Fase Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

November 1, 2017

Fase Demam Berdarah – Penyakit demam berdarah memang tidak hanya dialami oleh anak anak ataupun juga balita. Orang dewasa pun dapat menderita penyakit ini, baik Demam Berdarah yang masih dapat disembuhkan hingga Demam Berdarah yang kondisinya sudah sangat parah dan butuh penanganan yang lebih lanjut. Beberapa Fase Demam Berdarah Pada Orang Dewasa menjadi salah satu tolak ukur pengobatan atau penangaan apa yang tepat untuk digunakan.

Penyakit Demam Berdarah sendiri dalam sisi medis sebenarnya disebut dengan Demam Dengue. Penyebutan ini berdasarkan virus Dengue yang menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit Demam Berdarah ini.

nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti

Virus Dengue merupakan sebuah virus yang berada di dalam tubuh nyamuk, nyamuk yang menjadi tempat berkembangnya virus ini dinamakan nyamuk Aedes Aegypti. Melalui gigitan yang dilakukan oleh nyamuk ini, akhirnya seseorang dapat terjangkit penyakit Demam Berdarah ini.

Indonesia yang memiliki iklim tropis menjadi lokasi strategis bagis tumbuh berkembangnya populasi dari nyamuk Aedes Aegypti itu sendiri. Beberapa ciri dapat ditemukan ketika seseorang telah terjangkit penyakit Demam Berdarah ini. Salah satunya adalah meningkatnya suhu tubuh sampai dengan penurunan intensitas sel darah putih pada orang orang dewasa yang menderita penyakit ini.

Beberapa Fase Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Demam Berdarah

Dalam proses yang terjadi pada penyakit ini di dalam tubuh penderitanya, ada tiga Fase Demam Berdarah Pada Orang Dewasa yang akan dilewatinya. Tiga fase tersebut diantaranya adalah :

  1. Fase demam yang merupakan fase pertama bagi seorang penderita Demam Berdarah. Pada fase pertama inilah seorang penderita akan mengalami demam yang sangat tinggi, kenaikkan suhu tubuh yang di dasari oleh kehadiran dari virus Dengue yang masuk kedalam aliran darah seorang pasien. Biasanya, setelah tiga sampai dengan empat hari berjalan maka kenaikkan suhu tubuh ini akan mencapai puncaknya sehingga seorang tersebut akan mengalami demam yang sangat tinggi.
  2. Fase kedua ialah fase Kritis, dimana pada fase ini seseorang akan merasakan syok, inttravaskuler atau biasa disebut dengan pendarahan berat. Fase kritis ini disebabkan karena adanya kebocoran plasma yang secara mendadak. Kebocoran plasma tersebut terjadi pada rongg pleura atau perut.
  3. Lalu yang terakhir adalah Fase penyembuhan, dimana pada fase ini kebocoran plasma yang dialami oleh pasien akan berhenti. Beberapa hal dapat diketahui untuk seseorang yang telah memasuki fase ketiga ini. Salah satunya adalah kembalinya nafsu makan yang terjadi pada seorang pasien penderita Demam Berdarah.

Tanda Tanda Pasien Orang Dewasa Berada Pada Fase Kritis

Berdasarkan penelitian, demam yang sangat tinggi yang dialami oleh seorang dewasa penderita penyakit akan segera menurun dan menghilang dalam kurun waktu 24 jam. Demam yang menurun tersebut terjadi beriringan dengan rendahnya sel darah putih yang diproduksi oleh tubuh. Lalu adanya proses peningkatan salah satu jenis sel darah putih yang bertugas sebagai pembantu sistem daya tahan tubuh. Dan yang terakhir adalah peningkatan Limfosit Atipik.

Demam yang menghilang secara drastic dari yang dialami oleh pasien sebelumnya merupakan salah satu penanda seorang tersebut telah masuk ke dalam fase kritis. Lalu selanjutnya adalah penurunan dari trombosit di dalam tubuh manusia, dan masih banyak lagi. Beberapa hal ini dapat diketahui apabila pasien sesegera mungkin mendapatkan perawatan oleh dokter.

(Baca Juga : Pertolongan Pertama Gejala Demam Berdarah sehatcenter )

Dengan perawatan yang dilakukan oleh dokter tersebut, maka seorang  penderita Demam Berdarah dewasa dapat disembuhkan atau dapat dikembaalikan kepada fase penyembuhan kembali. Dengan demikian, begitu pentingnya mengetahui ciri maupun fase dari sebuah penyakit yang menyerang tubuh manusia. Pengetahuan tersebut dapat membantu seorang penderita DB atau DBD agar segera mendapatkan perawatan dan mendapatkan kesembuhan.

 

Tag : ciri ciri dbd pada orang dewasa, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Fase Demam Berdarah Pada Orang Dewasa