Manfaat Buah Markisa untuk Kulit, Dapat Menjaga Keseimbangan Tubuh

5 February 2018 17:46
February 5, 2018

Manfaat buah markisa untuk kulit begitu banyak sekali karena kandungan kandungan zat di dalam buah markisa dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit manusia apalagi jika mengkonsumsinya secara rutin dengan porsi secukupnya. Buah markisa merupakan salah satu tanaman berjenis buah buahan yang banyak ditemukan di pasaran maupun di supermarket.

Buah ini mempunyai rasa asam namun sangat menyegarkan jika mengkonsumsinya pada saat udara panas. Buah markisa berbentuk bulat oval dengan biji yang banyak serta berbentuk kecil kecil menambah kesan unik pada buah markisa tersebut. Selain itu dibalik bentuknya yang tergolong unik tetapi buah markisa ini menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh manusia terutama untuk manfaat buah markisa untuk kulit.

Buah markisa memiliki nama lain yakni genus passiflora yang berasal dari Negara amerika serikat dan jaman sekarang buah ini sudah menyebar luas hingga ke Negara Indonesia. Ada beberapa jenis buah markisa bahkan ada 500 jenis buah markisa tetapi hanya 4 saja yang popular di kalangan masyarakat yakni buah markisa ungu, buah markisa kuning, buah markisa konyal, dan buah markisa erbis namun di Indonesia sendiri hanya terdapat dua jenis saja yakni buah markisa ungu di dataran tinggi dan buah markisa kuning di dataran rendah.

Manfaat buah markisa untuk kulit memang sangat banyak karena buah markisa mengandung banyak sekali zat zat yang baik untuk tubuh manusia seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, mineral, zat besi, magnesium, sodium, potassium, kalsium, dan sedikit asam folat karena zat zat inilah buah markisa sangat baik untuk tubuh manusia namun masing masing zat tersebut memiliki masing masing manfaat positif untuk tubuh.

Beberapa Manfaat Buah Markisa untuk Kulit

manfaat buah markisa

Buah markisa memang seringkali digunakan untuk bahan makanan seperti membuat sirup, kue, serta makanan minuman lainnya tetapi sebenarnya buah markisa juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia terutama manfaat bagi kulit. Berikut adalah beberapa manfaat buah markisa untuk kulit :

  1. Sebagai sumber serat

Salah satu manfaat buah markisa untuk tubuh yaitu sebagai sumber serat yang sangat tinggi karena serat adalah salah satu kebutuhan utama tubuh agar dapat melancarkan pencernaan tubuh manusia oleh karena itulah bagi yang menderita masalah dalam pencernaan dianjurkan mengkonsumsi buah markisa secara teratur dan sesuai dengan porsinya.

  1. Sumber antioksidan

Salah satu manfaat buah markisa yang sangat popular adalah sebagai sumber dari zat antioksidan karena zat ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh manusia agar manusia terhindar dari berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur. Buah markisa ini sebagai sumber antioksidan karena di dalam buah ini mengandung fitokimia beta karoten atau karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dari buah markisa yang sangat bagus untuk tubuh manusia jika mengkonsumsinya setiap hari secara rutin dan akan mencegah seseorang terjangkit penyakit kanker karena pada dasarnya zat antioksidan ini adalah salah satu zat sebagai pembunuh sel kanker serta mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh.

  1. Menjaga imunitas tubuh

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah untuk menjaga imunitas dalam tubuh manusia karena pada buah markisa banyak mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terjangkit berbagai macam infeksi seperti yang diakibatkan oleh jamur maupun bakteri jahat.

Tag : manfaat markisa untuk kulit, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Manfaat Buah Markisa untuk Kulit, Dapat Menjaga Keseimbangan Tubuh