Ini Loh Obat Tetes Telinga untuk Keluarkan Kotoran

November 20, 2017

Obat Tetes Telinga – Telinga merupakan salah satu aset yang penting sebagai indera pendengaran. Kadang ada beberapa masalah telinga yang diderita banyak orang. Masalah ini bisa disebabkan karena telinga yang kotor. Lalu bagaimanakah membersihkan telinga yang benar agar tidak menjadi sarang penyakit? Di dalam telinga terdapat cairan telinga yang berfungsi menghindarkan serangga yang masuk dengan rasa pahitnya, namun bila menumpuk akan menjadi kotoran. Anda perlu membersihkannya dengan beberapa cara di bawah ini.

Faktor Pemicu Telinga Kotor

Ada beberapa faktor yang membuat telinga seseorang sangat kotor seperti kebiasaan tidak suka membersihkan telinga, banyak melakukan aktivitas di air namun tidak sering membersihkannya, usia yang semakin lanjut, kebiasaan mengorek telinga dengan benda asing seperti ranting pohon atau batang tanaman kecil, sampai penyakit kulit yang terjadi dalam dinding telinga.

Beberapa faktor ini sering sekali menjadi perhatian utama karena dapat membuat gangguan pendengaran. Untuk membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan, antara teknik dan penggunaan alatnya. Perhatikan beberapa poin di bawah ini untuk bagaimana cara membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk.

Cara Ampuh Untuk Mengeluarkan Kotoran

kotoran kuping

Obat Tetes Telinga

Cara yang pertama mengiakan obat tetes yang banyak dijual di apotek atau toko obat. Biasanya obat ini berbentuk cair dengan ukuran botol yang tidak terlalu besar. Untuk cara penggunaannya tinggal diteteskan ke dalam lubang telinga sesuai aturan pakainya. Setelah selesai tinggal dibersihkan. Ingat, Anda tidak boleh membersihkan telinga dengan benda logam apalagi dengan ujung yang runcing. Bisa-bisa dinding telinga atau gendang telinga menjadi rusak akibat tusukan benda tersebut.

Syringe

Syringe

Syringe

Syringe sendiri merupakan alat penyedot kotoran berbentuk bulat. Alat ini juga dijual di toko online sehingga bisa membelinya dengan mudah. Ada bagian yang tidak dapat dijangkau menggunakan alat biasa, maka dari itu butuh alat penyedot kotoran ini agar telinga senantiasa bersih dari kotoran yang menumpuk.

Menggunakan Cotton Bud

Ini yang perlu diperhatikan dalam membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Walau kebanyakan orang sering menggunakannya namun kebanyakan cara masih salah. Cotton bud tidak boleh dibasahi menggunakan air, harus menggunakan minyak baby Oil atau minyak zaitun.

Jika Anda menggunakan air bisa menghilangkan daya lekat pada kapas cotton bud yang membuat kapas tersebut berpotensi tertinggal di dalam telinga. Nantinya malah akan merepotkan karena perlu tindakan medis, banyak orang yang pernah mengalaminya dan memutuskan untuk mengambilnya sendiri menggunakan pinset justru akan membuat luka pada dinding telinga.

Minyak Zaitun

Dengan menggunakan minyak zaitun ini memang lebih mudah karena hanya perlu memanaskan minyak ini sampai hangat lalu memasukkannya setetes demi tetes, miringkan kepala sedikit agar bisa keluar lalu membersihkannya dengan kapas. Minyak zaitun dapat mengikat kotoran dalam telinga sehingga sangat rekomendasi untuk dilakukan.

Cara Inhalasi

Kombinasi antara cara penguapan dan menggunakan cotton bud. Anda perlu menyiapkan baskom besar yang berisi air panas, secara hati-hati dan pelan arahkan lubang telinga yang ingin dibersihkan, biarkan beberapa saat agar kotoran yang ada di dalam telinga menjadi lunak.

Setelah itu baru bisa dibersihkan menggunakan cotton bud. Cara ini juga sangat rekomendasi karena dengan mudah mengeluarkan kotoran dalam telinga.

Demikian tentang obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran dan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan telinga dengan mudah.

Pahami penggunaan alat dan jangan sampai melukai telinga Anda. Beberapa orang menyarankan untuk terapi lilin, namun dalam dunia medis telinga sangat tidak disarankan.

 

Tag : cara mengangkat ranting kecil yg tertinggal dalam telinga, 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Ini Loh Obat Tetes Telinga untuk Keluarkan Kotoran