Manfaat madu untuk kecantikan wajah secara alami

June 21, 2017

Memiliki wajah yang terawat, bersih dan bebas dari noda ataupun jerawat merupakan idaman tiap wanita. Kecantikan seperti itu tentunya membutuhkan sedikit effort dari pada ladies. Tapi apakah effort itu selalu merogoh kocek yang dalam? Tidak selalu! Oke baiklah, lalu dengan menggunakan apa? Madu adalah jawabannya.

Manfaat madu untuk wajah ternyata sangat banyak dan sudah terbukti secara klinis untuk merawat wajah. Apa saja manfaat madu untuk wajah? Mari simak ulasan di bawah ini.

Manfaat madu untuk kecantikan

manfaat madu untuk kecantikan

Ilustrasi Perawatan dengan Madu

 

Madu adalah cairan alami yang dihasilkan oleh lebah. Berbagai manfaat madu untuk kecantikan antara lain:

  1. Membersihkan jerawat

Manfaat madu untuk membersihkan jerawat adalah salah satu manfaat yang sudah banyak diketahui bersama. Madu terbukti secara klinis dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan noda bekas hitam akibat jerawat.

Cara pemakaiannya pun cukup simple. Anda tinggal mengoleskan madu dalam kondisi hangat pada wajah, diamkan selama 2-3 jam, bilas muka dengan air hangat dan lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

  1. Memutihkan wajah

Madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Jika Anda berniat menggunakan madu untuk memutihkan kulit, siapkan 1 sdm madu, 1 sdm almond, 1 sdm air lemon dan 1 sdm oatmeal. Mix bahan tersebut dan oleskan pada wajah. Pijat wajah Anda pelan-pelan dan diamkan selama 10 menit agar meresap. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih dan lakukan treatment tersebut secara rutin.

  1. Mencegah penuaan pada kulit

Ingin tetap muda meski usia tak lagi muda adalah impian banyak wanita. Madu dapat menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan impian tersebut. Metode penggunaannya tergolong simple. Siapkan 2 sdm madu dan 2 sdm air lemon. Mix bahan tersebut dan tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada seluruh bagian wajah hingga leher dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan perawatan ini rutin setiap hari.

  1. Melembabkan kulit wajah

Madu adalah satu-satunya cairan alami yang dapat melembabkan kulit wajah. Pemakaiannya pun sangat sederhana. Anda tinggal mengoleskan madu pada seluruh bagian wajah dengan ditambah 2 sendok susu murni. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

  1. Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori besar dapat menjadi penyebab jerawat karena tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan madu untuk mengecilkan pori-pori kulit. Penggunaannya adalah dengan menyampurkan 5 sdm madu, 2 sdm susu bubuk dan 2 sdm oatmeal dan aduk hingga merata. Oleskan pada seluruh permukaan wajah hingga leher dan lakukan pemijatan pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus.

  1. Mengobati bibir kering

Bibir kering dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut. Anda dapat mengatasi bibir kering dengan menggunakan madu. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan memanaskan madu hingga berbusa dan oleskan pada bibir yang kering. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas bibir dengan air bersih.

Manfaat madu untuk kecantikan sudah kami paparkan. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan madu sebagai bahan perawatan wajah. Pastikan madu yang Anda pergunakan adalah madu asli dan bukan madu sintetis. Madu asli memang lebih mahal, tapi hasilnya tidak akan pernah mengecewakan. Selamat mencoba!

Tag : manfaat madu untuk kecantikan secara alami, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Manfaat madu untuk kecantikan wajah secara alami