Gejala tetanus pada tubuh manusia, Hati Hati Dapat Menyebabkan Kematian

18 January 2018 13:10
January 18, 2018

Gejala tetanus pada tubuh manusia bisa terlihat jelas karena tetanus merupakan salah satu penyakit luar dari tubuh manusia sehingga gejala gejalanya dapat dilihat dengan jelas. Penyakit tetanus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan penyakit tetanus juga memiliki nama lain yakni clostridium tetani.

Penyakit tetanus ini memproduksi toksin tetanospasmin yang akan menempel pada saraf dekat luka kemudian membawanya ke otak manusia serta membawanya juga ke sumsum tulang belakang sehingga terjadilah gangguan pada saraf yang akan bekerja secara tidak normal karena itulah penyakit tetanus tergolong penyakit yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia.

Penyakit tetanus memang tergolong penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh manusia karena penyakit ini menyerang system kerja saraf manusia padahal saraf manusia adalah salah satu organ tubuh paling vital selain itu penyakit ini juga menyerang bagian sumsum tulang belakang manusia yang menjadi inti dari kesehatan tubuh juga.

Maka dari itulah hindari selalu penyakit ini serta kenali gejala gejala dari penyakit tetanus agar tidak terlambat karena jika terlambat dalam penanganannya maka akan berakibat sangat fatal seperti berakibat pada kematian.

Beberapa gejala tetanus pada tubuh manusia

Gejala tetanus

Gejala awal dari penyakit tetanus adalah kelemahan yang bersifat kekakuan atau kram otot beserta kesulitan mengunyah menelan makanan. Kekakuan otot bisa terjadi 1-4 hari setelah gejala awal dari penyakit tetanus timbul.

Masa masa dimana terjadinya kejang kejang bisa disebut dengan gejala awal maka kenali secara pasti gejala tersebut agar tidak terlambat pada penanganan medisnya. Gejala selanjutnya adalah spasme atau kejang kejang pada tubuh manusia dan kejang kejang ini akan bertambah parah seringnya parahnya penyakit tetanus tersebut.

Gejala kejang pada penyakit tetanus berlangsung beberapa detik sampai beberapa menit saja kemudian perjalanan gejala tetanus pada penderita yang berhasil hidup akan berlangsung selama 1-2  bulan, gejala kejang kejang akan mulai berangsur berkurang setelah 10 sampai 14 hari dan kemudian menghilang setelah satu sampai dua minggu.

Gejala tetanus seperti kelemahan, kekakuan, dan keluhan lainnya akan menghilang tetapi pada waktu lama dan jika semua itu sudah menghilang penyakit tetanus akan bisa sembuh tanpa ada komplikasi sisa sisa penyakit ini.

Pada kasus kasus fatal pada penyakit tetanus yang berujung kematian bagi penderitanya seringkali disebabkan oleh kelelahan dan kegagalan pernapasan.

Semua kejadian tersebut terjadi disebabkan oleh tetanospasmin yang dihasilkan dalam jumlah yang sangat sedikit pada daerah lesi yang seringkali kecil dan sering tidak disadari oleh penderita. Jumlah toksin yang kecil dapat terjadi jika pasien sebelumnya tidak diimunisasi sehingga mempunyai respon antibody atau sistem kekebalan tubuh sangat kecil sekali.

Pencegahan penyakit tetanus

Penyakit tetanus dapat dicegah dengan cara memberikan imunisasi atau vaksinasi karena pada saat seseorang sudah terkena penyakit tetanus ini maka orang itu masih bisa terjangkit penyakit tetanus ini lagi oleh karena itulah dibutuhkan imunisasi untuk pencegahan dan vaksinasi untuk pencegahan agar tidak terjangkit penyakit ini lagi pada penderita yang sudah pernah terjangkit penyakit ini.

Jika ada penderita tetanus yang sembuh tetapi tidak melakukan vaksinasi maka sistem kekebalan tubuh tidak akan bisa berkembang karena racun atau toksin yang masuk dalam tubuh manusia tidak mampu merangsang terjadinya pembentukan anti body atau system kekebalan tubuh penderita.

Tag : apa sih yg di sebut tetanus knapa menyeybabkan kematian, jika tetanus telat diobati, kenapa tetanus menyrbabkan krmatian, makanan yang harus di hindari karena gejala tetanus, tetanes yg sudah parsh, tetanus telat penanganan, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags:

Related to: Gejala tetanus pada tubuh manusia, Hati Hati Dapat Menyebabkan Kematian