Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Disarankan

June 11, 2017

Vitamin Ibu Hamil – Masa kehamilan merupakan titik yang paling rawan seorang ibu menjalani berbagai perawatan karena tidak hanya berdampak pada ibu yang hamil saja namun juga bisa berdampak pada bayinya. Pada masa ini memang perlu ditunjang dengan berbagai suplemen dan vitamin untuk menjaga perkembangan janin agar tetap sehat juga sang ibunya.

Mengapa vitamin diperlukan? Fungsi vitamin itu sendiri berbeda-beda karena bagian tubuh manusia memerlukan jenis vitamin tertentu untuk menjaga sistemnya tetap berjalan dengan normal. Selain disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah, biasanya ibu hamil masih menambah porsi nutrisinya dengan menambahkan suplemen dan vitamin ini. Berikut ini ada beberapa jenis vitamin yang disarankan saat menjalani masa kehamilan.

Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Dibutuhkan

Vitamin Ibu Hamil

Vitamin K

Jenis vitamin yang pertama bisa diperoleh dari sayur dan buah, umumnya vitamin K dibentuk di dalam usus yang nantinya akan berguna dalam berbagai keperluan perkembangan tubuh janin dan ibunya.

Vitamin D

Bahan makanan yang mengandung banyak sekali vitamin ini seperti ikan berlemak, daging ayam kampung, kuning telur, dan daging lainnya memberikan nutrisi untuk kebutuhan tubuh. Vitamin D ini berguna untuk memperkuat tulang dan gigi serta dapat membantu penyerapan nutrisi lain lebih lancar dalam sistem pencernaan tubuh.

Vitamin Ibu Hamil: Vitamin E

Vitamin Ibu Hamil

Umumnya vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan dinding sel tubuh dan melindungi asam lemak agar tidak terbuang secara percuma. Bahan yang mengandung vitamin E ini ada pada taoge, gandung, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Vitamin A

Peran penting dalam perkembangan janin dan ibunya juga dipengaruhi oleh vitamin A. Berbagai fungsi seperti menjaga kesehatan kulit agar tetap halus, menjaga perkembangan penglihatan mata, menguatkan kuku, memperkuat jaringan gigi dan tulang, menjaga kesuburan rambut, dan masih banyak lagi. Vitamin A ini mudah diperoleh dari bahan makanan seperti pisang, ikan, susu, wortel, dan buah-buahan lain.

Vitamin B

Vitamin jenis ini memang terbagi dalam beberapa bagian yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Masing-masing dari jenis vitamin B tersebut membawa fungsi dan perannya sendiri. Saat kehamilan berlangsung memang ada banyak sekali bagian perkembangan yang sangat rentan untuk kekurangan nutrisi, maka dari itu sebagai pelengkapnya vitamin ini sangat dibutuhkan. Vitamin ibu hamil jenis ini memang sangat dibutuhkan sekali.

Dari pertumbuhan sistem syaraf, mengurangi risiko pendarahan total, pendarahan gusi, ketidakseimbangan pencernaan dan penyerapan nutrisi, membentuk sel otak, memperkuat bagian tubuh bayi dan ibu, dan masih banyak lagi. Fungsinya sendiri sih memang sangat penting sekali dalam perkembangan selama masa kehamilan maka dari itu kebutuhan nutrisi vitamin ini perlu dicukupi. Banyak bahan makanan yang mengandung vitamin B ini mulai dari sayur, buah, sampai daging binatang. Perhatikan juga porsi makannya agar tidak berlebihan saat kehamilan.

Vitamin C

Pemenuhan gizi dari vitamin ini juga perlu dicukupi selama tidak berlebihan karena akan dibuang oleh tubuh melalui urine atau keringat. Kebutuhan vitamin C ini perlu dicukupi untuk menjaga kekebalan tubuh dan kekuatan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Selain itu vitamin c diperlukan untuk perawatan tubuh dari dalam yang sangat diperlukan saat kehamilan berlangsung.

Banyak jenis vitamin ibu hamil yang dibutuhkan, tidak sebatas dari jenis tertentu saja. Dalam pemenuhan nutrisinya tersebut tidak hanya dari makanan saja tetapi bisa dari suplemen yang didapatkan dari toko obat terdekat. Selama kebutuhan tersebut terpenuhi akan membantu meminimalkan terjadinya risiko yang tidak diinginkan selama masa kehamilan berlangsung.

Tag : bahan vitamin ibu hambil, macam2 makanan yang mengandung vitamin E, vitamin untuk ibu hamil, vitamin yg disarankan untuk ibu hamil, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Disarankan