Ciri Ciri Demam Berdarah pada Anak Anak dan Orang Dewasa

October 28, 2017

Ciri Ciri Demam Berdarah – Demam Berdarah atau (DB) hingga Demam Berdarah Dengue atau yang biasa di singkat dengan (DBD) merupakan salah satu dari beragam jenis penyakit yang dapat dialami oleh pasien anak – anak hingga ke orang dewasa. Penyakit ini pun dapat membuat penderitanya melemah hingga mengalami kematian.

Namun, ketika seseorang mengetahui Ciri Ciri Demam  Berdarah secara lanjut. Baik Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak atau Ciri Ciri Deman Berdarah Pada Orang Dewasa, maka akan memudahkan seseorang untuk memberikan pengobatan sejak dini.

Demam Berdarah atau DB dalam dunia medis di sebut dengan Demam Dengue dimana suatu penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue.

Virus Dengue sendiri, merupakan virus yang berada di dalam tubuh nyamuk Aedes Aegypti. Virus ini dapat menyebar melalui gigitan dan infeksi yang diperankan oleh nyamuk itu sendiri.

Demam Berdarah atau DB bukanlah penyakit yang dapat menular kepada orang lain seperti penyakit flu dan lain sebagainya karena penyebarannya melalui gigitan nyamuk tersebut.

Sedangkan Demam Berdarah Dengue adalah komplikasi penyakit dari Demam Berdarah (DB) itu sendiri karena penanganan yang kurang tepat dan cepat.

Demam Berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang mengjangkit area yang memiliki iklim tropis sampai dengan sub tropis.

Nyamuk Penyebab Demam berdarah

Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Hal tersebutlah yang menyebabkan Negara Indonesia menjadi salah satu lahan dimana penyakit Demam Dengue atau Demam Berdarah ini berkembang.

Seperti yang diketahui banyak kasus warga Negara Indonesia yang mederita penyakit ini, baik kasus yang masih dapat di sembuhkan, hingga kasus – kasus yang membuat penderitanya meninggal.

Beberapa penanganan dapat dilakukan oleh tim dokter kepada seorang pasien yang telah terkena virus Dengue ini. Salah satu dari beberapa penanganan tersebut adalah dengan mengontrol mengobservasi secara ketat kepada trombosit dalam tubuh.

Tujuannya adalah ketika trombosit yang ada dalam tubuh menjadi rendah, maka trombosit tersebut dapat di tranfusi kembali sehingga dapat kembali dengan normal. Penanganan yang tepat penyakit DB atau DBD akan dapat disembuhkan.

Namun untuk mendapatkan penanganan yang tepat, tentunya seseorang harus mengetahui ciri ciri utama dari penyakit ini.

Sehingga, jika suatu saat terinveksi oleh penyakit DB atau DBD ini, maka seseorang dapat segera mendapatkan pertolongan secara tepat.

Ciri Ciri Demam Berdarah secara umum adalah suhu tubuh penderita yang sangat tinggi lalu kemudian gejala peningkatan suhu tersebut akan disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang, serta nyeri dibagian belakang mata.

Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak

Ciri ciri demam berdarah

Ciri Ciri Demam Berdarah secara umum tersebut dapat menjadi referensi seseorang untuk segera memeriksakan kondisi tubuhnya ketika dirasa ciri ciri tersebut telah mengjangkiti. Namun, apakah ciri tersebut sama dengan apa yang akan terjadi pada seorang balita? Secara garis besar memang sama. Namun, ada beberapa hal yang membedakan ciri Demam Berdarah yang dialami oleh seorang anak atau balita.

Beberapa Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak atau balita di antaranya adalah :

  • Seorang balita atau anak tiba tiba mengalami demam yang sangat tinggi, demam yang sangat tinggi tersebut bisa mencapi 105 derajat Fahrenheit atau 40 derajat Celcius.
  • Balita anak – anak akan mengalami rasa sakit di belakang mata, nyeri sendi, otot, begitu juga dengan nyeri pada tulang.
  • Demam tinggi dengan nyeri tersebut akan disertai sakit kepala yang begitu hebat.
  • Lalu ruam yang muncul di sebagian besar dari bagian bagian tubuh seorang balita.
  • Mimisan atau gusi berdarah juga akan terjadi sebagai ciri dari balita atau anak – anak yang terjangkit penyakit Demam Berdarah.
  • Kulit dari balita atau anak – anak penderita akan mudah mengalami memar.
  • Selanjutnya adalah segala gejala tersebut akan disertai dengan batuk pilek, tidak adanya nafsu makan, mual, munta dan juga rasa gatal pada bagian telapak kaki.

Ciri ciri yang terjadi pada anak – anak atau balita ini akan menjadi pedoman kepada para orang tua agar ketika anak atau balitanya terserang penyakit Demam Berdarah atau DB dapat segera disembuhkan dan tidak sampai parah seperti kasus kasus penyakit komplikasi dari Demam Berdarah yakni DBD (Dengue Hemorrhagic Fever).

Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Setelah diuraikan beberapa ciri dari penyakit Demam Berdarah yang terjadi secara umum ataupun ciri yang terjadi pada seorang balita. Maka sekarang saatnya menguraikan beberapa Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Orang Dewasa.

Berdasarkan diagnosa yang telah dilakukan oleh para ahlinya ada beberapa ciri penyakit Demam Berdarah yang akan dialami oleh orang dewasa yang telah terjangkit. Di antaranya adalah :

  • Jika seorang balita mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius, maka orang dewasa akan mengalami demam tinggi hingga 41 derajat celcius.
  • Gejala demam ini nantinya akan di sertai dengan sakit kepala dan juga pusing.
  • Selain itu nyeri pada sendi otot dan juga tulang seperti balita atau anak – anak juga akan dialami oleh orang orang dewasa.
  • Mengalami rasa sakit pada bagian belakang mata.
  • Munculnya bercak – bercak merah pada kulit orang dewasa.
  • Munculnya tanda pendarahan.
  • Dan yang terakhir adalah mengalami penurunan pada produksi sel darah putih.

Dari beberapa ciri yang akan dialami oleh pasien yang terjangkit penyakit Demam Berdarah tersebut baik pasien balita ataupun pasien dewasa, akan ada tiga tahapan atau fase yang nantinya akan dilalui oleh setiap pasien tersebut. Tiga fase tersebut adalah :

  1. Fase Demam, masukknya virus dengue melalui infeksi gigitan nyamuk tersebut akan membuat suhu tubuh meningkat sehingga penderitanya akan mengalami demam yang sangat tinggi. Peningkatan demam ini akan ada beberapa tahap dari awal kemunculannya. Yakni setelah tiga atau empat hari dari demam pertama yang diderita oleh pasien, maka demam tersebut akan menunjuk ke angka paling tinggi.
  2. Fase Kritis, kebocoran plasma yang terjadi secara spontan pada bagian rongga pleura atau rongga perut. Pasien yang mengalami hal ini akan menunjukkan beberapa tanda diantaranya adalah intravaskuler, syok lalu pendarahan berat. Dalam fase ini, maka seorang pasien harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  3. Fase ketiga adalah fase penyembuhan, dimana akan ditunjukkan dengan kembalinya nafsu makan bagi para penderita, stabilnya tanda tanda vital seperti denyut nadi dan lain sebagainya, lalu kadar dari hematokrit akan kembali seperti sedia kala, meningkatnya jumlah urin dan juga pemulihan ruam ruam yang disebabkan oleh virus dengue tersebut.

Dengan beberapa uraian Ciri Ciri Demam Berdarah di atas, maka seorang pasien akan dapat segera dilarikan ke rumah sakit jika, gejala atau tanda tanda tersebut terjadi secara berkala dan terus menerus.

Penanganan yang dilakukan secara cepat dan tepat dapat memberikan kesembuhan bagi seorang penderita penyakit Demam Berdarah.

Dengan penanganan secara cepat dan tepat juga akan menyelamatkan pasien dari terjangkitnya komplikasi Demam Berdarah yang biasa disebut dalam istilah medis yakni DBD atau (Dengue Hemorrhagic Fever).

 

Tag : gejala dbd pada orang dewasa, tanda tanda db, deman berdarh pada anak bayi, ciriciri d, ciri demam berdarah pada anak, ciri ciridb, ciri ciri trombosit turun pada anak, ciri ciri gejala demam berdarah, ciri ciri demam berdarah untuk orang dewasa, ciri ciri demam berdarah pada anak, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Ciri Ciri Demam Berdarah pada Anak Anak dan Orang Dewasa