Efek Negatif dan Manfaat Mengkonsumsi Daun Katuk

June 11, 2017

Efek Negatif Daun Katuk – Berbagai manfaat dari daun katuk sudah kita ketahui, salah satunya yakni daun katuk merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pelancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Daun katuk mengandung hampir 7 % protein dan 19 % serat.

Daun katuk kaya akan vitamin K, B, C dan beta karoten. Daun katuk juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium.

Warna daunnya yang hijau gelap itu pun dikarenakan daun katuk mempunyai kadar klorofil yang tinggi. Wow banyak sekali ya kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh daun katuk.

Nah, biasanya, para ibu memanfaatkan daun katuk dengan diolah menjadi sayur ataupun jus. Lebih lanjut lagi nih kita intip manfaat dari daun katuk.

Beberapa Manfaat dari daun katuk:

Efek Negatif Daun Katuk

Daun Kantuk

  • Daun katuk dipercaya dapat melancarkan ASI
  • Daun katuk dapat mencegah osteoporosis
  • Daun katuk mengandung efedrin bagi penderita influenza
  • Daun katuk kaya akan senyawa yang mampu membantu meningkatkan serta membangkitkan vitalitas pria dan wanita.
  • Daun katuk merupakan sumber vitamin A yang berguna untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan menjaga kesehatan kulit.
  • Daun katuk berperan sebagai senyawa utama tubuh untuk pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengangkut elektron,pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Dan juga untuk meningkatkan fungsi otak supaya dapat bekerja dengan maksimal.
  • Daun katuk kaya akan klorofil yang dapat membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa metabotisme, mengatasi kuman atau bakteri, serta virus yang berada didalam tubuh.
  • Daun katuk dapat digunakan sebagai pelangsing tubuh.
  • Daun katuk dapat menanggulangi anemia karena dengan kandungan zat besi yang dimiliknya. Setiap 100 gam daun katuk mengandung sekitar 2,7 mg zat besi.
  • Daun katuk mencegah dan memperbaiki ganguan reproduksi pada pria dan wanita.
  • Daun katuk menghambat penyakit jantung serta ganguan pada pembuluh darah.

Itualh manfaat-manfaat dari daun katuk, selain manfaatnya yang sudah dikenal luas sebagai tumbuhan yang berkhasiat ternyata mempunyai efek samping daun katuk jika tidak hati-hati dalam mengkonsumsinya.

Efek Negatif Daun Katuk

Efek Negatif Daun Katuk

Bahaya daun katuk dengan mengkonsumsi sebanyak 150 gram mentah selama 2 minggu sampai 7 bulan, dapat mengakibatkan efek samping seperti sulit tidur dan sesak nafas yang mengganggu Anda.

Hal semacam ini pernah terjadi di Negara Taiwan dimana saat 44 orang mengkonsumsi jus daun katuk mentah selama 7 bulan.

Namun setelah pemakaian dihentikan selama 40-44 hari gejala tersebut berangsur-angsur menghilang. Bahkan pada level pengkonsumsian selama 22 bulan diketahui dapat menyebabkan gejala bronchitis.

Menurut penelitian pada tahun 1995, masyarakat di negara Amerika mengkonsumsi daun katuk goreng dan salad daun katuk sebagai obat antiobesitas.

Setelah dilakukan penelitian pada 115 kasus bronchitis, diketahui bahwa pasien yang rata-rata berumur 22-66 tahun sebelumnya banyak mengkonsumsi daun katuk, waduh gawat juga ya.  Selain itu, kasus kelainan paru-paru juga terjadi pada pasien-pasien tersebut.

(Baca Juga : Kehebatan Manfaat Daun Jarak Untuk Kebutuhan Manusia )

Pengobatan yang dilakukan hampir tidak memberikan hasil yang terlalu significant sampai pada akhirnya setelah 2 tahun berikutnya terdapat 6 pasien yang dinyatakan meninggal dunia.

Protozoa yang terdapat pada daun katuk disinyalir menjadi penyebabnya utama pasien meninggal dunia pasien. Untu itu perlu menjadi catatan bagi Anda yang ingin menghindari efek negatif pemakaian daun katuk hindari penggunaan yang terlalu banyak dan disarankan untuk selalu rebus daun katuk sebelum dikonsumsi. Proses perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan sifat racun yang terdapat dalam daun katuk.

Tetap hati-hati dan waspada mengkonsumsi daun katuk ya, jangan sampai kita terkena resiko yang menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Tag : efek samping daun katuk, bahaya daun katuk, efek samping daun katu, bahaya daun katu di goreng untuk ibu hamil, bahaya daun katuk untuk ibu hamil, obat tradisional pilek batuk buat balita, daun katub, daun katuk, daun katuk dan jeruk lemon, daun katuk di larang di makan oleh penderita asam urat, 

Tags: ,

Related to: Efek Negatif dan Manfaat Mengkonsumsi Daun Katuk