Manfaat Daun Jambu Air Bagi Tubuh Manusia, Simak Selengkapnya Disini

26 February 2018 19:57
February 26, 2018

Manfaat daun jambu air bagi tubuh manusia juga tidak bisa dianggap enteng karena jambu air ini mengandung zat zat dan nutrisi cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Jambu air merupakan salah satu jenis buah buahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar masyarakat luas oleh karena itulah maka sebaiknya masyarakat dapat dengan rutin mengkonsumsi jambu air ini demi kesehatan sebab jambu air ini juga memiliki harga relative murah bahkan jika tumbuh di sekitar masyarakat dapat diperoleh dengan gratis tetapi meskipun gratis jambu air ini memberikan banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia.

selain buah jambu air memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia ternyata daun jambu air juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit. Daun jambu air mempunyai warna hijau hingga hijau tua serta memiliki bentuk lebih panjang dan lebih lebar dari daun tumbuhan lainnya. Ujungnya meruncing serta permukaan daunnya memiliki tekstur halus dan mempunyai aroma atau bau khas daun jambu air.

Jika selama ini daun jambu air hanya untuk dibuang karena mengotori halaman rumah sekarang alangkah baiknya jika daun jambu air dapat dikumpulkan lalu dikonsumsi karena pada daun jambu air ini mengandung banyak sekali senyawa senyawa aktif seperti senyawa fenolik, senyawa saponin, senyawa steroid, dan masih banyak lagi yang dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh manusia.

Beberapa Manfaat Daun Jambu Air bagi Tubuh

daun jambu air

Manfaat daun jambu air bagi kesehatan tubuh manusia memang tidak dapat dipungkiri lagi karena banyak terkandung senyawa senyawa aktif yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat daun jambu air bagi tubuh manusia :

  1. Mengatasi penyakit diare

Manfaat daun jambu air bagi tubuh manusia salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit diare dengan cara menguyahnya secara mentah tetapi harus dibersihkan terlebh dahulu karena daun jambu air dapat mengentalkan feses sebab feses pada penderita diare mempunyai feses yang sangat encer oleh karena itulah dianjurkan bagi penderita mengkonsumsi daun jambu air untuk memadatkan feses. Jika penderita diare semakin parah hendaknya harus konsultasi oleh dokter agar mendapakan penanganan medis secara cepat.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun jambu air selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh meskipun kadar kolesterol dibutuhkan oleh tubuh tetapi kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan gangguan kesehatan. Fungsi daun jambu air untuk kolesterol adalah menurunkan kadar kolesterol agar dapat kembali seperti semula.

  1. Mencegah dan mengatasi penyakit diabetes

Khasiat daun jambu air memang sangat baik untuk tubuh manusia selain itu daun jambu air ini juga dapat mengatasi penyakit penyakit berat seperti penyakit diabetes karena daun tersebut dapat menurunkan kadar gula atau glukosa dalam tubuh serta mengubahnya menjadi energy sebab daun ini dapat mengatasi resistensi insulin dalam tubuh manusia.

Cara untuk mengkonsumsi daun jambu air untuk penderita diabetes ialah dengan cara merebus 7 lembar daun jambu air yang masih mentah dalam 3 gelas air lalu rebus hingga sampai 1 gelas saja setelah itu dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari yakni pagi hari dan sore hari karena dengan mengkonsumsi daun jambu air ini secara teratur dapat menurunkan kadar glukosa pada tubuh penderita diabetes.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Manfaat Daun Jambu Air Bagi Tubuh Manusia, Simak Selengkapnya Disini