Luar Biasa…! UNICEF Serukan Lebih Giat Cegah Remaja Terjangkit HIV-AIDS

June 27, 2017

Pekan ini Lembaga yang dimiliki PBB untuk anak-anak yaitu (UNICEF) menyatakan bahwa masih banyak pekerjaan yang mesti harus dilakukan untuk melindungi remaja dan anak-anak dari penularan HIV-AIDS. “Dampak dari AIDS yaitu meninggalnya remaja tercatat dalam jumlah yang cukup memprihatinkan, jumlah yang mengejutkan meskipun telah terjadi kemajuan global yang luar biasa dalam upaya penanggulangan penyakit HIV-AIDS selama 15 tahun belakangan,” kata perwakilan dari UNICEF di Konferensi Aids Internasional yang ke-21, di selenggarakan di Durban, Afrika Selatan pada pekan ini.

Anthony Lake selaku Direktur Pelaksana UNICEF, AIDS masih merupakan penyebab kematian nomor dua untuk mereka yang berusia 10 hinga 19 tahun secara global serta menjadi nomor satu di Afrika. UNICEF mengatakan telah tercatat terjadinya penurunan angka penyebaran HIV-AIDS hingga 70 persen sejak tahun 2000 di seluruh dunia. Hal ini terjadi berkat adanya upaya secara terpadu untuk mencegah penularan dari ibu ke anak di beberapa negara dengan tingkat penularan HIV-AIDS yang cukup tinggi, termasuk yang terjadi di Sub-Sahara Afrika.

HIV

Upaya pencegahan aksi yang dilakukan oleh beberapa negara serta aksi secara global cukup diapresiasi, karena HIV-AIDS telah mengancam generasi penerus serta mengancam rusaknya tatanan sosial masyarakat. Untuk itu upaya dan aksi ini harus tetap digiatkan dan bahkan harus terus ditingkatkan.

Dari data yang diperoleh bahwa selama 15 tahun terakhir upaya pencegahan dan aksi tersebut telah mampu mencegah penularan yang sangat efektif. Pencegahan penulran dari ibu ke anak mampu mencegah sekitar 1,6 juta di seluruh dunia secara global. Selain itu, pemberian perawatan anti-retrovirus telah mampu menyelamatkan sekitar 8,8 juta jiwa dari segala usia. Angka yang cukup besar dari satu buah penyakit menular berbahaya seperti HIV-AIDS.

Akan tetap jumlah kematian dari virus AIDS di kalangan remaja pada usia 15 sampai 19 tahun ternyata telah mencapai dua kali lipat sejak tahun 2000. “Dari perhitungan di tahun 2015, rata-rata telah terjadi 29 penularan baru setiap jamnya di usia 15 hingga 19 tahun, “ ucap perwakilan dari UNICEF.

Tag : konferensi unicef hiv/aids, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Luar Biasa…! UNICEF Serukan Lebih Giat Cegah Remaja Terjangkit HIV-AIDS