Hemofilia adalah : Penyebab, Penanganan Serta Jenisnya

May 9, 2017

Hemofilia Adalah suatu penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuan darah apabila terjadi perdarahan. Jika Anda mengalami luka yang tidak kunjung sembuh bisa jadi Anda terserang Hemofilia. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Hemofilia dan bagaimana cara mengatasinya.

Hemofilia sebenarnya merupakan penyakit keturunan yang jarang terjadi. Penderita penyakit ini akan lebih lama mengalami perdarahan daripada orang-orang normal.

Anak biasanya akan dicurigai menderita penyakit ini pada saat mulai merangkak atau berjalan ketika si anak mudah mengalami memar dan perdarahan pada sendi. Pada kasus yang ringan, biasanya akan terdeteksi pada saat dewasa ketika menjalani prosedur gigi atau prosedur lainnya.

Penyebab Hemofilia Adalah

Hemofilia adalah jenis penyakit yang disebabkan karena darah tidak memilki beberapa fator yang cukup untuk melakukan pembekuan darah.

Untaian DNA atau yang biasa kita sebut kromosom merupakan suatu rangkaian instruksi lengkap. Kromosom bukan hanya menentukan jenis kelamin pada bayi, namun juga mengatur kinerja sel-sel di dalam tubuh. Semua manusia memiliki sepasang kromosom seks.

Hemofilia adalah

Illustration Penyebab Hemofilia

Komposisi pada wanita adalah xx dan pada pria adalah xy. Hemofilia adalah penyakit yang diwariskan melalui mutasi pada kromosom x. Maka dari itu pria cenderung menjadi pengidap, sementara wanita cenderung menjadi pewaris atau pembawa mutasi gen tersebut.

Jenis-Jenis Hemofilia adalah

Hemofilia adalah penyakit dengan gejala perdarahan yang sulit berhenti. Gejala ini bisa ringan atau berat. Tingkat keparahan tergantung dari jumlah faktor pembekuan di dalam darah. Berikut adalah jenis-jenis Hemofilia.

  • Hemofilia Ringan
    Jumlah faktor pembekuan berkisar antara lima sampai lima puluh persen. Penderita Hemofilia jenis ini biasanya tidak akan merasakan gejala hingga dirinya mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka atau menjalani prosedur cabut gigi maupun operasi lainnya.
  • Hemofilia sedang

Jumlah faktor pembekuan berkisar antara satu hingga lima persen. Penderita Hemofilia jenis ini mudah memar dan rentan mengalami perdarahan sendi  bila terantuk atau jatuh.

Sendi yang paling umum terkena adalah bagian lutut, siku, dan pergelangan kaki. Gejala awalnya berupa kesemutan dan nyeri ringan yang selanjutnya bisa bertambah  bengkak, kaku, serta terasa panas apabila tidak ditangani.

  • Hemofilia berat.

Hemofilia jenis ini merupakan penyakit dengan jumlah faktor pembekuan kurang dari satu persen. Penderita biasanya akan mengalami perdarahan seperti gusi berdarah, mimisan, dan perdarahan sendi serta otot tanpa sebab yang jelas. Hemofilia berat bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan internal yang serius, perdarahan jaringan lunak, dan deformitas sendi apabila tidak ditangani.

Penanganan Hemofilia

Hemofilia adalah

Hemofilia dapat ditangani dengan dua cara yaitu dengan mencegah timbulnya perdarahan dan pengobatan pada saat terjadi perdarahan (on-demand).

Untuk mencegah terjadinya perdarahan, penderita Hemofilia biasanya diberikan suntikan faktor pembekuan darah. Sedangkan untuk pengobatan pada saat terjadi perdarahan, obat yang diberikan sebenarnya sama seperti pengobatan untuk pencegahan.

Selain itu, ada obat lain yang bisa diberikan dalam penanganan Hemofilia a. Obat itu biasa kita kenal dengan sebutan desmopressin.

Obat ini mampu merangsang produksi faktor pembekuan darah viii di dalam darah. Efek samping pemberian desmopressin di antaranya adalah mual, sakit perut, dan sakit kepala.

Hemofilia adalah jenis penyakit yang tidak menular. Jika anda terdiagnosis menderita Hemofilia, jagalah kebersihan gigi anda agar terhindar dari penyakit gigi dan gusi yang dapat mengakibatkan perdarahan.

Selain itu hindari mengikuti aktivitas yang melibatkan kontak fisik, seperti olahraga beladiri atau sepakbola. Dan terakhir jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter meski obat itu dijual bebas.

 

Tag : kanker otak hemofilia, penanganan hemofilia, rangkaian ibu penular hemofilia, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Hemofilia adalah : Penyebab, Penanganan Serta Jenisnya