Ciri Demam Berdarah Yang Sudah Parah, Berikut Ulasanya

October 25, 2017

Seseorang yang telah terjangkit sebuah penyakit akan dapat diobati sejak dini dengan pengetahuan mengenai ciri ciri dari penyakit tersebut. Pengetahuan mengenai ciri ataupun gejala ini dapat digunakan untuk memberikan pengobatan yang tepat kepada seorang yang sedang terjangkit oleh penyakit.

Seperti dalam contoh, salah satu kasus penyakit terbanyak yang dialami warga Negara Indonesia adalah Demam Berdarah Dengue atau komplikasi dari penyakit Demam Berdarah. Ada beberapa Ciri Demam Berdarah Yang Sudah Parah kondisinya ini yang perlu diketahui.

Komplikasi dari penyakit Demam Berdarah atau biasa disingkat dengan DB ini pada dasarnya juga dikarenakan virus Dengue yang dibawa dan disalurkan melalui nyamuk Aedes Aegypti.

nyamuk Aedes Aegypti

nyamuk Aedes Aegypti

Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk yang populasinya banyak di temui di daerah yang memiliki iklim tropis hingga sub tropis. Inveksi yang dibawa oleh nyamuk ini akan dapat sembuh dengan sendirinya bila sesegera mungkin mendapatkan pertolongan beserta perawatan.

Dan jika tidak sesegera mungkin diketahui, maka penyakit ini akan menjadi komplikasi serius yang dalam istilah kedokteran disebut dengan Dengue Hemorrhagic Fever (DBD).

Beberapa Ciri Demam Berdarah Yang Sudah Parah

  • Panas yang dirasakan oleh tubuh akan mengalami penurunan.
  • Meskipun panas tubuh mengalami penurunan, tapi hal tersebut disertai dengan adanya kerusakan pada pembuluh darah beserta kelenjar getah bening.
  • Lalu pasien akan mengalami muntah muntah yang disertai dengan darah yang keluar.
  • Gusi beserta hidung akan mengeluarkan darah.
  • Napas yang terengah engah.
  • Terakhir adalah pembekakan pada organ hati dan pembengkakan ini akan membuat nyeri pada sekitar perut pasien.

Penyembuhan dan Penanganan Demam Berdarah yang sudah Parah

Komplikasi yang terjadi akibat terlambatnya penanganan pada penyakit Demam Berdarah ini dapat menjadi sebuah masalah yang sangat serius.

Meski diketahui bahwa komplikasi ini hanya terjadi pada beberapa kasus saja. Dengue Hemorrhagic fever atau DBD dan Dengue Shock Syndrome yang terjadi pada seseorang jika tidak ditangani secara cepat dan tepat akan menyebabkan seorang pasien mengalami pendarahan hebat hingga menyebabkan kematian.

Demam Berdarah

Kedua komplikasi yang telah disebutkan tersebut merupakan komplikasi yang sangat berbahaya. Dan biasanya akan beresiko sangat tinggi kepada pasien atau orang orang yang sistem kekebalan tubuhnya tidak mampu memberikan perlawanan kepada infeksi virus Dengue yang sedang di deritanya.

Selain itu, komplikasi ini juga dapat terjadi kepada seorang pasien yang pada sebelumnya pernah mengalami Demam Dengue atau Demam Berdarah dan pasien tersebut mengalaminya kembali.

Penanganan yang sangat tepat untuk pasien yang telah mengalami Ciri Demam Berdarah Yang Sudah Parah tersebut adalah dengan sesegera mungkin membawanya ke rumah sakit terdekat yang berada di sekitar.

Dengan membawa seorang pasien DBD ke rumah sakit atau dokter terdekat maka sang pasien akan bisa segera mendapatkan perawatan dengan pemeriksaan fisik beserta pemeriksaan penunjang lainnya. Seperti kemungkinan untuk di warat inap. Penyakit Demam Berdarah atau Demam Dengue dapat dicegah sebelum menuju pada kondisi kronis atau disebut dengan DBD (Demam Berdarah Dengue).

Maka daripada itu, pengetahuan mengenai ciri ciri penyakit ini sangatlah diperlukan untuk bisa memberikan perawatan atau penanganan sejak dini.

Selain itu, dengan latar belakang Indonesia yang berada di kondisi iklim tropis maka pencegahan akan hadirnya nyamuk yang membawa virus Dengue ini juga sangat diperlukan. Salah satunya adalah dengan pembersihan saluran air serta pemberian bubuk abate untuk membunuh jentik Aedes Aegypti.

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Ciri Demam Berdarah Yang Sudah Parah, Berikut Ulasanya