Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat

June 11, 2017

Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat – Sepertinya hampir setiap manusia di dunia ini pernah menghadapi masalah kulit yang bernama jerawat, sehingga bisa dikatakan pertumbuhan jerawat merupakan siklus hidup normal yang dialami oleh semua manusia.

Namun jika tidak ditangani dengan baik, masalah jerawat yang tadinya sepele ini dapat menjadi masalah yang serius. Jerawat yang tadinya kecil bisa menjadi besar dan bernanah, atau bahkan bisa sampai terjadi infeksi.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya jerawat pada kulit manusia. Selain tipe kulit yang sensitif, ternyata faktor makanan juga kerap menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat pada kulit.

Jenis makanan yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat yaitu jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, tinggi gula, dan tinggi kadar lemaknya. Berikut akan kami bahas beberapa makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di kulit Anda.

Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat

Makanan Menimbulkan Jerawat

Ilustrasi Jerawat di Pipi

  1. Susu

Walaupun susu merupakan makanan yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan susu malah dapat menyebabkan beberapa masalah dia antaranya timbulnya jerawat. Susu merupakan bahan maknan yang mangandung protein hewani yang sangat tinggi. Apalagi jika susu yang Anda minum berasal dari sapi yang sedang hamil karena mengandung lebih banyak hormon. Selain susu murni, ternyata produk olahan berbahan baku susu juga patut kita waspadai, misalnya keju, yoghurt, dan es krim.

  1. Makanan Cepat Saji

Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya makanan cepat saji. Makanan ini menjadi favorit bagi orang – orang yang tinggal di kota besar dan memiliki aktivitas yang padat karena maknan ini mudah didapat dan cepat secara penyajiannya. Namun sebenarnya makanan ini memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh Anda. Makanan ini biasanya sangat banyak mengandung lemak yang dapat memicu timbulnya banyak jerawat di kulit Anda. Selain mengandung kadar lemak yang tinggi biasanya kebersihan makanan jenis ini pun kurang terjamin.

  1. Makanan Tinggi Protein

Protein hewani memiliki kandungan sifat asam yang tinggi. Jika kandungan asam ini terserap oleh tubuh maka akan memicu tumbuhnya bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi yaitu daging. Kita tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi daging yang memiliki sifat asam tinggi sehingga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Kita perlu mengimbangi konsumsi daging dengan sayur dan buah – buahan sehingga tubuh kita memiliki keseimbangan asam dan basa yang baik.

  1. Makanan Tinggi Gula 

    makanan manis

    contoh makanan manis

Jenis makanan berikutnya yang kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah gula. Konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan meningkatnya hormon insulin pada tubuh kita sehingga di tingkat selular dapat menyebabkan inflamasi.

Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan imun tubuh kita menurun, sehingga tubuh kita menjadi sangat rentan terinfeksi oleh bakteri yang bisa jadi salah satunya adalah bakteri penyebab jerawat. Jenis makanan dengan kadar gula yang tinggi di antaranya adalah permen, cokelat, es krim, manisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain menyebabkan jerawat, makanan – makanan ini juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit lain yaitu diabetes mellitus.

Demikian ulasan singkat kami mengenai jenis makanan yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat sehingga Anda harus mewaspadainya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mecari jenis makan apa saja yang dapat menjadi penyebab jerawat di kulit Anda.

Tag : makan yang menimbulkan jerawat, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Makanan Yang Bisa Menimbulkan Jerawat