Efek Samping Varikokel Pada Pria

September 11, 2017

Efek samping varikokel sendiri memang tergolong ringan dibandingkan dengan pengobatan yang lainnya jika lewat dokter. Varikokel sendiri merupakan kondisi dimana pembuluh vena yang ada di buah zakar terjadi pembengkakan. Tentu bukan hanya pembengkakan saja yang menjadi masalah, dalam jangka yang panjang akan menjadi penyakit yang serius. Varikokel sendiri ketika terbentuk pada buah zakar tidak akan merasa sakit, bentuknya lebih mirip penyakit varises pada kaki namun ini terjadi pada buah zakar.

Beberapa kondisi varikokel ini bisa dilihat kasat mata berupa benjolan pada samping buah zakar terutama pada bagian skrotum. Jika dibiarkan akan sangat mengganggu terutama jika letaknya di buah zakar. Biasanya tindakan yang dilakukan untuk dapat menyembuhkan penyakit ini dengan jalan operasi.

Memang hanya operasi saja yang bisa menyembuhkannya karena jika menggunakan libat tidak akan efektif. Ketika dioperasi akan dibuka dan memungkinkan bagian paha bawah atau bagian perut bawah juga akan disayat. Beberapa pasien yang pernah menjalani operasi tersebut mengatakan bahwa varikokel dapat terjadi lagi walau sudah dilakukan tindakan operasi.

Apakah masturbasi dapat menyebabkan varikokel?

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik yang terjadi di daerah kantung buah zakar atau skrotum. Penyebab terjadinya pelebaran pembuluh darah ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi para ahli medis menduga bahwa terdapat masalah pada katup pada pembuluh balik sehingga darah dapat  terbendung /  tertimbun di pembuluh balik (vena) sehingga menyebabkan timbulnya varikokel. Bermasturbasi bukanlah faktor risiko terjadinya varikokel.

Varikokel kerap kali tidak bergejala dan dapat memberikan gejala berupa terabanya benda seperti cacing di kantung buah zakar. Jika Anda mendapati gejala seperti pembengkakan, nyeri atau teraba massa di area skrotum, periksakanlah ke Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan USG sampai biopsi (pemeriksaan sampel jaringan) untuk menunjang diagnosis.

Efek Samping Varikokel yang Perlu Anda Tahu

efek samping Varikokel

Rasa Mual

Kebanyakan operasi memang membuat efek samping seperti mual dan rasa ingin muntah. Hal ini sangat normal karena ketika dilakukan operasi maka bagian tubuh akan merasakan sesuatu yang mengganggu bahkan pasien pun akan disuruh untuk berpuasa dahulu. Selain itu rasa mual ini juga timbul karena obat yang diberikan oleh dokter selama operasi berlangsung. Jadi jangan heran jika Anda merasa mual dan ingin muntah setelah dilakukan operasi.

Rasa Nyeri

Efek samping selanjutnya adalah nyeri pada bagian yang sudah dioperasi. Bekas sayatan dan bius yang sudah habis tentunya tidak akan bertahan lama. Nantinya sedikit demi sedikit akan mengalami rasa nyeri yang hebat jika dalam keadaan puncaknya. Biasanya dokter atau perawat akan memberikan obat anti nyeri yang diminum be serta dengan obat lainnya.

Kemungkinan Timbulnya Varikokel Lagi

Dokter juga akan membahas ini dengan pasiennya jika ke depan penyakit varikokel ini bisa berpotensi datang lagi. Jadi memang bukan karena dampak bakteri atau virus melainkan pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Nantinya Anda perlu rutin menjalani pemeriksaan agar tidak ada indikasi lagi bahwa varikokel akan datang lagi.

Infeksi

Ketika dokter melakukan tindakan operasi tentu saja yang dilawan bukan hanya penyakit yang sedang ditangani namun juga dari bakteri dan kuman di sekitarnya. Apabila dalam tindakan tersebut tidak steril maka akan menyebabkan bagian yang disayat akan terkena infeksi.

Yang namanya kuman dan virus tentu akan masuk ke dalam tubuh manusia dengan berbagai cara salah satunya memanfaatkan celah hasil operasi tersebut. Namun Anda perlu tenang saja karena setiap dokter pasti sudah memiliki caranya tersendiri dengan menambahkan obat antibiotik yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir serangan dari bakteri atau kuman tersebut.

Trauma

Kadang beberapa orang merasa sangat trauma setelah dioperasi. Memang untuk bius total yang membuat pasien menjadi tidak sadarkan diri tidak menjadi masalah, namun beberapa orang dilakukan pembiusan lokal yang hanya pada bagian tertentu saja.

Hal ini tentu akan membuat rasa trauma sendiri terhadap operasi. Demikian beberapa informasi yang bisa didapatkan dari efek samping varikokel. Anda bisa menjalani pembedahan operasi tersebut agar penyakit varikokel tidak ada dalam tubuh Anda. Jika sudah melakukan operasi disarankan untuk sering berkonsultasi dan pengecekan agar terhindar dari masalah yang sama.

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Efek Samping Varikokel Pada Pria