Jenis-jenis Vitamin Rambut Yang Wajib Diketahui

August 4, 2017

Jenis jenis Vitamin Rambut – Rambut merupakan mahkota bagian tubuh manusia yang penting. Pasalnya akan sangat mempengaruhi kecantikan seseorang. Apalagi jika rambut tersebut berkilau dan sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita.

Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan rambut yang indah, lantaran kerap mengalami masalah rambut, seperti kerontokan rambut, rambut bercabang dan lain-lain.

Sebetulnya ada banyak jenis vitamin yang dapat menyehatan rambut dan kulit kepala. Tentu saja vitamin tersebut bukan berasal dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Vitamin rambut bisa dengan mudah didapat dari berbagai jenis makanan baik buah-buahan maupun sayuran. Nah, berikut ini jenis vitamin rambut yang wajib diketahui.

Ketahui Jenis jenis Vitamin untuk Kesehatan Rambut

kesehatan rambut

1. Vitamin C dan Vitamin E

Rupanya vitamin C dan vitamin E mampu membantu mencegah rambut yang beruban. Hal ini karena kedua jenis vitamin tersebut mengandung sifat antioksidan yang bermanfaat untuk menghentikan aktifitas radikal bebas.

Dimana radikal bebas akan mengatasi masalah kerusakan di dalam tubuh, termasuk memperlambat proses penuaan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E adalah biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan seperti buah kiwi, buah jeruk, buah pisang, mangga, kubis, dan bunga kol untuk memenuhi kebutuhan harian. Apalagi buah-buahan tersebut berguna baik bagi kesehatan tubuh.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan berfungsi secara optimal untuk sistem saraf pusat. Vitamin tersebut mudah didapatka dari beberapa makanan yang nantinya akan diserap oleh tubuh dari proses pencernana.

Mungkin jika anda termasuk orang yang vegetarian, maka sangat dianjurkan untuk mencoba suplemen multivitamin sehingga tubuh memperoleh asupan vitamin B12. Bahkan jenis vitamin ini bisa ditemukan dalam makanan hewani, seperti telur, ayam, ikan, dan daging. Untuk mengkonsumsi vitamin B12 sebaiknya masukkan menu harian agar rambut tetap sehat dan kuat.

3. Vitamin B5

vitamin b5

Vitamin B5 termasuk vitamin yang dianggap cukup efektif guna mencegah kerusakan rambut. Tentunya vitamin B5 dapat ditemukan di beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, susu, gandum, telur dan aneka sayuran. Pastikan jika seseorang yang kerap mengalami masalah rambut, bisa mengambil suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian. Bahkan manfaat vitamin B5 akan mampu mencegah rambut uban dan penuaan dini.

4. Folat atau Vitamin B9

Selanjutnya adalah vitamin B9 atau folat yang termasuk jenis vitamin larut dalam air, sehingga mampu membantu menjaga kesehatan rambut. Folat dengan vitamin B12 dan C secara bersama membantu memanfaatkan protein dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan a sam folat juga dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah dan asam deoksiribonukleat. Menurut para ahli kesehatan bahwa konsumsi folat akan membantu mengurangi rambut beruban dan kerusakan pada rambut.

Mungkin hanya itu saja Jenis-jenis Vitamin Rambut Yang Wajib Diketahui . Semoga apa yang telah disampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa asupi dengan air putih mineral paling tidak 8 gelas per hari agar kesehatan rambut tetap terjaga dan tidak kering. Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Jenis-jenis Vitamin Rambut Yang Wajib Diketahui