Hati-hati Efek Samping Lidah Buaya Untuk Kesehatan

September 11, 2017

Hai sudah tahu kan efek samping lidah buaya? Selain digunakan sebagai tanaman yang dapat mempercantik taman Anda, tanaman yang mempunyai bentuk unik ini dapat juga digunakan sebagai tanaman obat.

Tanaman ini bisa Anda gunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka di kulit Anda. Selain itu, bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan kulit kering, lidah buaya juga bisa digunakan untuk membantu Anda menghilangkan masalah itu.

Namun, banyak manfaat yang Anda bisa temukan dan manfaatkan dari lidah buaya, bukan berarti bahwa tanaman ini benar-benar aman untuk Anda gunakan.

efek samping lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya dibuat minuman

Dijelaskan terdapat beberapa efek samping dan kontradiksi yang mungkin akan Anda alami ketika menggunakan lidah buaya. Apa saja ya?

Misalnya, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi tanaman secara langsung ini dalam jumlah yang terlalu banyak. Alasannya, ada sebuah zat semacam lateks yang berwarna kuning atau biasa disebut Aloin yang terkandung dalam lapisan terluar tanaman ini.

Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak Aloin, kemungkinan besar Anda akan mengalami keracunan. Namun untungnya, hal ini sangat jarang terjadi mengingat lidah buaya yang dijual untuk dikonsumsi langsung biasanya sudah dibersihkan dari kulit luarnya sehingga terbebas dari Aloin.

Semua yang masuk ke dalam tubuh, seperti obat maupun makanan, pasti memiliki efek samping bagi tubuh Anda. Pada dasarnya, menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bentuk pengobatan yang aman untuk dilakukan.

Jadi meskipun mengkonsumsi lidah buaya atau aloe vera sangat menguntungkan, namun Anda harus lebih cermat dan berhati-hati lho dalam mengkonsumsinya.

Jangan terlalu banyak dan jangan lupa membersihkan lapisan luarnya untuk menghindari racun Aloin yang akan membahayakan Anda.

Efek Samping Lidah Buaya

efek samping lidah buaya

Ilustrasi tanaman Lidah buaya

Gel lidah buaya pun aman untuk digunakan pada kulit, kecuali bagi Anda yang memiliki kulit sensitif Anda harus menghindari menggunakannya lagi apabila Anda menemukan gejala-gejala iritasi. Selain itu, Anda harus lebih waspada saat menggunakan lidah buaya jika Anda sedang pada kondisi berikut.

  • Untuk para Ibu yang sedang mengandung atau hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi lidah buaya dengan bentuk apapun itu olahannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keguguran kandungan dalam mengkonsumsi lidah buaya. Selain itu, lidah buaya dapat juga menyebabkan kecacatan pada bayi.
  • Sebaiknya hindarkan lidah buaya pada anak-anak berumur kurang dari 12 tahun untuk mengkonsumsi lidah buaya sebab mereka dapat mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti kram dan nyeri pada perut ataupun dapat menyebabkan diare.
  • Hindari juga mengkonsumsi lidah buaya dengan dosis yang tinggi, karena hal tersebut erat kaitannya dengan berbagai macam gangguan yang terjadi pada ginjal yang ada didalam tubuh Anda.
  • Beberapa studi menyatakan bahwa lidah buaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Namun, sebaiknya tetap mengontrol kadar gula darah Anda apabila Anda mengkonsumsi lidah buaya.

Meskipun memiliki berbagai macam khasiat, tetap harus waspada dengan efek samping yang dapat ditimbulkan dari si hijau lidah buaya ini.

Efek samping lidah buaya yang sering dijumpai dari  adalah diare dan kram perut jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh efek pencahar pada lidah buaya yang diminum. Anda juga bisa merasakan sakit yang tidak tertahankan dan bahkan dehidrasi. Untuk itu Anda harus mengkonsumsi lidah buaya dalam takaran yang tepat, untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Tag : efek samping lidah buaya, efek samping lidah buaya untuk wajah, lidah buaya, efek samping lidah buaya untuk kulit, efek lidah buaya untuk wajah, keracunan lidah buaya, bahaya lidah buaya untuk wajah, efek lida, efek samping lidah untuk muka, bahaya lidah buaya buat muka, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Hati-hati Efek Samping Lidah Buaya Untuk Kesehatan