Manfaat Buah Pinang Muda bagi Kesehatan, yuk Tambah Wawasan Kalian

12 March 2018 16:40
March 12, 2018

Manfaat buah pinang muda bagi kesehatan tubuh manusia sangatlah besar tetapi dengan porsi yang secukupnya karena dibalik manfaat positif dari buah pinang ini juga tersimpan dampak negatif juga jika dikonsumsi berlebihan. Pohon pinang memiliki bentuk seperti pohon kelapa namun jika diperhatikan secara menyeluruh akan berbentuk berbeda karena pohon pinang adalah tumbuhan sejenis palma yang mempunyai tinggi hingga mencapai ketinggian 25 m dan memiliki bentuk batang ramping serta lurus menjulang keatas.

Pohon pinang memiliki daun yang sekilas seperti daun pada pohon kelapa namun yang menjadikan pohon pinang berbeda dengan pohon kelapa yakni tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa serta memiliki bentuk daun sedikit berbeda dengan daun kelapa pada umumnya.

Pohon pinang ini sangat terkenal karena bertepatan dengan hari 17 agustus 1945 banyak orang atau masyarakat mengadakan lomba lomba untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut dan sering kali menggunakan pohon pinang untuk kegiatan lomba panjat pinang yang biasanya yang digunakan ialah batang pohon pinang yang dilumuri oleh oli sehingga licin oleh karena itulah pohon pinang sangat popular sekali serta banyak orang pasti tahu akan nama pohon ini.

Beberapa Manfaat Buah Pinang Muda Bagi Kesehatan

buah pinang muda

Manfaat buah pinang muda bagi kesehatan tubuh manusia memang sangat banyak dan tidak bisa dipungkiri lagi khasiatnya untuk tubuh tetapi dengan porsi secukupnya saja tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan justru akan merugikan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah pinang muda bagi kesehatan manusia :

  1. Mengatasi mulut kering

Salah satu manfaat buah pinang muda bagi kesehatan adalah dapat untuk mengatasi mulut kering karena buah pinang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus yang akan menyebabkan mulut tidak pernah kering. Kelenjar ludah ini juga berfungsi untuk mencegah orang terserang penyakit disentri dan penyakit sindrom sjogren oleh sebab itulah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pinang muda setiap hari dengan porsi secukupnya.

  1. Menguatkan gigi dan gusi manusia

Manfaat buah pinang muda bagi kesehatan memang sangat banyak terutama untuk menguatkan gigi dan gusi manusia karena kandungan kandungan zat didalam buah pinang dapat menguatkan gigi dan gusi dengan cara iris secukupnya buah pinang lalu kunyah irisan irisan tersebut berkali kali.

  1. Sebagai obat cacing dalam tubuh

Manfaat buah pinang muda selanjutnya adalah dapat untuk mengobati penderita cacingan karena zat zat dalam buah pinang muda dapat membunuh cacing didalam tubuh manusia dengan cara siapkan buah pinang muda, temulawak, kunyit, kemudian semua bahan tersebut direbus dalam air hingga matang sempurna lalu saring airnya dan diminum. Kandungan dalam air inilah yang berfungsi untuk mengobati penyakit cacingan karena dapat membunuh cacing dalam tubuh manusia. Manfaat buah pinang ini juga sering digunakan pada peternakan ayam agar semua telur telur ayam tersebut terbebas dari cacing serta aman untuk dikonsumsi masyarakat.

  1. Mengobati kulit yang terluka

Berikut adalah salah satu manfaat positif dari buah pinang yakni dapat untuk menyembuhkan luka pada kulit dengan cara tumbuk sampai halus buah pinang muda lalu tempelkan tumbukan tersebut pada luka di kulit lakukan secara rutin maka luka akan cepat sembuh dalam waktu singkat.

  1. Rabun mata

Ternyata menurut penelitian di dunia buah pinang dapat juga untuk mencegah terjadinya rabun mata karena kandungan kandungan di dalam buah pinang dapat member banyak manfaat bagi mata manusia.

Tag : manfaat buah pinang muda kanker tiroid, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Manfaat Buah Pinang Muda bagi Kesehatan, yuk Tambah Wawasan Kalian