Efek Samping Vaksin Flu Kepada Tubuh Manusia yang Wajib Diketahui

17 January 2018 13:10
January 17, 2018

Efek samping vaksin flu memang sangat banyak setelah tubuh manusia disuntik dengan vaksin tersebut tetapi meskipun memiliki efek samping ternyata hanya memiliki efek samping sementara saja. Selain itu vaksin flu memiliki banyak manfaatnya juga bagi tubuh manusia agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terjangkit penyakit penyakit flu berbahaya seperti penyakit influenza yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia terbukti dengan banyaknya korban jiwa pada kasus kasus pasien yang mengidap penyakit influenza tersebut oleh karena itu maka manusia harus menghindari penyakit berbahaya ini sebab akan menghasilkan dampak negatif bagi tubuh seperti kematian.

Penyakit influenza adalah salah satu penyakit yang tergolong dalam penyakit paling berbahaya di seluruh dunia maka dari itu diperlukan adanya vaksin flu untuk mencegah serta mengobati berbagai penyakit flu seperti penyakit influenza.

Penyakit influenza sering menyerang anak anak karena anak anak masih belum memiliki system kekebalan tubuh seperti pada kekebalan tubuh manusia dewasa selain itu penyakit ini juga menyerang orang dewasa berusia 65 tahun keatas.

Pemberian vaksin tidak dianjurkan bagi orang orang yang memiliki riwayat penyakit alergi sebab akan menimbulkan efek samping vaksin flu yang sangat hebat serta vaksin ini juga tidak boleh diberikan pada orang yang memiliki alergi telur ayam dan alergi terhadap suntikan.

Vaksin flu ini dibuat sepanjang tahun karena penyakit flu dapat berubah ubah setiap tahunnya untuk itulah perlu membuat vaksin baru sesuai dengan kebutuhan penyakit flu yang datang setiap tahun untuk itulah wajib bagi setiap manusia untuk suntik vaksin flu sejak berusia 6 bulan karena vaksin ini dapat mencegah terserang penyakit flu seperti virus influenza H1N1, virus influenza H3N2, dan virus influenza B.

Beberapa Efek Samping Vaksin Flu

vaksin flu

Setelah penyuntikan vaksin flu ini biasanya terjadi efek sampng sementara yang berupa gejala gejala ringan sampai gejala berat tergantung jenis vaksin yang di suntikan. Berikut adalah beberapa efek samping vaksin flu :

  1. Sakit pada bagian yang disuntik

Salah satu efek samping vaksin flu adalah rasa sakit pada bagian yang disuntik seperti merasa nyeri, kemerahan, rasa hangat, dan sedikit pembengkakan pada bagian tersebut. Rasa nyeri pada bagian yang disuntik adalah efek samping paling umum pada saat setelah di suntik vaksin flu serta efek samping ini dapat berlangsung selama dua hari.

  1. Rasa sakit dan nyeri

Sering kali setelah di suntik dengan vaksin flu terjadi efek samping terasa nyeri pada otot otot di seluruh tubuh sama seperti nyeri pada bagian yang bekas disuntik serta dapat berlangsung selama 2 hari. Cara mengatasi efek samping vaksin flu ini dapat dengan memberikan obat anti nyeri sehingga dapat membantu meredakan rasa sakit pada tubuh.

  1. Mengalami sakit kepala

Efek samping vaksin flu selanjutnya adalah terjadinya sakit kepala lebih parahnya lagi dapat terjadi pingsan pada pasien setelah di suntik vaksin flu karena hal ini adalah salah satu efek samping dari dua vaksin yakni vaksin suntik flu dan semprot hidung.

Efek samping sakit kepala tergolong efek samping ringan yang tidak akan bertahan lebih dari dua hari dan setelah dua hari maka pasien akan kembali sehat seperti semula maka dari itu lah jangan takut jika ada kegiatan vaksinasi bagi masyarakat karena kebanyakan masyarakat takut disuntik karena memberikan banyak efek samping.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Efek Samping Vaksin Flu Kepada Tubuh Manusia yang Wajib Diketahui