Ciri Ciri Madu Asli Tanpa Campuran Berikut Dengan Caranya

August 24, 2017

Madu salah satu cairan manis yang banyak digemari orang. Banyaknya manfaat madu berfugsi untuk pelengkap makanan, minuman, kecantikan maupun untuk pengobatan. Hal tsb hanya bisa didapatkan secara maksimal apabila kita mengkonsumsi madu asli, bukan madu palsu seperti madu sintetis yang saat ini banyak dijual dipasaran.

Lalu bagaimana membedakan madu asli dengan madu sintetis? Berikut kami ulas ciri-ciri madu asli dan bagaimana cara membedakannya.

Menguji madu asli adalah bagian untuk mengetahui ciri-ciri madu asli. Dua hal ini akan selalu berjalan bersamaan dan tidak terpisahkan.

Berikut ciri ciri Madu Asli dan Bagaimana Cara Mengujinya

  1. Madu asli biasanya lengket

    ciri ciri madu asli

    Madu asli biasanya lengket

Madu asli biasanya lebih lengket daripada madu sintetis. Untuk membedakannya, Anda dapat menggunakan jari jemari tangan Anda untuk melakukan uji coba. Biasanya madu asli akan sangat kental seperti lem dan membutuhkan waktu yang lama untuk lepas dari tangan Anda. Sedangkan madu sintetis biasanya tidak kental dan lebih cair daripada madu asli.

  1. Madu asli biasanya tidak akan meresap di kertas

Untuk membedakan madu asli dengan madu sintetis menggunakan cara ini, dibutuhkan waktu dan kesabaran Anda selama melakukan uji coba. Ada atau tidakna kandungan air pada madu yang diuji coba menjadi indikator untuk membuktikan mana yang asli dan mana yang bukan.

Caranya sangat mudah. Tuangkan satu sendok teh madu asli dan satu sendok teh madu sintetis masing-masing  ke atas kertas yang berbeda. Hasilnya akan tampak kertas pada madu asli tidak akan meresap atau tembus di kertas. Sedangkan madu sintetis akan meresap menembus kertas

  1. Madu asli biasanya memiliki aroma yang kuat

Madu pasti berasa manis dan memiliki aroma yang khas, yakni nectar yang dikumpulkan oleh lebah madu. Madu yang berasal dari hutan dan peliharaan tentu memiliki aroma yang berdeba-beda meski memiliki rasa yang sama.

Madu asli rasanya tidak akan hilang walau dibuka dalam beberapa menit. Sedangkan madu sintetis yang sudah dicampur dengan gula  rasanya akan hilang setelah bercampur dengan udara dan hanya menyisakan rasa gula dan aroma tambahan.

  1. Madu asli yang diuji dengan korek api akan menyala lama

    ciri ciri madu asli

    Madu asli yang diuji dengan korek api akan menyala lama

Cara lain untuk menguji madu asli adalah dengan melihat kelembapan. Caranya adalah dengan mencelupkan  korek api yang sudah menyala ke dalam madu. Pada madu asli, korek api akan tenggelam dan apinya tampak seperti terhisap pelan kedalam madu kemudian mati. Sedangkan pada madu palsu,  korek api akan tenggelam cepat kemudian api akan segera padam tanpa terserap ke dalam madu.

  1. Madu asli biasanya akan didekati oleh semut.

Cara melakukan pengujian madu dengan cara ini sangat mudah. Letakkan madu ke dalam piring dan diamkan diatas lantai selama beberapa saat. Pada madu asli, semut tidak akan masuk ke bagian tengah  madu. Hal ini disebabkan madu asli mengandung enzim murni dengan aroma kuat yang tidak disenangi oleh semut.

Pada madu sintetis, semut akan masuk ke dalam madu dan kemudian mati. Hal ini terjadi karena madu mengandung pemanis dan racun yang terbentuk dari campuran madu dan gula.

  1. Madu asli jika diberi pasir biasanya akan menggumpal

Cara mengetahuinya adalah dengan memberikan pasir pada madu asli dan madu sintetis. Pada madu asli, biasanya pasir akan menggumpal atau tidak berserakan. Sedangkan pada madu sintetis, pasir akan berserakan.

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran seperti yang sudah dipaparkan diatas adalah madu yang memiliki aroma khas, lebih lengket/pekat, dan tidak memiliki kandungan air. Ujilah terlebih dahulu madu yang hendak Anda beli dengan cara diatas dan jadilah konsumen yang pintar. Karena dengan menggunakan padu yang asli, banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Tag : ciri ciri madu asli tanpa campuran, ciri ciri madu murni, cara menghilangkan noda madu pada kertas, ciri madu asli tanpa campuran, ciri-ciri madu asli, ciri2 madu asli tanpa campuran, madu asli tanpa campuran apa pun, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Ciri Ciri Madu Asli Tanpa Campuran Berikut Dengan Caranya