Ciprofloxacin obat apa? Berikut ini Penjelasanya Menurut Ahli

June 5, 2017

Ciprofloxacin obat apa? Pertanyaan itu mungkin pernah terbesit dalam pikiran orang yang pernah mengkonsumsinya. Mengkonsumsi suatu obat tanpa mengetahui apa itu kegunaannya adalah sebuah tindakan yang membahayakan tubuh. Terlebih jika kita langsung percaya pada resep yang diberikan oleh dokter tanpa menanyakan apa saja manfaatnya. Hal itu sah-sah saja. Tapi apa Anda akan tetap begitu selamanya?

Ciprofloxacin Obat Apa?

Ciprofloxacin adalah antibiotik jenis kuinolon yang biasa digunakan untuk menangani berbagai jenis infeksi akibat bakteri seperti infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih, infeksi mata, dan infeksi menular seksual. Jenis obat ini bekerja dengan membunuh atau mencegah perkembangan bakteri yang menjadi penyebab infeksi. Oleh karena itu Ciprofloxacin tidak akan efektif untuk mengobati flu atau pilek yang disebabkan oleh infeksi virus.

Biasanya Ciprofloxacin diberikan oleh pasien berdasarkan resep dokter. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Ciprofloxacin sendiri tersedia dalam berbagai merk dan dapat digunakan dalam bentuk tablet serta cair

Takaran Penggunaan Ciprofloxacin

Dosis penggunaan antibiotik ini tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi yang  diderita oleh pasien. Berdasarkan jenis penyakit dan tingkat keparahannya, dosis penggunaan obat ini terbagi seperti di bawah ini :

  • Infeksi saluran kemih. Ringan dan sedang 250 mg. Parah 500 mg. Dan dikonsumsi selama 1-2 minggu.
  • Prostatitis kronis akibat bakteri. Ringan dan sedang 500 mg selama 4 minggu.
  • Infeksi saluran pernafasan bawah. Ringan 500 mg. Akut 750 mg. Dan dikonsumsi selama 1-2 minggu.
  • Sinusitis akut. Ringan 500 mg dan dikonsumsi selama 1-2 minggu.
  • Infeksi Kulit. Ringan 500 mg. Akut 750 mg. Dan dikonsumsi selama 1-2 minggu

Biasanya antibiotik ini diminum 12 jam sekali dan hubungi dokter untuk dosis anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun.

Cara Mengonsumsi Ciprofloxacin

Ciprofloxacin bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Saat mengkonsumsi obat ini janganlah Anda lupa untuk minum banyak cairan terutama air putih. Air putih yang anda minum mampu mencegah kemunculan efek samping obat ini. Selain itu, jangan mengonsumsi produk susu ataupun produk yang mengandung kafein seperti kopi atau cokelat bersamaan dengan Ciprofloxacin. Konsumsi antasida  yang mengandung zat besi atau zinc juga harus dihindari  setidaknya 2 jam sebelum atau 4-6 jam sesudah minum antibiotik. Jika jadwal minum Ciprofloxacin terlewat, Anda sebaiknya segera meminumnya. Tetapi janganlah menggandakan dosis Anda untuk menggantikan dosis yang sudah terlewatkan.

Efek Samping dan Bahaya Ciprofloxacin

efeks amping Ciprofloxacin Ciprofloxacin

Ilustrasi efeks samping Ciprofloxacin

Ciprofloxacin jarang menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi saat Anda mengonsumsi antibiotik ini antara lain mual, sakit kepala, sering dan sering buang gas. Jika anda mengalami rasa nyeri atau pembengkakan pada otot juga sendi, juga mengalami alergi seperti ruam dan kesulitan bernafas, segeralah menghubungi dokter.

Peringatan Pemakaian

  • Bagi wanita hamil dan ibu menyusui, gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter.
  • Hindarilah mengkonsumsi susu, obat antasida, jeruk dan suplemen yang mengandung zat besikarena dapat menghambat kinerja obat ini.
  • Bagi penderita gangguan ginjal, tendonitis, penyakit jantung, aritmia, epilepsi atau gangguan lain yang dapat menyebabkan kejang-kejang, myastenia gravis, serta kekurangan glukosa-6-fosfat dehidrogenase(G6PD) berhati-hatilah.
  • Habiskanlah obat ini sesuai anjuran dokter untuk memastikan bakteri penyebab infeksi musnah dan mencegah kambuhnya infeksi.

Ciprofloxacin obat apa? Ciprofloxacin adalah antibiotik yang bermanfaat bagi tubuh dikala sakit sekaligus membahayakan jika tidak digunakan dengan tepat. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.

Tag : bahaya minum obat ciproflocasin dicampur kopi, ciprofloxacin manusia untuk ikan, ciprofloxacin untuk penyakit apa, efek cipro bagi rambut, https://www sehatcenter com/ciprofloxacin-obat-apa-berikut-ini-penjelasanya-menurut-ahli/, obat ciprofloxacinobat ciprofloxacin untuk penyakit apa, obat ciprofolaxin untuk ikan, siprofloksasin, 

Tags: , ,

Related to: Ciprofloxacin obat apa? Berikut ini Penjelasanya Menurut Ahli