Gejala Awal dan Penyebab Serta Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

June 27, 2017

Kaki gajah merupakan sebuah penyakit berbahaya yang dapat menular. Penyebab penyakit kaki gajah ini ditularkan melalui cacing filarial yang dibawa oleh berbagai jenis nyamuk. Umumnya, penyakit ini terdapat di daerah tropika yang ada diseluruh dunia. orang yang menderita penyakit gejala ini, akan mengalami pembengkakan dan pembesaran pada bagian tungkai kaki serta skrotum.

Awal Penyakit, Gejala Kaki Gajah

penyakit-kaki-gajah

Penyakit kaki gajah ini tergolong penyakit menular, sebab nyamuk yang telah menghisap dan menggigit orang yang darahnya mengandung mikrofilaria, menggigit lainnya. Gejala awal penyakit kaki gajah ini, biasanya dimulai dengan demam kurang lebih 3 hingga 5 hari. Jika digunakan untuk beristirahat, maka demam akan mereda, namun jika dipakai bekerja berat, demam pun akan muncul kembali.

Selain demam yang tiba-tiba, gejala tersebut juga bisa berupa pembengkakan pada daerah kaki serta tangan. Bahkan pada wanita, akan mendapati bagian payudara yang juga ikut membengkak. Ketika kelenjar getah bening memecah, maka nanah dan darah pun akan keluar.

Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Tungkai akan membesar yang diikuti oleh anggota badan lainnya. Beberapa bagian anggota badan tersebut diantaranya, lengan, bagian dada pada wanita, buah zakar terlihat kemerahan serta sedikit hangat.

Jika anda mendapati gejala seperti diatas, segeralah melakukan pemeriksaan screening dengan pengambilan darah pada bagian ujung jari. Cara penanganan yang lebih awal pada penderita kaki gajah ini bertujuan membasmi larva maupun parasit yang menjadi penyebab penyakit kaki gajah. Hal ini juga menjadi langkah terbaik agar penularan tidak terjadi pada orang lain.

Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Cara pencegahan penyakit kaki gajah ini bisa dilakukan dengan membiasakan hidup bersih. Salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindarkan gigitan dari nyamuk dengan menggunakan lotion maupun spray anti nyamuk.

Bersihkan sumber air yang menjadi perindukan nyamuk seperti penampungan bak mandi, ember cucian, kolam ikan dll. Usahakan tidak terdapat genangan air di sekitar rumah kita. Dan jangan lupa membersihkan semak yang seringkali digunakan sebagai tempat persembunyian nyamuk yang menjadi penyebab penyakit kaki gajah tersebut.

Tag : penyebab penyakit kaki gajah, penyakit kaki gajah, gejala kaki gajah, penyebab kaki gajah, gejala penyakit kaki gajah, kaki gajah, ciri ciri kaki gajah, ciri ciri penyakit kaki gajah, gejala awal kaki gajah, ciri penyakit kaki gajah, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Gejala Awal dan Penyebab Serta Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah