Cara Merawat Rambut Yang Bagi Para Hijaber

July 9, 2017

Mengenakan hijab sepanjang hari memang bisa memicu rambut lebih lembab dan mudah rontok. Kendati demikian, seseorang yang memakai hijab mesti rajin melakukan perawatan rambut guna menghindari hal-hal yang bersifat merusak rambut. Apalagi setiap wanita pasti menginginkan rambut tetap berkilau indah walaupun menggunakan hijab, lantaran rambut merupakan mahkota bagian tubuh.

Namun kebanyakan para wanita hijaber mengabaikan rambut karena merasa kurang penting. Maka tak heran jika mereka justru seringkali melakukan kesalahan dalam perawatan rambut. Karena itulah, terkadang merasa mengeluh ketika banyak permasalah rambut akibat perawatan kurang tepat. Adapun cara merawat rambut yang baik bagi para hijaber adalah sebagai berikut.

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bagi Para Hijaber
perawatan rambut

1.Hindari Memakai Hijab Ketika Rambut Basah
Biasanya penyebab masalah rambut berhijab adalah kebiasaan menggunakan hijab ketika rambut masih basah. Padahal rambut dalam kondisi basah tersebut akan menyebabkan kerontokan rambut yang lebih parah, serta ketombe, hingga gatal-gatal dan bau apek. Maka dari itu, keringkan dahulu rambut anda sebelum memakai hijab. Jika perlu anda bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dengan waktu yang cepat.

2. Pilih Bahan Jilbab yang Menyerap Keringat
bahan hijab

Mengenakan hijab memang untuk menutup aurat, namun di sisi lain akan membuat rambut cepat lepek dan mudah berkeringat. Dimana adanya keringat yang berlebih tersebut bisa menimbulkan permasalan pada rambu, mulai dari berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya.

Sebaiknya anda, harus memilih jenis jilbab yang berbahan mudah untuk menyerap keringat seperti katun ataupun kaos agar rambut tetap sehat dan indah.

3. Selalu Mengubah Ikatan Rambut
Mengganti model ikatan rambut rupanya untuk menghindari kerusakan pada rambut tersebut. Kebanyakan dari wanita memang menggunakan kuncir kuda atau konde dibawah hijab karena alasan lebih gampang.

Namun jika terlalu sering menerapkan model kunciran seperti ini, memungkinkan rambut akan rontok akibat terus-menerus terikat. Untuk itu, hindari hal tersebut dan sering-seringlah menganti model kuciran agar rambut tak rusak.

4. Membersihkan Rambut dengan Keramas
Meskipun penggunaan hijab akan melindungi rambut dari berbagai polusi udara dan panas matahari. Namun rambut mudah berminyak dan lembab, karena terus-menerus ditutupi hijab.

Alangkag baiknya jika rambut anda yang tidak berminyak dan rontok tersebut dicegah dengan cara rajin berkeramas untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Paling tidak anda melakukan keramas 3 kali dalam seminggu dan jangan terlalu sering.

5. Istirahatkan Rambut
Pada saat anda sampai di rumah, pasti akan melepaskan hijab. Sebaiknya anda manjakan rambut untuk memberikan waktu beristirahat layaknya anggota tubuh lainnya.

Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah, agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat secara alami. Cara yang satu ini cukup efektif untuk meminimalisir kelembaban di kulit kepala akibat adanya ketombe maupun kerontokan pada rambut.

Selain cara di atas, anda juga harus merawat rambut dari dalam dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi rambut. Sekian dan terima kasih.

Tag : Merawat rambut, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Cara Merawat Rambut Yang Bagi Para Hijaber