Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

31 January 2016 07:56
December 22, 2017

Tidak hanya sebagai bumbu saja, tetapi manfaat daun kemangi yang lainnya yaitu sebagai pelengkap sajian ikan atau ayam goreng yang dihidangkan dengan mentimun juga sambal. Banyak manfaat yang dapat diambil dari dalam daun kemangi. Tetapi sebelum mengetahui manfaat dari daun kemangi, Anda juga harus mengetahui kandungan apa saja yang tersimpan di dalam daun kemangi.

I. Kandungan Daun Kemangi

Kandungan yang tersimpan di dalam daun kemangi, tentu sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan yang timbul. Baik untuk pria atau wanita dari balita hingga dewasa.

  1. Kandungan yang tersimpan di dalam daun kemangi yang pertama adalah vitamin C, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit juga untuk membantu menyerap nutrisi secara maksimal.
  2. Di dalam daun kemangi terdapat mineral yang dapat membantu menguatkan tulang dan memaksimalkan pertumbuhan tubuh.
  3. Tidak hanya terdapat kalsium saja, daun kemangi juga memiliki kandungan fosfor yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang.
  4. Di dalam daun kemangi juga terdapat kandungan magnesium yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga membuat aktifitas nantinya tidak terganggu dan tubuh sehat juga bugar.
  5. Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten yang befungsi untuk menjaga penglihatan agar selalu baik dan membuat mata menjadi rileks.
  6. Daun kemangi memiliki kandungan anti mikroba yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dapat terhindar dari masalah infeksi.
    Dan masih banyak lagi kandungan yang dimiliki daun kemangi yang bisa memberikan manfaat secara maksimal jika mengkonsumsinya dengan teratur.

II. Manfaat Daun Kemangi

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat daun kemangi yang pada umumnya belum banyak orang yang mengetahuinya.

  1. Dapat Memperbaiki Aliran Darah
    Manfaat daun kemangi yang pertama yaitu dapat memperbaiki aliran darah di dalam tubuh. Kandungan magnesium pada daun kemangi berfungsi untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks juga dapat mengontrol kerja jantung. Dengan begitu maka aliran darah dapat berjalan lancar ke seluruh bagian tubuh.
  2. Dapat Mengatasi Kemandulan
    Daun kemangi memiliki zat yang bernama zat arginin. Di mana zat ini berfungsi untuk membuat daya tahan sperma yang ada menjadi semakin kuat. Sehingga masalah kemandulan dapat teratasi dengan baik.
  3. Menyembuhkan Sariawan
    Jika Anda sering mengalami masalah sariawan baik karena panas dalam atau karena tergigit saat makan, Anda bisa menggunakan daun kemangi untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu cukup mengkonsumi beberap daun kemangi, setelah itu minum air hangat.
  4. Dapat Menjaga Jantung
    Manfaat daun kemangi berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang dimiliki daun kemangi baik untuk kesehatan jantung.
  5. Meningkatkan Pertumbuhan
    Manfaat daun kemangi yaitu dapat menambah pertumbuhan serta perkembangan tulang. Kalium dan fosfor yang terdapat di dalam daun kemangi baik untuk tulang.
  6. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Bagi Anda yang mudah sakit, Anda dapat menggunakan daun kemangi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan betakaroten yang befungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat sel dalam tubuh mengalami regenerasi sehingga menjadi lebih baik.
  7. Dapat Mengobati Demam dan Masuk Angin
    Daun kemangi juga dapat meredakan demam dan masuk angin, caranya yaitu cukup balurkan daun kemangi yang dicampur dengan bawang merah dan minyak kayu putih kepada bagian tubuh Anda.
  8. Mengobati Batuk
    Saat timbul tanda-tanda batuk, daun kemangi adalah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Anda dapat menggunakannya dengan meminum teh hangat atau bisa juga dicampur dengan bumbu masakan yang hendak dimasak dan dimakan.
  9. Membuat Mata dan Mulut Sehat
    Dengan adanya kandungan vitamin A di dalam daun kemangi, maka akan membuat mulut Anda menjadi segar dan juga bisa membuat mata menjadi rileks, dan sangan bagus jika Anda mengkonsumsinya sebelum tidur.
  10. Mencegah Penuaan Dini
    Daun kemangi dapat mencegah datanganya penuaan dini. Ini dikarenakan kandungan triptofan di dalam daun kemangi yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang dapat muncul kapan saja. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, tentu membuat khasiatnya semakin terasa.
  11. Sebagai Anti radang
    Daun kemangi adalah obat anti radang yang ampuh. Tentu ini adalah solusi yang tepat untuk obat anti radang jika dibandingkan harus membeli obat yang memiliki kandungan bahan kimia.
  12. Anti Alergi
    Dengan mengkonsumsi daun kemangi, maka dapat menjadi anti alergi yang baik. Jika Anda mengalami alergi, maka daun kemangi adalah solusi yang tepat untuk mengatasi alergi Anda.
    Masih ada beberapa manfaat daun kemangi yang bisa Anda peroleh saat mengkonsumsinya, yaitu sebagai anti stres dan bisa juga menjadi obat untuk para perokok aktif, karena daun kemangi dapat mengurangi kadar nikotin yang berada di dalam aliran darah. Khusus wanita, da
Tag : daun kemangi, kemangi, gambar kemangi, gambar daun kemangi, Daun kema, Manfaat daun kemangi, khasiat daun kemangi di makan setelah bangun tidur, berapa banyak kemangi yang perlu dikonsumsi, berapa banyak daun kemangi yang harus dikonsumsi setiap hari, asam urat boleh makan daun kemanggi, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Manusia