Fungsi Gendang Telinga dan Penyakit yang Menyerangnya

September 20, 2017

Seperti yang kita tahu bahwa fungsi gendang telinga adalah sebagai alat pendengar. Tentunya termasuk salah satu organ yang paling penting untuk manusia. Gendang telinga itu sendiri memiliki bentuk seperti selaput tipis sebagai dinding pemisah antara bagian dalam dengan bagian luar.

Jika terjadi masalah pada gendang telinga Anda tentu akan sangat bermasalah juga dalam mendengarkan suara. Biasanya gendang telinga memiliki masalah karena adanya robekan kecil maupun besar.

Semakin besar robekan atau goresannya akan membuat Anda terkena resiko tuli atau hilang pendengaran. Di bawah ini ada beberapa informasi tentang fungsi utama dari gendang dan apa saja bahaya yang mengancamnya.

Fungsi Gendang Telinga yang Paling Utama

fungsi gendang telinga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gendang telinga berperan sebagai indera pendengaran manusia. Hal ini sangat penting sekali karena dalam kehidupan manusia ada banyak sekali suara yang dihasilkan, tentu hidup tanpa suara akan terasa hampa sekali.

Fungsi lain pada gendang telinga adalah sebagai refleks dan keseimbangan tubuh. Masih ada sangkut pautnya sebagai indera pendengaran karena ketika Anda mendengar bunyi tertentu akan membuat refleks yang berbeda juga. Jika Anda mengamati bagian gendang telinga pada tubuh manusia akan terdapat rumah siput yang berfungsi sebagai keseimbangan pada tubuh. Maka dari itu jangan pernah meremehkan fungsi utama dari gendang ini.

Masalah Pada Gendang

Sebetulnya ada banyak sekali faktor gendang telinga ini bisa rusak tanpa disengaja, salah satunya adalah infeksi dari bakteri. Ketika dinding telinga terluka kemudian terjadi infeksi dan pengeluaran darah terus menerus akan membuat telinga menjadi penuh dengan kotoran, kotoran ini jika sudah mengendap akan mendorong gendang telinga sehingga menjadi berlubang.

Memang berbahaya sekali karena bisa mengancam aset pendengaran Anda. Selain itu masalah sepele lain yang mungkin bisa terjadi adalah ketika membersihkan telinga dengan benda asing seperti ranting kecil, rumput, atau menggunakan benda tajam. Benda tersebut bisa berpotensi melukai gendang dan membuatnya tidak bisa berfungsi lagi. Memang hal ini sangat sayang sekali bila sampai terjadi.

Masalah Gendang Telinga

Untuk itu selalu gunakan bahan pembersih telinga yang direkomendasikan agar tidak menjadi masalah yang serupa.Beberapa kasus mengatakan bahwa ada anak kecil dengan hobi memasukan benda kecil yang tajam ke dalam telinganya sendiri.

Kadang anak kecil menirukan gaya orang tua ketika membersihkan telinganya, saat itu benda tajam masuk ke dalam telinga dan tidak sengaja terkena gendang telinganya. Dibutuhkan penanganan medis untuk menyembuhkannya namun untuk pendengarannya tidak akan kembali pada keadaan normalnya.

Penanganan Masalah Gendang Telinga

Untuk penangannya sendiri kebanyakan melalui jalan operasi atau medis karena tidak lagi bisa diselesaikan dengan obat-obatan saja. Beberapa kasus lain yang terjadi karena masuknya serangga ke dalam telinga sehingga membuat gendang menjadi rusak.

Jika nantinya sudah rusak bisa dibantu dengan menggunakan alat bantu pendengaran yang memiliki harga yang mahal juga. itulah sebabnya Anda perlu menjaga anak Anda dan gendang telinga dengan cara yang benar. Tidak lagi menggunakan bahan yang asing apalagi yang memiliki bentuk tajam.

Jika memang diperlukan penanganan medis bisa langsung datang ke dokter untuk mendapatkan penaganan yang layak.Itulah beberapa ulasan tentang fungsi gendang telinga dan berbagai masalah yang bisa mengancamn ya. Selalu waspada pada tingkah laku anak karena kelengahan sedikit saja bisa merubah masa depannya.

Hindari penggunaan terapi yang bisa berpotensi merusak gendang atau pemakaian alat yang tidak disarankan tersebut. Semoga bermanfaat!

Tag : masalah pada rumah siput dan penanganannya, 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Fungsi Gendang Telinga dan Penyakit yang Menyerangnya