Manfaat tumbuhan paku bagi manusia, Ramuan Nenek Moyang

9 January 2018 16:49
January 9, 2018

Adanya tumbuhan paku dapat membantu untuk kebutuhan kebutuhan dalam kegiatan manusia walaupun hanya sedikit tetapi tetap dalam menyumbang manfaat dari berbagai macam manfaat. Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang sudah ada sejak zaman purba atau semenjak awal mula bumi terbentuk karena tumbuhan ini sudah ada di muka bumi selama 400 juta tahun dari sekarang.

Pada zaman dahulu kala tanaman paku ini mempunyai ukuran tumbuhan yang sangat besar tetapi selang berjalannya waktu tanaman ini mengalami evolusi sehingga ukurannya pada jaman sekarang menjadi kecil. Pada jaman sekarang ini tanaman paku sudah digunakan untuk membantu kebutuhan manusia yakni sebagai manfaat seperti bahan obat herbal, untuk bahan bangunan, serta sebagai alat pembersih.

Beberapa Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Manusia

manfaat tumbuhan paku bagi manusia

Tumbuhan paku memang memiliki peran juga untuk membantu kehidupan manusia seperti ulasan berikut ini :

1.Tanaman hias

Selain untuk membantu kebutuhan hidup manusia tanaman paku ini juga memiliki daya tarik yang sangat menawan sebagai tanaman hias karena bagi sebagian manusia yang menyukai tanaman hias maka tanaman paku adalah salah satu dari daya tarik sebagai tanaman hias.

Tanaman paku memang sangat menarik perhatian sebagai tanaman hias karena bentuk dari masing masing susunan tumbuhan ini seperti susunan akar, batang, dan daunnya yang masing masing memiliki daya tarik tersendiri.

Tanaman paku memiliki beberapa jenis yang menjadi favorit dari manusia yakni jenis Adiantum cuneatum, jenis Asplenium nidus, jenis Adiantum farleyense, jenis Alsophila glauca, jenis Platycerium Bifurcatum, dan jenis Selaginella willdenowii beberapa jenis tanaman paku ini adalah beberapa jenis yang paling banyak dipelihara bagi manusia untuk menjadi salah satu manfaat tumbuhan paku bagi manusia dari segi tanaman hias.

2.Manfaat tumbuhan paku bagi manusia untuk bahan sayuran

Manfaat tumbuhan paku bagi manusia selanjutnya adalah sebagai sayuran untuk melengkapi kebutuhan serat bagi tubuh manusia karena tumbuhan paku ini memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi juga bagi tubuh manusia.

Kebanyakan manusia memang harus mengkonsumsi banyak sayuran untuk melengkapi kebutuhan serat serta manusia juga harus mengutamakan jumlah yang banyak agar tidak bosan manusia perlu beberapa jenis sayuran terutama sayuran tanaman paku yang berfungsi sebagai salah satu sumber serat.

3.Manfaat tumbuhan paku bagi manusia untuk pupuk hijau

Selain berfungsi untuk kebutuhan hidup manusia tanaman paku juga dapat berfungsi untuk kelangsungan hidup dari tanaman lain tetapi tetap dengan campur tangan manusia untuk pengolahannya karena tanaman paku ini dapat mengikat N di udara yang dimiliki oleh tanaman Salvinia natans dan Azolla pinnata untuk kegiatan budidaya pertanian.

Kedua tanaman ini memang sangat bermanfaat untuk pertanian karena mampu bersimbiosis dengan Anabaena sp sebab Anabaena ini adalah sejenis alga yang berfungsi untuk membantu fiksasi nitrogen yang akan membuat tanaman paku tersebut memiliki kandungan nitrogen sangat tinggi karena kandungan nitrogen inilah yang dimanfaatkan sebagai pupuk hijau oleh kegiatan budidaya pertanian.

4.Manfaat tumbuhan paku bagi manusia untuk obat herbal

Beberapa manfaat tanaman paku memang sangat banyak terutama manfaat dalam segi medis karena tanaman ini menjadi salah satu bahan baku dari pembuatan obat Dryopteris filix-mas yang berfungsi sebagai obat cacingan bagi manusia. Salah satu jenis yang dapat digunakan adalah jenis tanaman paku kawat, Alsophila glaucia atau pakis haji yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut atau mencret mencret.

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Manfaat tumbuhan paku bagi manusia, Ramuan Nenek Moyang