Kenali Gejala Penyakit TBC Pada Anak

May 18, 2017

Gejala TBC pada anak merupakan salah satu penyakit yang menular dan dapat berpotensi serius untuk mempengaruhi kinerja paru-paru. Penyakit ini sangat berbahaya apalagi jika diderita oleh anak-anak, balita maupun bayi.

Untuk itu sangat perlu bagi Anda untuk mengenali gejala dari penyakit ini, tentu saja dengan tujuan agar segera mendapatkan pengobatan dan penyakit berbahaya ini tidak semakin menyebar secara luas. Lalu apa saja ya ciri-ciri dari penyakit tbc ini? simak dalam penjelasan dibawah ini.

Gejala penyakit tbc pada bayi atau anak di bawah umur 5 tahun pada umumnya, tidak mudah terlihat bahkan pada saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter menggunakan X-ray.

(Baca Juga : Obat Batuk Anak )

Bakteri mycobacterium tuberculosis sulit terdeteksi. Hingga akhirnya pada suatu saat bakteri tersebut akan nampak pada saat dokter melakukan pengecekkan dengan tes tuberculin skin terhadap bayi atau balita penderita tbc, jika hasil tes tersebut menyatakan positif itu artinya bayi atau balita tersebut mengidap penyakit tbc dan sangat membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

Gejala penyakit tbc pada anak sebenarnya masih susah untuk diketahui, hal tersebut sering menimbulkan salah prediksi.

Gejala penyakit tbc pada anak

tbc pada anak

Namun berikut beberapa gejala atau ciri-ciri yang biasa didapati pada anak penderita TBC, antara lain adalah demam dengan waktu yang lama maupun berulang, hilangnya nafsu makan, berat badan anak tidak kunjung bertambah, gangguan gizi atau malnutrisi.

(Baca Juga : Penyakit Aids )

Disamping itu anak menjadi letih, lesu, lemah, loyo, lemas dan lambat. Gejalanya juga disertai batuk dan flu yang lama serta berulang yang mirip dengan gejala asma.

Anak juga mengalami sakit diare yang berulang. Suhu tubuh pada anak juga akan mengalami kenaikan atau demam tinggi ataupun tidak namun berlangsung dengan waktu yang lama atau berulang. Disamping itu anak akan berkeringat pada saat malam hari.

Gejala TBC pada anak Dan Penularan Penyakit TBC

  • Biasanya anak yang terkena tbc didahului dengan gejala selesma berupa demam yang disertai batuk, pilek, sakit kepala dan hilang nafsu makan.
  • Pada perkembangan selanjutnya, akan timbul 2 gejala penting yakni napas cepat atau sesak napas seperti terkena penyakit asma.
  • Jika usia anak kurang dari 2 bulan, napasnya lebih cepat dari 60 kali per menit. Jika usianya 2-12 bulan, napasnya lebih cepat dari 50 kali per menit. Sedangkan jika usianya 1-5 tahun, napasnya lebih cepat dari 40 kali per menit.
  • Untuk kategori sesak napas, ditandai dengan napas pendek, hidung kembang kempis.
  • Pada kasus tbc berat, terlihat adanya tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam (TDDK), kejang, penurunan kesadaran dan suhu tubuh.

Tips cara mencegah penyakit TBC:

  • Berikan ASI secara ekslusif kepada bayi kurang lebih selama 6 bulan.
  • Penuhi asupan gizi bayi dan balita terutama asupan vitamin A dan mineral seng (zinc).
  • Berikan imunisasi lengkap pada bayi dan balita yaitu DPT (untuk mencegah terjadinya batuk

Rejan atau 100 hari atau pertusis) dan campak untuk kekebalan terhadap tbc dengan

mencegah virus campak masuk ke paru-paru, influensa, Hib, dan pneumokokus agar

kebal dari kuman penyebab tbc.

  • Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda dari polusi udara, seperti asap rokok,pembakaran sampah, kendaraan serta debu.

Waspadailah untuk gejala penyakit tbc ditas jangan sampai anak Anda menjadi salah satu penderitanya. Untuk itu cegah penyakit tbc dengan tips ditas, semoga bermanfaat.

Tag : ciri ciri tbc pada anak, kenali gejala tbc pada anak, penyakit tbc pada anak, 

Tags: , ,

Related to: Kenali Gejala Penyakit TBC Pada Anak