Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Orang Tua Wajib Tau

June 11, 2017

Jika Anda pencinta madu, tentunya Anda tidak akan meragukan bahwa cairan yang satu ini memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Selain madu digunakan untuk bahan campuran makanan atau minuman, madu juga sering dipergunakan sebagai bahan untuk obat-obatan dan juga kesehatan.

Untuk kesehatan sendiri, madu ternyata bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Manfaat madu untuk kesehatan anak orang tua wajib ketahui hal ini, akan kami  ulas.

Madu yang aman dikonsumsi oleh anak-anak adalah madu asli dan bukan madu palsu. Mengkonsumsi madu asli akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

manfaat madu untuk anak

manfaat madu untuk anak

  1. Meredakan batuk

Jika terserang batuk anak-anak pasti tidak bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini terjadi dikarenakan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh balita. Untuk mencegah batuk pada buah hati Anda bertambah parah. Ibu bisa memberikan satu sendok madu pada anak sebelum makan agar batuk mereda.

  1. Membantu pertumbuhan

Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan. Anak-anak membutuhkan banyak gizi serta nutrisi untuk menunjang pertumbuhan. Dengan mengonsumsi madu secara teratur , madu akan  sangat membantu proses pertumbuhan buah hati Anda menjadi lebih baik. Berikanlah satu sendok madu sehari dua kali secara teratur pada anak Anda.

  1. Sebagai sumber energi

Madu memiliki kandungan fruktosa. Fruktosa adalah pemanis alami yang dapat menjadi sumber energi dan dapat mencukupi kebutuhan harian energi anak Anda.

  1. Menyembuhkan luka

Anak-anak memiliki resiko untuk terjatuh atau terluka pada saat bermain. Kadang kala, luka tersebut hanya sekedar memar atau bahkan sampai berdarah. Jika terjadi pendarahan, oleskan madu pada luka agar tidak terjadi infeksi.

  1. Mencerdaskan otak

Kandungan vitamin dan zat-zat yang ada pada madu dapat menjadi stimulus bagi otak anak-anak Anda.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Madu mengandung sejumlah bakteri yang baik digunakan untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam usus. Dengan madu, sistem pencernaan buah hati Anda akan tetap sehat.

  1. Sumber vitamin

Kebutuhan vitamin sangat diperlukan dalam jumlah banyak oleh buah hati Anda. Mereka membutuhkan bermacam – macam vitamin pada masa pertumbuhannya. Madu mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan fisik anak Anda..

Madu  merupakan bahan alami yang berasal dari alam. Akan tetapi, tidak semua madu yang ada dipasaran adalah madu asli. Oleh seba itu, Anda wajb melindungi buah hati Anda dari madu palsu yang dijual di pasaran. Untuk membedakan mana madu palsu dan mana yang bukan, lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Jika madu dilarutkan kedalam air di dalam gelas, madu asli akan memisahkan diri dari air dan akan mengendap di dasar gelas. Sementara itu, madu palsu akan bercampur dengan air dan menjadi larutan.
  • Dalam tempat penyimpanan. madu asli tidak akan dikerubungi oleh semut.
  • Saat dimasukkan ke dalam kulkas atau pendingin, madu asli akan membeku.
  • Jika disentuh dengan tangan, madu asli akan lengket dan kenyal. Sedangkan madu palsu terlihat cair.
  • Apabila madu asli diteteskan diatas kertas, tidak akan membuat lubang. Sedangkan untuk madu palsu, akan membuat lubang pada kertas.
  • Madu asli apabila dikocok dalam botol akan berbusa, sementara madu palsu tidak.
  • Madu asli biasanya menyisakan sedikit kotoran berupa potongan kecil rumah lemah yang ikut tersaring.

Manfaat madu untuk kesehatan anak dan orang tua wajib tahu sudah kami paparkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan pergunakanlah madu asli.

Tag : manfaat madu untuk anak, msngfaat madu untuk anak, manfaat madu untuk kesehatan, manfaat madu untuk anak anak, madu untuk orang tua, madu asli tuk anak, khasiat dan kegunaan madu untuk anak, kegunaan madu buat anak-anak, kasiat madu untuk anak, dampak madu pada kesehatan anak, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Orang Tua Wajib Tau