Fungsi Paracetamol Dan Dampak Overdosisnya

May 17, 2017

Fungsi Paracetamol bagi tubuh sangat beragam. Paracetamol merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati sakit kepala dan juga rasa nyeri.

Istilah Paracetamol sendiri berasal dari bahan kimia yang membentuknya antara lain paracetamol, amino dan fenol sehingga sering disebut dengan sebutan paracetamol. Dalam artikel ini, kita akan membahas fungsi Paracetamol bagi tubuh juga efek sampingnya.

Lima Fungsi Paracetamol

fungsi paracetamol

Obat paracetamol

Fungsi paracetamol ada 5. Apa saja? Mari simak ulasannya dibawah ini.

  • Sebagai obat penurun demam

Fungsi paracetamol bagi tubuh antara lain sebagai salah satu bahan kimia yang dicampur pada obat yang memiliki kemampuan untuk menurunkan panas dan juga demam. Hal ini sangat penting dikarenakan paracetamol dapat membantu menormalkan suhu tubuh siapa saja yang mengalami gejala demam.

  • Dapat meredakan nyeri otot dan bagian tubuh lainnya

Fungsi paracetamol juga dapat membantu meredakan nyeri otot dan nyeri pada bagian tubuh lainnya. Hal ini  dikarenakan paracetamol memiliki kandungan yang baik untuk menekan dan juga menahan rasa nyeri dan rasa sakit pada tubuh.

  • Untuk meredakan gejala sakit kepala

Anda merasakan pusing dan juga sakit kepala? Jika iya, pusing dan juga sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit ringan, namun memiliki dampak yang sangat besar. Rasa pusing dan juga sakit kepala bisa saja merupakan salah satu indikator bahwa anda memiliki gangguan kesehatan lainnya yang belum terdeteksi.

  • Untuk meredakan penyakit migrain

Sama seperti sakit kepala dan  pusing, anda dapat meredakan gejala migrain atau sakit kepala sebelah dengan cara menggunakan obat-obatan yang mempunyai kandungan Paracetamol. Biasanya migrane dapat terjadi pada kondisi tertentu saja. Akan tetapi tetap dapat diredakan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang mempunyai kandungan paracetamol.

  • Dapat meredakan pegal – pegal pada tubuh

Kandungan paracetamol ternyata dapat membantu mengurangi pegal-pegal yang dirasakan pada bagian  tubuh anda. Namun demikian, ini hanyalah efek tambahan. Apabila anda merasakan pegal-pegal, jangan langsung minum obat yang mengandung paracetamol. Lebih baik istirahatkan dahulu tubuh Anda.

Seputar Parasetamol

Parasetamol adalah jenis obat analgesik yang digolongkan sebagai obat bebas. Manfaat menggunakan Parasetamol adalah untuk meredakan rasa sakit dan demam.

Selain itu, Parasetamol aman digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Acetaminophen yang merupakan nama lain dari Parasetamol ternyata bisa berbentuk tablet, kapsul, obat larut, cairan yang diminum maupun supositoria.

Parasetamol adalah jenis obat yang umum dan bisa dibeli secara bebas di apotek. Obat ini dapat berbentuk tablet, kapsul, atau cairan.

Terdapat banyak merek obat-obatan Parasetamol. Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.

Harap berhati-hati bagi penderita gangguan ginjal, gangguan hati, dehidrasi, dan orang yang sering mengonsumsi minuman keras (alkohol). Untuk orang dewasa, jangan mengonsumsi lebih dari 4 gram per 24 jam. Untuk anak-anak, pastikan dosis diberikan sesuai dengan usia. Jika ragu, terjadi alergi atau over dosis, segera hubungi dokter.

Dampak Overdosis Paracetamol

Fungsi Paracetamol

Ilustrasi over dosis

Overdosis menggunakan paracetamol dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruk dari overdosis paracetamol? Overdosis Paracetamol dapat menyebabkan ruam pada kulit, pembengkakan, kesulitan dan juga sesak nafas, tekanan darah rendah, gangguan pada ginjal dan hati, serta menurunnya sel darah putih dan juga sel darah merah

Fungsi paracetamol sangatlah beragam. Gunakanlah obat ini dengan bijak. Apabila terjadi efek samping, segeralah menghubungi dokter dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tag : apakah paracetamol bisa meredahkan nyeri pegal badan, cara alami menghilangkan gatal gatal karena alergi berair dan bengkak, fungsi paracetamol, 

Tags: ,

Related to: Fungsi Paracetamol Dan Dampak Overdosisnya