Fakta Menarik Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung ?

December 18, 2015

Fakta Menarik Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung ? – Hampir semua orang pernah mengalami masalah kesehatan gigi dan gusi, entah itu anak-anak ataupun orang dewasa.

Namun hampir kebanyakan orang cenderung meremehkan penyakit tersebut. Padahal penyakit gigi dan gusi bisa menyebabkan penyakit yang lainnya, seperti halnya penyakit jantung.

Gigi dan Jantung

Gigi dan Jantung

Hal ini disebabkan karena penyakit gusi pada umumnya dipicu oleh adanya kuman, bakteri, dan juga sitokin atau produk kuman yang terdistribusi dari lesi kronik yang terdapat pada bagian gusi kedalam aliran darah.

Sehingga hal tersebut bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler.Selain itu, sitokin juga bisa menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga akan berpengaruh pada organ jantung.

            Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, bakteri yang menjadi penyebab sakit gusi hampir mirip dengan bakteri penyebab sakit jantung. ( Baca Juga : Mitos dan Fakta sebenarnya tentang gigi berlubang )

Dalam penelitian tersebut, para peneliti juga melakukan uji coba dengan memasukkan bakteri mulut kedalam pembuluh darah tikus dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan resiko terjadinya asterosklerosis.

Asterosklerosis sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya timbunan lemak pada daerah dinding arteri. Sehingga hal tersebut bisa mengganggu aliran darah menuju ke otot jantung serta organ tubuh yang lainnya sehinga dapat memicu penyakit jantung.

            Menurut penelitian tersebut, terdapat 4 jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit gusi. Bakteri tersebut diantaranya adalah Fusobacterium nucleatum, Porphyromonas gingivalis, Treponema denticola, dan Tannerella forsythia.

Setelah bakteri pada pembuluh darah terdeteksi, tingkat inflamasi dan kolesterol dalam darah juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut erat kaitannya dengan penyakit jantung dan juga stroke. (Baca Juga : 3 Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner)

            Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa penyakit gusi, penyakit jaringan pendukung gusi, gigi berlubang dan akar gigi rusak serta belum dicabut bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Oleh sebab itu membersihkan karang gigi dengan rutin adalah hal yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anda.

(Baca Juga : 8 obat sakit gigi berlubang yang ampuh pada pertolongan pertama)

Selain itu, jika anda mengalami gigi berlubang dan sisa akar gigi lebih baik segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat guna mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

            Mengingat bahayanya penyakit gigi dan gusi, penting bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi, gusi, dan juga mulut agar tetap sehat dan bersih.

Usahakan untuk selalu rutin menyikat gigi dua kali sehari pada waktu pagi dan malam hari atau lebih tepatnya sebelum sarapan dan juga sebelum tidur malam.

Sikatlah gigi dengan benar agar gigi anda bisa bersih optimal. Selain itu, gunakanlah sikat gigi yang masih dalam keadaan baik. Karena sikat gigi yang sudah rusak biasanya akan mengandung banyak kuman sehingga justru akan membahayakan kesehatan gigi anda.

Sikatlah gigi anda secara lembut, karena menyikat gigi secara keras bisa melukai gusi anda. Anda juga harus memeriksakan kesehatan gigi dan gusi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali guna memastikan kesehatan gigi dan gusi anda.

Demikianlah artikel tentang pengaruh kesehatan gigi dan gusi pada jantung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

(Baca Juga : Manfaat Daun Jarak Untuk Sakit gigi)

Selalu jaga kesehatan tubuh anda, karena kesehatan adalah anugrah paling mahal yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Mulai biasakan pola hidup sehat sedini mungkin dengan cara rajin berolahraga dan mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi.

Tubuh yang sehat akan memudahkan anda untuk melakukan segala aktivitas harian. Oleh sebab itu jagalah selalu kesehatan, karena menurut pepatah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Tag : penyebasakitgusi, sakit gigi dan jantung, mitos atau fakta gusi sakit imbas jantung tdk sehat, kolesterol:tinggi dan:gusi:, gusi mencegah serangan jantung, gigi rusak penyebab jantung koroner, fakta sakit gigi dan organ tubuh lainya, fakta ciri gigi tak sehat, fakta akibat sakit gusi, ciri penyakit jantung karena gigi berlubang, 

Artikel Terkait:

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Fakta Menarik Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung ?