Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan, Dapat Menangkal Radikal Bebas

17 January 2018 13:15
January 17, 2018

Manfaat buah anggur bagi kesehatan manusia memang sangat banyak dibalik rasanya sangat lezat dan banyak digunakan untuk berbagai macam bahan makanan tetapi buah anggur ini ternyata memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia oleh karena itulah wajib untuk semua masyarakat untuk mengkonsumsi buah anggur ini secara rutin setiap hari agar dapat mendapatkan manfaat positif dari buah anggur ini secara maksimal.

Manfaat buah anggur sudah terkenal sejak jaman dahulu kala karena kadar gizinya yang sangat tinggi serta banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia maka buah anggur menjadi sangat popular sekali dari dahulu kala. Di wilayah eropa budidaya buah anggur sudah sejak dari 6000 tahun yang lalu karena tanaman anggur ini biasa hidup di daerah dengan intensitas cukup tinggi dengan curah hujan rendah. Buah anggur ini memiliki 60 jenis buah yang sudah dikonsumsi oleh semua bagian Negara di dunia.

Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh manusia memang sangat penting karena pada buah anggur mengandung beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti air, zat gula, asam galat, glukosa, asam folat, mangan, zat besi, banyak vitamin, dan kalsium.

Namun pada buah anggur ini juga terdapat kandungan senyawa aktif seperti zat polifenol dan zat resveratrol yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia serta mencegah sel sel yang menjadi penyebab kanker.

Beberapa Manfaat Buah Anggur Bagi Tubuh

Buah anggur

Buah anggur memang tidak bisa diremehkan khasiatnya untuk tubuh karena ternyata banyak kandungan nutrisi dalam buah anggur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah anggur bagi tubuh manusia :

  1. Menjadi sumber gula darah yang baik

Buah anggur mempunyai kadar gula atau glukosa yang sangat rendah yakni hanya memiliki kadar gula sebesar 43-53 saja yang menunjukkan bahwa buah anggur memiliki kadar glikemik cukup rendah sehingga jika manusia mengkonsumsi buah anggur ini secara berlebihan tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh naik. Buah anggur dapat mengatur kadar gula darah manusia karena mengandung zat phyto nutrisi yang dapat mengatur gula darah pada tubuh manusia.

  1. Sebagai bahan antimikroba

Manfaat buah anggur bagi tubuh manusia selanjutnya adalah sebagai antimikroba dalam makanan yang dikonsumsi oleh manusia karena pada buah anggur terdapat antioksidan yang tinggi sebab ada kandungan zat piceatannol dan resveratrol sebagai antioksidan dari buah anggur. Zat zat tersebut dapat membantu tubuh dalam mencegah masalah karena mikroba makanan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari buah anggur yang paling popular adalah untuk menjaga kesehatan jantung sebab jantung adalah organ tubuh manusia paling utama dalam tubuh maka wajib untuk dijaga kesehatannya oleh karena itulah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah anggur karena dalam buah anggur terdapat zat resveratrol yang berfungsi untuk pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan secara lancar bersirkulasi menuju jantung dan ke seluruh tubuh untuk membawa nutrisi nutrisi yang dibutuhkan oleh semua organ tubuh manusia.

  1. Sebagai sumber vitamin

Manfaat buah anggur selain untuk mengobati penyakit juga sebagai salah satu sumber vitamin karena buah anggur banyak sekali mengandung beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia seperti vitamin K, thiamine, vitamin E, vitamin A, vitamin B6, folate, beta karoten, dan alpha karoten.

Tag : manfaat buah anggur untuk kesehatan, Mengapa buah anggur dpt menangkal radikal bebas, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan, Dapat Menangkal Radikal Bebas