Gejala Demam Berdarah Pada Bayi Beserta Pengobatannya

October 28, 2017

Gejala Demam Berdarah Pada Bayi – Seorang bayi biasanya masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang masih sangat sedikit atau masih belum kuat. Beberapa penyakit pun biasanya dapat dialami oleh si bayi tersebut.

Termasuk diantaranya adalah Demam Berdarah yang menjadi salah satu penyakit yang tersebar di Negara Indonesia. Namun, ketika para orang tua mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Bayi, maka para orang tua dapat segera memberikan penanganan yang tepat agar bayi dapat disembuhkan.

Kasus dari penyakit demam berdarah sendiri sangat banyak sekali ditemukan di Negara Indonesia ini. Hal tersebut dikarenakan wilayah persebaran dari penyakit ini yang melingkupi seluruh wilayah yang beriklim tropis.

Virus Dengue yang menjadi penyebab utama dari penyakit ini dapat berkembang biak di dalam tubuh nyamuk yang memang banyak menghuni wilayah beriklim tropis. Nyamuk nyamuk tersebut biasa disebut dengan nama Aedes Aegypti.

Melalui gigitan dari nyamuk tersebut, maka seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya rentan atau kurang dapat dengan mudah terserang penyakit Demam Berdarah ini.

Salah satu diantaranya adalah para bayi yang memang sistem kekebalan tubuhnya masih sangat rentan untuk dapat diserang oleh penyakit.

Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Demam Berdarah pada bayi

Gejala Demam Berdarah Pada Bayi dapat diketahui oleh para orang tua agar memudahkan untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Beberapa gejala yang akan dialami seorang bayi yang menderita Deman Berdarah adalah :

  1. Seorang bayi akan mengalami peningkatan suhu tubuh hingga mencapi 40 derajat celcius.
  2. Bayi tersebut akan merakan sakit dibelakang mata, nyeri sendi, otot, begitu juga dengan nyeri pada tulang.
  3. Sakit kepala hebat beserta ruam pada bagian bagian tubuh juga akan didapati oleh si bayi yang menderita penyakit Demam Berdarah ini.
  4. Kulit mudah memar, pendarahan ringan pada gusi dan juga hidung atau biasa disebut dengan mimisan juga akan dialami oleh si bayi.
  5. Yang terakhir adalah gejala gejala tersebut akan disertai dengan adanya batuk pilek serta tidak adanya nafsu makan, mual, muntah dan tidak ketinggalan adalah gatal di sekitar telapak kaki.

Gejala gejala yang dapat dikatakan ringan ini akan terjadi kepada bayi yang pada dasarnya masih pertama kali menderita dan terinfeksi virus Dengue ini. Dan untuk bayi, anak ataupun orang dewasa yang sudah pernah mengalami penyakit ini sebelumnya. Maka ada kemungkinan gejala yang terjadi akan mengalami perubahan.

Pengobatan Demam Berdarah Pada Bayi

Demam Berdarah pada bayi

Setelah diketahui oleh orang tua beberapa gejala yang terjadi akibat Demam Berdarah yang diderita oleh para bayi tersebut maka tindakan paling tepat yang dapat dilakukan oleh para orang tua adalah dengan membawanya menuju ke dokter sesegera mungkin, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

(Baca Juga : Ciri Demam Berdarah Sudah Parah )

Hal ini dikarenakan sampai dengan sekarang masih belum ada obat yang secara khusus disediakan untuk penderita penyakit Demam Berdarah ini.

Jika seorang bayi masih berada pada tahap ringan dalam gejala penyakit Demam Berdarah ini. Maka salah satu langkah yang dapat dilakukan selain membawa ke dokter terdekat adalah dengan memberikan banyak cairan atau minum untuk bisa mencegah dehidrasi karena peningkatan suhu tubuh.

Selain itu dengan beristirahat juga dapat membantu penyembuhan penyakit Demam Berdarah yang terjadi pada seorang bayi.

Dari berbagai kasus yang telah terjadi, bahwa penyakit demam berdarah yang dialami oleh bayi ini akan sembuh dalam kurun waktu satu sampai dengan dua minggu.

Namun jika sang bayi mengalami reaksi atau kondisi yang lebih parah lagi dalam kurun waktu satu atau dua hari setelah panas ditubuhnya menurun drastis. Maka sang bayi harus segera di larikan ke rumah sakit, karena hal ini ada kemungkinan penyakit mengarah kepada komplikasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Gejala Demam Berdarah Pada Bayi Beserta Pengobatannya