Gejala dan Ciri Ciri Sakit Tipes Pada Dewasa dan Anak

September 7, 2017

Ciri Ciri Sakit Tipes – Tipes adalah penyakit yang cukup berbahaya bagi manusia namun memiliki angka kematian yang lebih sedikit dibandingkan dengan penyakit serius lainnya. Tipes itu sendiri diakibatkan oleh bakteri salmonela thyphi yang menyerang bagian pencernaan dan aliran darah.

Bagi penderita tipes itu sendiri pasti sudah paham dengan penyakit yang dideritanya misalkan jika terjadi panas pada waktu sore dan dini hari sudah dipastikan jika penyakit tipesnya sedang kambuh.

Cara penangannya jika masih ringan bisa dengan rawat jalan menggunakan obat anti biotik khusus dari dokter atau klinik tetapi jika sudah terlalu serius harus menggunakan jalan medis yang tepat. Berikut ini ada beberapa ciri ciri yang bisa Anda ketahui dari penyakit tipes .

Ciri Ciri Sakit Tipes Pada Dewasa dan Anak

virus tipus

Virus Tipes

Ciri Dalam Minggu Pertama

Penyakit tipes pada kurun waktu ini masih ringan, hanya beberapa gejala kecil seperti demam, pusing, batuk ringan, sampai gejala kelelahan pada tubuh. Namun jika berlanjut 3 hari setelahnya akan terasa sangat menyakitkan. Panas yang timbul akan mencapai 40 derajat celsius ditambah rasa pusing yang tidak tertahankan. Dari sini tampak sesederhana itu namun pada penderitanya sangat merasa kesakitan, obat penurun panas ditambah obat biasa pun juga tidak akan mampu menyelesaikannya. Jika sudah begini memang harus segera diperiksakan ke medis.

Minggu Kedua

Pada tahap Minggu kedua jika tidak mendapatkan penanganan medis maka gejala lanjutannya adalah badan yang sangat lemah ditambah perut terasa sangat mual sekali. Gejala tersebut masih belum berhenti, masih ditambah dengan nafsu makan yang hilang. Dengan kondisi yang semakin parah tersebut ditambah tidak ada asupan nutrisi yang dapat masuk memang harus segera mendapatkan pertolongan lanjutan. Beberapa orang masih mengira bahwa gejala ini mirip dengan gejala ringan flu, maka dari itu banyak yang mengatasinya dengan obat demam dan obat flu saja.

(Baca Juga : Ciri Ciri Gejala Tipes yang Sering Dialami Pada Tubuh Anda )

Minggu Ketiga

Pada Minggu ini sudah semakin lebih parah, bakteri tipes sudah menyebar ke beberapa tempat vital yang ada dalam tubuh. Gejala lain yang muncul adalah kencangnya otot perut dan terjadi pembengkakan pada perut tersebut. Penderita akan susah untuk buang air besar juga karena memang sulitnya asupan masuk ke dalam tubuh. Biasanya juga penderita tidak akan bisa bangun dari ranjangnya, hanya bisa tiduran dengan kondisi demam yang tidak menentu.

Minggu Keempat

Sebaiknya segera membawa penderita untuk berobat karena dikhawatirkan pada tahap ini bakteri sudah menyebar ke berbagai organ vital yang ada di dalam tubuh seperti selaput otak dan pembuluh jantung. Jika dibiarkan terus menerus dalam keadaan sakit maka bisa dipastikan jika penderita akan kehilangan nyawanya.

Metabolisme tubuh akan semakin menurun ditambah daya tahan dan stamina yang hilang tentu akan membuat penyakit lain juga akan masuk ke dalam tubuh.

Beberapa tempat medis rumah sakit sekalipun juga tidak bisa menjamin keselamatan penderita karena sudah terlalu banyak bakteri yang menyebar ke dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi penting tentang ciri ciri sakit tipes pada dewasa dan anak. Sebaiknya jangan melarang seseorang untuk berobat jika sudah ada gejala tersebut karena nyawa bisa menjadi pertaruhannya.

Untuk menghindari penyakit tersebut memang disarankan untuk terus menjaga kesehatan dengan berolahraga yang cukup ditambah dengan makan makanan yang bergizi tinggi. Dengan begitu metabolisme dan pertahanan diri akan semakin baik juga.

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Gejala dan Ciri Ciri Sakit Tipes Pada Dewasa dan Anak