Jenis Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

June 27, 2017

Anemia pada ibu hamil memang umum terjadi ketika masih dalam masa kehamilan. Namun tahukah Anda jika ada beberapa jenis anemia yang terjadi pada ibu hamil tersebut? Ada beberapa jenis anemia yang dibedakan menurut gejala dan kondisinya. Pada saat kehamilan memang sangat penting sekali untuk menjaga pertumbuhan janin tetap sehat dan terjaga nutrisinya. Namun terkadang ada saja hambatan selama masa kehamilan tersebut. Anemia atau yang lebih dikenal dengan nama kekurangan darah ini memang salah satu faktor penting yang harus dijaga saat masa tersebut karena jika terus menerus terjadi anemia ini bisa berakibat kelainan pada janin yang dilahirkan nantinya.

Penyebab utama dari anemia saat kehamilan ini adalah ketidaknyamanan sang ibu untuk menerima nutrisi yang masuk apalagi saat pagi hari sering terserang morning sickness atau gejala mual. Memang tidak bisa menyalahkan kejadian tersebut namun hanya perlu diatasi saja. Berikut ini ada beberapa jenis anemia yang sering dirasakan ibu hamil sampai saat kelahiran nantinya.

Jenis Anemia Pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

anemia pada ibu hamil

Kurangnya Zat Besi

Zat ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang berguna untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Biasanya yang sering dialami oleh ibu hamil ini sering sekali kekurangan zat besi yang menimbulkan gejala sering lemas dan tidak bersemangat.

Anemia Hemolitik

Jenis satu ini memang agak jarang terjadi namun sekali terjadi akan menimbulkan dampak yang tidak biasa. Umumnya dalam jangka waktu tertentu sel darah merah akan melewati masa kehancuran atau tutup usia. Namun ketika terserang masalah ini penghancurannya lebih awal sehingga membuat sang ibu perlu bantuan transfusi darah agar sistem peredaran darahnya selalu normal.

Anemia Megaloblastik

Selain jenis sebelumnya juga ada jenis lain yang bisa membuat repot pengidapnya yaitu anemia Megaloblastik. Pengaruhnya adalah kekurangan asam flat sebagai nutrisi penting untuk perkembangan jaringan otak bayi. Maka dari itu jika sudah terkena masalah anemia ini perlu dilakukan transfusi darah secara berkala.

Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Hamil

anemia pada ibu hamil

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan sel darah baru lagi guna melancarkan pertumbuhan dari janin yang sedang dikandung. Beberapa bahan makanan di bawah ini bisa dikonsumsi secara rutin selama masih dalam tahap mengandung.

Sari Kurma

Kandungan dalam bahan ini sangat berguna untuk melancarkan sistem peredaran darah ditambah dapat menjadi bahan utama untuk membuat sel darah baru. Sari kurma ini bisa Anda dapatkan di toko obat atau apotek terdekat. Usahakan untuk memilih dari produk yang asli agar fungsinya dapat bekerja dengan maksimal. Banyak kandungan zat besi dalam makanan ini yang baik dikonsumsi saat masa kehamilan berlangsung.

Sayuran Hijau

Jenis sayuran seperti bayam sangat berguna untuk mengembalikan sel darah yang semakin berkurang. Sama seperti sari kurma karena pada bahan makanan satu ini juga mengandung banyak sekali zat besi yang sangat bagus untuk pertumbuhan sel darah baru. Anda hanya perlu memenuhi gizi tersebut setiap hari dengan menu pilihan yang beragam pula.

Dari bahan makanan tersebut kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika sedang terjadi anemia. Walau penyakit anemia pada ibu hamil ini kemungkinan kecil terjadi namun tetap harus diwaspadai. Tidak hanya bagi ibu hamil saja namun referensi ini juga dapat dipakai bagi siapa saja yang sering mengeluh mudah capek akibat kekurangan darah. Pemenuhan gizi yang seimbang ditambah dengan  pola hidup sehat akan membantu Anda mengurangi risiko serangan penyakit mematikan.

Tag : jenis jenis anemia pada ibu hamil, jenis-jenis anemia pada ibu hamil, janin4bulan belum bergerak, jenis2 anemia pada ibu hamil, jenis jenis animea pada ibu hamil, jenis jenis anemia pd ibu hamil, vitamin untuk mencegah anemia pada ibu hamil, jenis anemia yg sering menyerang wanita hamil, jenis anemia pada ibu hamil, jenis anemia pada ib hamil, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Jenis Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya