Gejala Penyakit Ambeien dan Cara Pengobatannya Secara Medis

January 26, 2016

Ambeien merupakan penyakit yang terjadi pada sekitar bibir anus yang mengalami pembengkakan, bahkan terkadang disertai dengan pendarahan. Penyakit ambeien dan pengobatannya ini biasanya membutuhkan waktu relatif agak lama.

Umumnya penyakit ambein ini terjadi disebabkan melakukan gerakan saat olahraga seperti angkat beban. Bisa juga pemicu penyakit ambeien ini karena kita terlalu sering duduk maupun berdiri, faktor keturunan, mengejan berlebihan saat buang air besar.

Gejala Penyakit Ambeien

gejala-penyakit-ambeien-cara-pengobatan

Secara umum, penyebab penyakit ambeien ini adalah karena terlalu keras saat mengejan. Penderita penyakit ambeien akan mengalami rasa panas dan juga gatal di bagian poros usus atau lubang pembuangan. Di bagian sekitar lubang pembuangan, muncul tonjolan atau benjolan kecil.

Pada saat buang air besar, penderita ambeien akan mengalami sakit yang cukup luar biasa dan juga sulit. Tak jarang, gejala penyakit ambeien ini disertai dengan pendarahan pada saat buang air besar.

Penyakit ambeien ini terdiri dalam 2 kategori baik dalam tanda maupun gejalanya. Ambeien pertama adalah ambeien internal yang menyebabkan pembengkakan di bagian rektrum sulit dilihat maupun diraba.

Pada tipe pertama ini, ambein tidak akan terasa sakit, akan tetapi darah akan keluar dengan cara menetes dan juga mengalir. Parahnya, ambeien bisa keluar sendiri dari anus yang terlihat berwarna merah mudah. Penyakit ambeien dan pengobatannya ini bisa dilakukan dengan mendorong masuk kembali ambeien.

Cara Pengobatan Penyakit Ambeien

Berbeda dengan ambeien internal, ambeien eksternal ini tergolong dalam kategori berat. Umumnya penderita ambeien ini akan merasa gatal, sakit dan juga perih. Terlebih jika ambeien terdorong keluar pada saat buang air besar, maka akan terjadi penggumpalan trombosis yang akan mengakibatkan ambeien berwarna biru agak keungu-unguan. Namun, jika anda maupun keluarga anda mengalami hal demikian, tak perlu khawatir sebab cara pengobatan penyakit ambeien bisa dilakukan dengan beberapa teknik pengobatan.

Penyakit ambeien dan pengobatannya bisa dilakukan dengan suntikan skleroterapi agar ambeien putus dan tidak sakit. Bisa juga dihancurkan dengan laser, arus listrik, sinar infra merah untuk mengobati penyakit ambeien ini. jika kesemua cara tersebut gagal, maka bisa dilakukan tindakan operasi sebagai solusi akhir.

Tag : gejala ambeien, penyakit ambeien, Gejala ambeyen, penyakit ambeyen, pengertian penyakit ambeien, penyakit ambeien dan pengobatannya, penyebab penyakit ambeien, gejala ambeien dan pengobatan ambeien, gejala penyakit ambeyen, Penyebab penyakit ambeyen, 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Gejala Penyakit Ambeien dan Cara Pengobatannya Secara Medis