Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui, Berikut Ulasanya

November 4, 2017

Makanan Dilarang Ibu Menyusui – Kondisi dari ibu yang sedang menyusui sang anak memang sepertinya menjadi salah satu bagian terpenting, yang harus selalu diperhatikan agar dapat memberikan nutrisi terbaik kepada sang bayi. ASI yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh sang ibu pun menjadi salah satu sumber kehidupan bagi seorang bayi yang baru dilahirkan.

Beberapa Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui dapat menjadi referensi bagi para ibu menyusui agar memperhatikan asupan makanan atau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

ASI merupakan salah satu bagian terpenting yang harus didapatkan oleh setiap bayi secara rutin agar sang bayi mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Sedangkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh sang ibu pun dapat menjadi salah satu pengaruh terhadap khualitas asi yang di minum oleh sang bayi setiap harinya.

ASI yang memiliki khualitas bagus dengan nutrisi bermanfaat yang ada di dalamnya, akan membuat bayi tumbuh dengan optimal dan maksimal.

Makanan yang dilarang Ibu menyusui

Ini merupakan contoh dari beberapa makanan yang dilarang oleh para ibu ibu yang sedang dalam masa menyusui karena mengandung beberapa nutrisi yang tidak baik bagi sang bayi.

  1. Ikan laut yang didalamnya terdapat kandungan mekuri yang tinggi. Jika kandungan tersebut terserap oleh sang ibu dan masuk melalui ASI ke tubuh bayi maka dampaknya adalah menyebabkan penyakit kanker yang terjadi di masa depan.
  2. Coklat karena coklat mengandung caffeine yang akan membuat bayi sering buang angin dan juga membuat bayi mengalami gangguan pencernaan.
  3. Kelompok Tanaman Mint merupakan kelompok tanaman yang mengandung senyawa esensial yang akan menurunkan produksi ASI dengan cepat.
  4. Alkohol
  5. Semua Makanan Pedas
  6. Bawang Putih Mentah
  7. Jagung bagi ibu yang menderita alergi
  8. Kerang dan udang
  9. Makanan Mentah

Demi menjaga khualitas ASI agar sang bayi dapat tumbuh sehat optimal serta maksimal, maka hal hal yang seperti ini juga harus menjadi perhatian dari para ibu ibu menyusui.

Nutrisi Asi Yang Tepat Bagi Ibu Menyusui

Tingkatan kecukupan nutrisi bagi seorang ibu yang sedang menyusui haruslah tetap diperhatikan agar dapat membantu proses keluarnya ASI sesuai dengan kebutuhan si bayi. Begitu pula dengan nutrisi yang dikelola secara tepat maka manfaat dari nutrisi nutrisi tersebut akan dapat dirasakan secara signifikan oleh si bayi.

Salah satu yang perlu diketahui oleh si ibu menyusui adalah kecukupan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh si ibu. Tapi jika harus menghitung tiap hari berapa kebutuhan kalori yang masuk, maka akan memberikan kerepotan tersendiri bagi si ibu.

Oleh karena itu, lebih mudah jika si ibu tersebut terus makan selama dirinya merasa lapar. Karena kalori dan proses menyusui juga dipengaruhi beberapa faktor yang berbeda dari tim orang, dengan makan di saat merasa lapar setidaknya sudah mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh seorang ibu menyusui.

Selanjutnya adalah kebutuhan vitamin beserta mineral yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh sang ibu ini harus diperhatikan agar bisa membuat pertumbuhan bayi optimal.

Vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh ini bisa didapatkan dari makanan yang bervariasi, seimbang dan juga alami. Pemilihan makanan alami juga dikarenakan energi yang akan dihasilkan oleh makanan alami akan dapat bertahan lebih lama.

Terakhir adalah perhatian terhadap cairan yang ada di dalam tubuh. Kebutuhan cairan pun benar benar harus menjadi salah satu perhatian yang sangat penting bagi seorang ibu menyusui. Minum secara teratur tanpa menunggu adanya rasa haus merupakan cara efektif untuk dapat memberikan kecukupan pada cairan yang didapatkan oleh si ibu.

 

Tag : makanan yang dilarang bagi ibu menyusui, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui, Berikut Ulasanya