Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Bayi, Pastikan Tidak Salah Memilih

5 March 2018 10:01
March 5, 2018

Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi adalah salah satu bentuk perlindungan orang tua agar bayi tidak salah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan gangguan pada kesehatan sang buah hati maka dari itulah orang tua harus memberikan makanan makanan yang sangat aman serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh bayi sebab bayi masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh sebesar orang dewasa sehingga ketika salah dalam memberikan asupan makanan daya tahan tubuh tidak dapat menahannya sehingga dapat berdampak negatif bagi tubuh bayi.

Tentu orang tua tidak ingin jika sang buah hati mengalami keracunan makanan oleh sebab itulah harus selektif dalam memberikan asupan makanan yang diberikan kepada buah hati. Pada bayi juga belum bisa mencerna semua makanan seperti halnya orang dewasa maka orang tua harus memberikan makanan yang dianjurkan oleh dokter gizi apa saja yang boleh serta tidak boleh dikonsumsi oleh bayi.

Beberapa Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Bayi

makanan bayi yang di larang

Dalam kehidupan bayi tentu ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi yang akan merugikan kesehatan bayi serta menghambat pertumbuhan daya kembang bayi oleh karena itulah orang tua harus tahu apa saja yang boleh serta apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh buah hatinya. Berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi :

  1. Garam

Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi salah satunya adalah garam karena pada bayi tidak dianjurkan mengkonsumsi banyak garam sehingga menyebabkan rusaknya organ ginjal pada bayi. Selain garam dapur hindari penggunaan penyedap rasa dan saus pada makanan bayi karena produk produk tersebut juga mengandung garam yang cukup tinggi.

  1. Gula

Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi selanjutnya adalah tidak boleh terlalu banyak memberikan makanan yang banyak mengandung gula karena pada dasarnya bayi tidak memerlukan asupan gula untuk tubuhnya. Menghindari asupan makanan yang mengandung gula untuk bayi dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi pada bayi oleh karena itulah untuk orang tua yang baik maka harus senantiasa selektif terhadap asupan gizi buah hatinya agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

  1. Madu

Makanan selanjutnya yang tidak boleh diberikan untuk bayi adalah madu meskipun madu dipercayai dapat mencegah serta menyembuhkan berbagai macam penyakit tetapi hal itu tidak berguna bagi bayi karena madu mengandung bakteri penghasil racun dalam usus yang dapat mengakibatkan botulisme pada bayi sehingga dianjurkan lebih baik jangan mengkonsumsi madu untuk bayi. untuk kebaikan sang buah hati alangkah baiknya jangan diberi makanan madu sebelum usianya mencapai satu tahun karena madu juga mengandung gula sehingga tidak mengkonsumsi madu juga dapat mencegah kerusakan pada gigi sang buah hati.

  1. Semua jenis kacang

Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi salah satunya adalah kacang kacangan karena seringkali makanan kacang ini dapat membuat bayi tersedak dan alangkah baiknya jika memberikan makanan kacang setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan tetapi makanan kacang juga harus dihancurkan dulu sampai halus agar terhindar dari resiko resiko tersedak makan kacang tersebut.

  1. Makanan rendah lemak

Makanan rendah lemak merupakan makanan yang tidak dianjurkan untuk bayi karena lemak adalah sumber kalori dan vitamin sangat penting bagi pertumbuhan bayi oleh karena itulah berikan makanan makanan yang mengandung lemak sehat.

Tag : yhsm-evercross_searchsdk, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Bayi, Pastikan Tidak Salah Memilih