Cara Tidur Penderita Insomnia Sebaiknya Istirahakan Otak Anda

December 29, 2015

Cara Tidur Penderita Insomnia  – banyak faktor yang dapat menyebabkan insomnia, salah satunya ialah otak yang masih aktif namun seharusnya otak sudah dalam keadaan istirahat ataupun tenang.

Hal seperti itu biasanya dikarenakan sering beraktivitas atau bekerja pada malam hari yang seharusnya waktu untuk tidur. (Baca Juga : Cara Mencegah Kanker Otak )

Selain faktor tersebut , sangat banyak masalah yang di hadapi yang mengakibatkan stress berat juga bisa menyebabkan otak akan terus aktif saat waktu tidur nantinya.

mengistirahatkan otak saat alami insomnia

mengistirahatkan otak saat alami insomnia

Meskipun kondisi kebugaran tubuh anda sudah lelah , otak yang aktif akan senantiasa membuat anda terjaga dan sulit akan tertidur lelap.

Meskipun seperti itu, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk otak anda dapat beristirahat ketika tidur sehingga

(Baca Juga : 4 vitamin untuk meningkatkan kecerdasan otak anak )

dengan otak yang tenang anda akan dapat beristirahat dengan baik dan bisa menikmati tidur malam anda.Untuk membuat otak dapat beristirahat , ikuti tips-tips Cara Tidur Penderita Insomnia  seperti yang di lansir oleh Huffigton Post .

  1. Beri jeda antara waktu anda bekerja dengan waktu anda tidur

Salah satu faktor penyebab orang akan susah untuk mendapatkan istirahat yang begitu optimal biasanya dikarenakan waktu antara kerja dengan waktunya beristirahta ialah terlalu dekat sehingga ketika akan tidur dan beristirahat maka otak masih dalam keadaan aktif.

Hal ini berbeda karena otak bukanlah mesin yang bisa di hidupkan atau dimatikan dalam waktu yang cepat. Otak perlu membutuhkan waktu jeda yang cukup untuk merasa tenang dan bisa beristirahat.

Maka alangkah baiknya memberikan waktu jeda yang cukup antara waktu kerja dengan waktu tidur anda. Sekiranya 1-2 jam sebelum tidur anda pekerjaan atau kesibukan anda sudah rampung dan selesai.

Kemudian anda bisa leluasa mengistirahatkan tubuh dengan otak. Dan jangan lupa untuk mematikan semua alat eleltronik seperti radio,komputer, telivisi , tablet dan smartphone anda.

Redupkan atau kalau bisa matikan lampu kamar tidur dan biarkan pikiran anda menjadi tenang.

  1. Bangun dari tempat tidur

Ketika anda baru bangun tidur sebaiknya jangan membiasakan diri untuk memikirkan masalah – masalah yang sedang dihadapi .

bangun tidur

bangun tidur

membiasakan diri ketika di tempat tidur mimikirkan berbagai masalah dengan otak anda yang masih aktif dapat memberi persepsi bahwa tempat tidur anda merupakan tempat untuk berpikir serta bangun.

Maka dari itu ketika bangun dari tempat tidur , bangunlah dan pindahlah ke ruangan lain yang lebih tenang dan redupkan juga lampu pada ruangan tersebut.

Lakukan hal yang dapat membuat anda lebih tenang seperti mendengarkan musik. Bangun dari tempat tidur akan membantu menghentikan berbagai pikiran yang mengacaukan otak anda. Cara ini diketahui dapat membuah otak anda lebih tenang dan siap tidur dengan lelap.

  1. Fokus pada gambaran mental

Boleh percaya boleh tidak, menghitung domba merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat anda menjadi mengantuk, terutama bila kasus insomnia disebabkan oleh otak yang terlalu aktif berfikir .

Coba fokuskan otak anda untuk membayangkan gambaran benda yang akan dihitung. Lalu bisa memulai menghitung dan lakukan perhitungan dengan mengulang – ngulang nama benda tersebut.

Ini akan menjadikan otak kehilangan focus dan mudah untuk tidur lelap.

  1. Menghilangkan kekhawatiran

Dengan banyaknya masalah yang sedang dihadapi seseorang akan membuat otak sangat aktif waktu tidur. Hal demikian yang membuat perasaan cemas dan khawatir.

Namun untuk meminimalisir anda dapat membedakan kecemasan produktif dan yang tidak . Lalu sempatkan diri untuk buat daftar tentang kecemasan yang dimiliki.

Kemudian cari dan tulis solusinya. Jangan tidur dengan kecemasan yang campur aduk . hilangkan kecemasan yang tidak produktif dengan begitu beban pikiran menjadi berkurang dan jadi mudah untuk tidur.

(Baca Juga : Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomnia Secara Alami )

Itulah beberapa tips Cara Tidur Penderita Insomnia yang bisa dilakukan untuk menginstirahatkan otak saat mengalami insomnia. Istirahtkan otak dulu dengan cara yang di atas untuj bisa tidur dengan lelap

Tag : otak tidak bisa tidur, otak terlalu aktif, otak terus bekerja dan tidak bisa tidur, Gambar otak penyakit insomia, gambar orang bangun tidur hd, waktu otak aktif, cara mengatasi otak yang terlalu aktif berfikir, cara mengatasi otak yang banyak berfikir saat mau tidur, cara istirahatkan otak saat insomnia, cara atasi otak banyak berfikir dan susah tidur malam, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Cara Tidur Penderita Insomnia Sebaiknya Istirahakan Otak Anda