit luar biasa pada manusia. Menyikat gigi berfungsi untuk membersihkan dari plak dan sisa sisa makanan pada gigi untuk itu diperlukan cara menyikat gigi yang baik dan benar setiap harinya.

Tahap tahap Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar

Sebelum menyikat gigi hendaknya menyediakan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan serta dianjurkan menggunakan pasta gigi mengandung zat fluoride sehingga dapat merawat gigi dengan maksimal. Selain pasta gigi hendaknya juga memiliki sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi seperti menyesuaikan kepala sikat dengan mulut karena kepala sikat dengan ujung kecil akan memudahkan pengguna untuk menjangkau bagian dalam gigi yang sulit terjangkau. Selain itu harus memilih juga sikat dengan gagang yang nyaman dipegang agar dapat memberikan kemudahan cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

Perlu diketahui bahwa hendaknya menyikat lidah terlebih dahulu sebelum menyikat gigi karena menyikat lidah juga sama pentingnya dengan menyikat gigi. Menyikat lidah dapat menghilangkan dari bakteri bakteri anaerob yang tinggal di lidah manusia oleh karena itulah menyikat lidah sangat perlu sebelum menyikat gigi. Menyikat lidah juga menggunakan pasta lidah dan sikatlah lidah sejauh mungkin ke dalam lidah karena semakin dalam menyikat semakin bagus sebab semakin dalam lidah disitulah banyak bakteri bakteri bersarang.

Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar

Setelah menyikat lidah hendaknya menyikat gigi dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar seperti cara berikut ini:

  • Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi ditepi gusi dengan posisi sudut 45 derajat lalu mulailah emyikat gigi dari gigi paling belakang atau gigi geraham dengan cara memutar dari atas kebawah selama 20 detik untuk masing masing bagian.
  • Sikat semua bagian bagian gigi jangan sampai ada yang ketinggalan satupun mulai dari bagian gigi yang biasa untuk menguyah, gigi paling dekat dengan pipi dan lidah serta pastikan semua gigi sudah disikat merata sehingga plak serta sisa sisa makanan pada gigi sampai hilang atau bersih.
  • Cara untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan harus dengan cara memegang sikat gigi secara vertical atau menggunakan ujung kepala sikat dan gerakkan melingkar dari gusi sampai atas gigi serta lakukan gerakan ini berulang ulang sebanyak 2 atau 3 kali.
  • Ubah ubahlah cara menyikat gigi secara bervariasi karena dengan pola menyikat gigi itu itu saja membuat ada bagian bagian gigi yang terlewat belum disikat gigi oleh karena itulah dibutuhkan pola menyikat gigi bervariasi agar dapat menyikat semua bagian bagian gigi.
  • Penting untuk dipahami jika mengawali menyikat gigi dari gigi bagian belakang atas atau geraham atas maka sebaiknya mengakhiri menikat gigi di bagian belakang bawah gigi atau geraham bawah karena dengan pola tersebut maka akan secara teratur gigi di sikat merata dan untuk melakukan semua gerakan menyikat gigi dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 menit saja.
Tag : sebelum tidur sikat gigi dulu, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar, Pastikan Sudah Sesuai