Manfaat Vitamin B1 dan Efek Samping Penggunaannya

June 22, 2017

Manfaat Vitamin B1 – Pertumbuhan dan perkembangan tubuh memerlukan berbagai zat dan nutrisi penting, maka dari itu perlu pemenuhan gizi yang seimbang. Salah satu zat yang dibutuhkan tersebut adalah vitamin B1 yang ada dalam jenis vitamin B kompleks. Banyak manfaat yang akan didapatkan jika tercukupi dengan tepat namun jika berlebihan atau kekurangan juga akan menimbulkan masalah yang tidak biasa. Saat ini ada banyak sekali merek dagang yang menjual suplemen vitamin B1 ini dalam bentuk tablet. Perlu diperhatikan lagi untuk mengonsumsi suplemen ini karena tidak sembarangan dalam pemakaiannya, perlu resep dokter atau pemenuhan sesuai dosis agar tidak terjadi hal yang berbahaya. Di bawah ini ada banyak sekali informasi menarik dari manfaat vitamin B1 dan berbagai peringatan sebelum menggunakannya.

Manfaat Vitamin B1

manfaat vitamin b1

Beberapa manfaat vitamin b1 ini dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan tubuh agar berjalan dengan normal. Banyak pasien juga yang menjalani serangkaian perawatan penyembuhan yang menggunakan tambahan vitamin B1 ini. Apa saja manfaat vitamin tersebut?

  • Melancarkan sistem otot tubuh
  • Membentuk dan memelihara sistem syaraf tubuh
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Memelihara organ tubuh bagian dalam
  • Membantu menstabilkan sistem peredaran darah

Peringatan Penggunaan Vitamin B1

Walau tergolong obat bebas namun banyak yang perlu diperhatikan lagi sebelum mengonsumsinya seperti anjuran untuk tidak dikonsumsi berlebihan bagi ibu yang sedang hamil. Bagi pengguna yang sedang terjangkit penyakit diabetes sebaiknya tidak mengonsumsinya juga. Peringatan lain datang dari keseimbangan konsumsi dengan vitamin B jenis lain seperti vitamin B3 dan vitamin B6 karena jika tidak seimbang akan menyebabkan kerusakan sistem otak. Sebaiknya periksa kembali dosis penggunaan atau dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Cara Penggunaan

Serangkaian perawatan pada pasien biasanya hanya dibatasi dalam dosis tertentu begitu juga dengan orang yang sehat. Dosisnya sendiri biasanya dibedakan menjadi beberapa porsi bergantung dari kebutuhan pasien tersebut, untuk normalnya sendiri hanya sebatas 20 mg sampai 300 mg. Biasanya serangkaian perawatan tersebut berlangsung antara 3 bulan sampai 6 bulan hingga kebutuhan vitamin tersebut basi dikurangi. Memang tidak dianjurkan untuk membeli sendiri vitamin ini sebagai kebutuhan sehari-hari, sebagai gantinya masih bisa memenuhi kebutuhan tersebut dari sayur dan buah-buahan yang rasanya lebih enak serta aman dikonsumsi.

Sebaiknya konsumsi vitamin B1 ini dalam rentang waktu dan jam yang sama misalkan setelah makan atau saat makan, jika terlewat jam tersebut pada kemudian hari dihimbau untuk tidak menggandakan porsi vitamin B1 tersebut, hanya perlu mengonsumsi untuk jam berikutnya saja karena bisa berdampak buruk jika dikonsumsi berlebihan. Jangan pernah meminum suplemen ini dengan tambahan minuman keras atau karbonasi karena bisa membahayakan tubuh Anda sendiri.

Efek Samping Vitamin B1

manfaat vitamin b1

Beberapa efek samping yang kemungkinan akan timbul seperti alergi dan iritasi. Namun hanya dalam skala yang kecil selama penggunaannya tidak berlebihan. Jika memang diperlukan bantuan dari medis bisa memeriksakan diri jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Penggunaan vitamin B1 ini memang baik jika masih dalam takaran dan dosisnya namun akan berdampak yang sebaliknya jika tidak dipatuhi cara penggunaannya.

Beberapa informasi dan himbauan tersebut perlu Anda pahami dahulu karena jika tidak sesuai akan berdampak pada kejadian yang tidak diinginkan. Selama masih menjalani serangkaian pemenuhan vitamin B1 perlu juga mengimbanginya juga dengan nutrisi lain terutama dari jenis vitamin B yang lainnya. Semoga informasi tentang manfaat vitamin B1 ini dapat membantu Anda dalam pemenuhan nutrisi sehari-hari atau sebagai perawatan kesehatan.

 

Tag : manfaat vitamin B1, efek samping vitamin b1, efek samping b1, manfaat vitamin b 1, kegunaan vitamin b1, vit b1, manfaat vit b1, efek samping vitamin B 1, manfaat b1, epek samping vitamin B1, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Manfaat Vitamin B1 dan Efek Samping Penggunaannya