Manfaat Jagung Bagi Tubuh Manusia, Obat Alami untuk Kesehatan

15 January 2018 13:52
January 15, 2018

Manfaat jagung bagi tubuh sangatlah penting sekali karena pada jagung memiliki banyak sekali kandungan zat zat yang memiliki fungsi masing masing dalam kesehatan tubuh serta zat zat tersebut juga mempunyai dampak positif bagi tubuh manusia jika mengkonsumsi jagung rutin setiap hari.

Jagung adalah salah satu tanaman yang menjadi bahan makanan di seluruh bagian Negara terutama di Indonesia meskipun tidak menjadi makanan pokok tetapi jagung mempunyai banyak penggemar setia.

Untuk pengolahan jagung untuk makanan manusia bisa dengan cara menjadi campuran dalam sup, jagung yang tua bisa digunakan menjadi popcorn yang nikmat.

Beberapa manfaat jagung bagi tubuh

manfaat jagung

Manfaat jagung bagi tubuh manusia sangatlah penting karena banyaknya kandungan kandungan yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan semua anggota organ tubuh manusia oleh karena itulah maka dianjurkan semua masyarakat untuk mengkonsumsi jagung tersebut. Beberapa manfaat jagung bagi tubuh manusia :

  1. Sebagai sumber kalori

Manfaat jagung bagi tubuh manusia salah satunya adalah sebagai sumber kalori karena jagung ini mengandung begitu banyak kalori seperti 342 kalori per 100 gram yang merupakan salah satu jenis sereal yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan banyak orang mengkonsumsi jagung ini demi mendapatkan berat badan yang ideal karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi.

  1. Mengurangi resiko terkena wasir

Manfaat jagung bagi tubuh salah satunya adalah untuk mengurangi resiko terkena wasir karena kandungan dalam jagung memiliki banyak kandungan serat didalamnya. Serat dapat membantu buang air besar yang akan merangsang gerak peristaltic serta merangsang produksi asam lambung dan produksi empedu.

  1. Sumber vitamin

Manfaat jagung yang paling penting untuk tubuh manusia adalah menjadi sumber vitamin karena jagung memiliki banyak sekali kandungan vitamin seperti vitamin B, thiamine, niacin, sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan janin pada syara. Biji jagung juga banyak memiliki zat vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh maka dianjurkan semua manusia untuk mengkonsumsi jagung karena memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan gizi.

  1. Kaya dengan mineral

Manfaat jagung bagi tubuh manusia salah satunya adalah sebagai sumber mineral bagi tubuh karena pada makanan jagung ini banyak mengandung fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan tembaga. Selain itu jagung juga mengandung mineral yang sering disebut dengan selenium yang tidak ditemukan di kandungan bahan lainnya selain jagung.

Zat fosfor juga sangat penting bagi tubuh manusia karena berfungsi sebagai salah satu zat yang dapat memperkuat tulang dan fungsi ginjal agar bekerja secara optimal sedangkan fungsi dari magnesium adalah untuk menjaga detak jantung agar normal dan meningkatkan kekuatan dari tulang supaya tidak keropos.

  1. Memiliki sifat antioksidan

Manfaat jagung bagi tubuh yang paling penting adalah manfaat sebagai antioksidan karena zat antioksidan itu penting sekali untuk sistem kekebalan tubuh manusia karena jika system antioksidan menurun secara otomatis tubuh manusia akan rentan terkena berbagai macam penyakit karena tidak adanya kekebalan tubuh yang menangkal penyakit.

Tidak seperti kebanyakan makanan lainnya jika jagung ini merupakan sumber yang kaya dengan zat antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas atau melawan kanker. Antioksidan terbukti dapat melawan kanker karena memiliki kemampuan untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker agar tidak berkembang.

Tag : manfaat blendung jagung, manfaat jagung bagi manusia, keuntungan memanfaatkan jagung bg manusia, manfaat blendung jagung bagi konsumen, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags:

Related to: Manfaat Jagung Bagi Tubuh Manusia, Obat Alami untuk Kesehatan