Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Menyembuhkan Tiroid

15 March 2018 15:03
March 15, 2018

Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan tubuh manusia tergolong sangat besar karena kandungan nutrisi pada jambu biji sangat banyak serta masing masing nutrisi tersebut mempunyai manfaat positif pada tubuh manusia masing masing oleh karena itulah dianjurkan untuk mengkonsumsi jambu biji ini secara teratur setiap hari agar manusia mendapatkan manfaat positif dari kandungan nutrisi jambu biji tersebut.

Jambu biji merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam keluarga buah buahan yang dapat hidup beriklim tropis terutama di Negara Indonesia yang juga memiliki iklim tropis maka secara otomatis buah jambu biji ini dapat dengan mudah ditemui di Indonesia.

Buah jambu biji mempunyai bentuk bulat dengan daging berwarna putih atau merah tergantung dengan jenis jambu tersebut serta terdapat biji biji kecil di tengah bagian buah ini. Banyak sekali nutrisi yang terkandung pada buah jambu biji ini terutama vitamin C karena pada buah ini mengandung vitamin C sangat tinggi.

Manfaat buah jambu biji bagi tubuh manusia memang sangat besar karena pada jambu biji terdapat beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti kandungan kalori, protein, vitamin A, asam folat, flavonoid, lycopene, lutein, cryptoxanthin, kalium, asam pantotenat, niacin, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, mineral magnesium, tembaga, mangan, dan yang paling tinggi yakni kandungan vitamin C.

Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Manusia

jambu biji

Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh manusia memang sangat hebat karena banyaknya kandungan kandungan didalam buah jambu biji yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut adalah salah satu manfaat dari jambu biji :

  1. Mengurangi hipertensi

Salah satu manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh adalah untuk mengurangi hipertensi karena jambu biji mencegah penebalan darah sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah pada tubuh sehingga akan stabil terus menerus. Jambu biji juga dapat untuk mengurangi kolesterol pada tubuh karena jambu memiliki banyak sekali kandungan serat sehingga dapat menurunkan kolesterol serta dapat efektif membantu menurunkan tekanan darah dan membantu kinerja jantung agar dapat bekerja dengan baik.

  1. Mengatasi penyakit diabetes

Selain untuk mengatasi hipertensi manfaat buah jambu biji lainnya dapat untuk mengatasi penyakit diabetes karena pada buah jambu biji banyak mengandung serat yang berfungsi untuk mengatur penyerapan kadar gula darah pada tubuh manusia serta dapat menurunkan insulin dan glukosa pada tubuh. Riset penelitian dunia juga menyatakan bahwa mengkonsumsi buah jambu biji setiap hari dapat menurunkan terjangkitnya penyakit diabetes tipe 2 oeh karena itulah dianjurkan bagi semua masyarakat untuk mengkonsumsi jambu biji ini.

  1. Menyehatkan Tiroid

Manfaat dari jambu biji selanjutnya adalah untuk menyehatkan tiroid sehingga metabolisme tiroid akan berjalan secara baik karena pada jambu biji banyak terkandung zat tembaga yang berfungsi untuk mengatur system metabolisme tiroid serta membantu untuk mengontrol produksi hormone dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting karena berperan untuk mengatur hormone dan fungsi organ tubuh.

  1. Mengoptimalkan kinerja penglihatan

Karena salah satu kandungan dalam jambu biji berupa vitamin A maka jambu biji ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mata agar kinerja mata menjadi optimal sebab fungsi dari vitamin A adalah untuk merawat kesehatan mata manusia dan untuk mencegah penyakit katarak, degenerasi makula, serta penyakit penyakit lainnya pada mata.

Tag : Buah untuk tiroid, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Menyembuhkan Tiroid