Ini Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

July 5, 2017

Jerawat merupakan masalah yang terdengar sepele namun jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Pada masa – masa remaja merupakan masa yang sangat riskan terhadap timbulnya jerawat pada kulit wajah karena pada masa ini terjadi produksi hormon berlebih yang dapat menjadi penyebab munculnya banyak jerawat. Jerawat juga mudah muncul jika Anda tidak menjaga kebersihan kulit wajah Anda dari debu dan kotoran yang menempel.

Di antara sekian banyak jenis jerawat yang bisa kapan saja muncul di wajah kita, jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang kerap muncul di wajah kita. Jerawat batu yaitu jenis jerawat yang tumbuh secara bergerombolan memiliki warna yang merah. Jenis jerawat ini termasuk jenis yang cukup sulit untuk diatasi karena perawatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berikut akan kami sampaikan beberapa penyebab jerawat batu dan cara untuk mengatasinya.

Ini Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu

1. Kosmetik

Kosmetik yang masih tersisa pada wajah akibat Anda kurang bersih dalam membersihkan wajah akan menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan sisa kosmetik tadi menyumbat pori – pori pada kulit wajah Anda sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

2. Pertumbuhan Sel Kulit Yang Abnormal

Sel kulit yang tumbuh secara tidak normal juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat batu. Sel kulit yang tumbuh terlalu cepat tidak seperti pada kulit normal akan berakibat timbulnya bekas yang sulit untuk dihilngkan.

3. Kelenjar Minyak Yang Berlebih

Jika tipe kulit wajah Anda merupakan tipe kulit yang berminyak sebaiknya Anda berhati – hati dengan kemunculan jerawat batu, pasalnya pada tipe kulit ini memiliki kelenjar minyak yang berlebihan sehingga minyak tadi dapat menutup pori – pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Paparan Sinar Matahari

Jika Anda termasuk orang yang sebagian besar waktunya ada di bawah paparan sinar matahari, sebaiknya Anda waspada dengan kemuncula jerawat ini. Apalagi jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitif yang akan membuat Anda akan lebih mudah ditumbuhi jerawat.

Mengatasi Jerawat Batu

mengatasi jerawat batu

1. Menggunakan Daun Jambu

Selain dikenal sebagai obat demam berdarah, ternyata daun jambu juga mempunyai khasiat untuk mengobati jerawat. Pertama siapkan 5 lembar daun jambu, kemudian rebuslah daun jambu tersebut dalam 400 ml air hingga mendidih. Oleskan air rebusan daun jambu tadi pada area kulit yang ditumbuhi jerawat.

2. Belimbing Wuluh

Selain dapat digunakan sebagai bahan masakan, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai obat jerawat yang ampuh. Pertama siapkan tiga buah belimbing wuluh, kemudian cuci bersi. Selanjutnya haluskan belimbing wuluh tadi menggunakan parutan dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Campurkan hingga merata. Setelah itu oleskan ramuan tadi pada area kulit yang ditumbuhi jerawat.

3. Mentimun

Sudah sejak lama mentimun dikenal sebagai buah yang berkhasiat untuk mengobati jerawat. Siapkan satu buah mentimun, kemudian irislah mentimun tadi menjadi potongan – potongan yang tipis. Kemudian tempelkan potongan tipis mentimun tadi pada area kulit yang ditumbuhi jerawat dan biarkan selama sekitar 15 menit. Lakukan kegiatan ini setiap hari sebanyak dua kali hingga jerawat Anda kempis.

Demikianlah ulasan kami mengenai penyebab dan cara mengatasi jerawat batu. Semoga dapat membantu Anda yang mengalami masalah dengan jerawat batu ini. Terima kasih.

Tag : apakah benar jambu batu akan menyebabkan wajah berjerawat batu?, cara mengatasi jerawat batu, jerawat batu dan perawatannta, tanda tanda jerawat batu dan cara mengatasinya, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Ini Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya