Khasiat dan Manfaat Madu Asli Terbukti secara Klinis

May 26, 2017

Madu, siapa yang tidak mengenal madu? Ya, kita semua tentunya mengenal madu sebagai salah satu cairan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ataupun kecantikan.

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, madu juga dapat digunakan untuk campuran makanan ataupun minuman. Madu sendiri dapat memberikan banyak manfaat apabila kita mengkonsumsi madu asli? Lalu apa manfaat madu asli itu sendiri? Mari simak ulasannya.

 Berbagai Manfaat Madu Asli

Manfaat Madu Asli

Ilustrasi Sarang Madu Asli

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh para pakar, madu asli memiliki banyak manfaat. Manfaat madu murni untuk kesehatan sangat beragam, yaitu:

  1. Obat Batuk

Madu dapat digunakan untuk mengobati batuk dan meningkatkan kualitas tidur penderitanya. Anda dapat mengkonsumsi madu untuk mengobati batuk cukup dengan meminum dua sendok tea madu 30 menit sebelum tidur.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan kanker

Madu asli teruji secara klinis dapat mencegah penyakit jantung dan kanker Karena zat flavonoid yang terkandung dalam madu berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit tersebut.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Madu teruji secara klinis mampu meninkatkan nafsu makan anak-anak. Kandungan vitamin  dalam madu juga dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pertumbuhhan fisik dan menjaga kesehatan anak.

  1. Memerangi Bakteri

Madu terbukti secara klinis dapat memenuhi pathogen penyakit karena makanan yang disebabkan oleh E Coli dan  Salmonella, serta bakteri yang terdapat di rumah sakit atau klinik seperti Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus dan Pseudomonas Aeruginosa.

  1. Meningkatkan Stamina

Madu dapat memberikan Anda energi tambahan karena kandungan glukosa yang terdapat dalam madu dapat diolah oleh tubuh menjadi energi. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan stamina Anda yang letih dan lesu akibat beban pekerjaan yang begitu banyak.

  1. Menghilangkan Alergi

Beberapa fakta dari para ahli mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi

  1. Meningkatkan daya ingat

Seperti yang dilansir dari Reuters, penelitian yang dilakukan terhadap 102 wanita menopause, setelah empat bulan mengkonsumsi madu, daya ingat jangka pendek mereka meningkat tajam dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi madu.

  1. Ampuh menghilangkan Luka

Penelitian yang dilakukan di Norwegia membuktikan madu Selandia Baru dan madu Norwegian Forest berhasil membunuh bakteri yang terdapat dalam luka. Untuk pengobatan luka bakar, madu bisa dioleskan secara langsung kemudian ditutup dengan kasa steril ataupun perban.

  1. Membantu Proses Pertumbuhan

Bagi bayi, madu baik untuk proses tumbuh dan kembang otak si kecil. Madu yang memiliki kandungan vitamin lengkap bagus untuk dikonsumsi oleh bayi.

  1. Mencegah Diabetes (Pengganti Gula)

Madu memiliki indeks hipoglikemik yang rendah. Oleh karena itu, madu tidak dapat menyebabkan kenaikan gula darah.

Selain manfaat madu murni untuk kesehatan yang sudah dipaparkan diatas, madu juga efektif untuk mengatasi sakit perut, mencegah stress, mencegah resiko penyakit Alzheimer, mencegah penyakit kuning, dan mencegah penyakit tumor.

Selain untuk kesehatan, madu murni juga dapat dipergunakan untuk kecantikan. Madu dapat mencegah penuaan dini dan kulit keriput, mencegah timbulnya jerawat dan mencegah iritasi pada kulit. Untuk rambut, madu dapat dipergunakan untuk menghitamkan rambut, menghilangkan rambut bercabang dan mencegah pemutihan rambut pada usia dini,

Khasiat dan manfaat madu asli telah terukti secara klinis. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah madu yang asli, bukan madu campuran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan tetaplah menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi madu.

Tag : Minuman utk orang meriang, madu terbukti, 

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Khasiat dan Manfaat Madu Asli Terbukti secara Klinis