Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Kaya akan Kandungan Vitamin

23 January 2018 15:46
January 23, 2018

Manfaat wortel mentah lebih maksimal untuk kesehatan organ tubuh manusia karena kandungan gizinya masih sempurna sebab jika belum di masak pasti kandungan gizi masih utuh. Wortel terkenal dengan suatu jenis dari sayuran karena biasanya digunakan untuk bahan membuat sayur sop dan jenis makanan makanan lainnya tetapi meskipun mempunyai banyak keunggulan ada juga orang orang yang tidak menyukai sayuran wortel ini karena mereka berpendapat bahwa wortel ini mempunyai rasa yang tidak enak di lidah. Padahal sayur wortel ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi tubuh manusia apa lagi pada saat keadaan mentah.

Wortel tersebut memiliki nama ilmiah yakni Daucus Carota yang berasal dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus serta wortel adalah sejenis sayuran yang berasal dari umbi. Wortel ini memiliki tekstur sangat renyah dengan rasa sedikit manis karena itulah sayuran ini memiliki kandungan vitamin A sangat besar sehingga dinyatakan sebagai sumber bahan makanan sehat di dunia. Selain vitamin A wortel juga kaya dengan kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Sayuran wortel memang sangat kaya akan keunggulan kandungan untuk kesehatan tubuh manusia karena terdapat kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata serta organ tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan :

  • Meningkatkan fungsi penglihatan

Manfaat wortel untuk kesehatan organ mata sudah tidak perlu diperhatikan lagi karena wortel memiliki kandungan paling banyak vitamin A sedangkan vitamin A tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata manusia. Wortel yang paling banyak memiliki kandungan vitamin A adalah wortel yang masih mentah karena wortel yang masih mentah bisa mengandung vitamin A sebesar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu tanaman wortel ini memiliki banyak kandungan beta carotene juga yang dapat diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A di dalam hati manusia.

  • Membantu pencegahan penyakit kanker

Ternyata manfaat wortel bagi kesehatan tidak hanya untuk kesehatan mata saja tetapi juga dapat untuk menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru-paru. Dari riset penilitan terbaru menyatakan bahwa wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk kedalam zat anti kanker. Zat falcarinol merupakan salah satu zat sejenis pestisida alami untuk melawan parasit parasit tanaman wortel seperti jamur.

  • Memperlambat penuaan dini

Yang paling mengejutkan sekali bahwa tanaman ini selain memiliki manfaat bagi kesehatan mata juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini karena kandungan beta carotene yang sangat tinggi didalam tanaman wortel ini. Beta carotene di dalam wortel berguna sebagai anti oksidan bagi tubuh yang membantu membersihkan sel sel mati tubuh dalam proses metabolisme dan terjadinya proses itulah yang dapat memperlambat penuaan dini.

  • Membantu menyehatkan kulit

Selain mempunyai keunggulan keunggulan seperti diatas sayuran wortel juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit karena mempunyai kandungan vitamin A sangat tinggi serta zat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Ada berbagai macam kerusakan kulit yang dapat diantisipasi oleh sayuran wortel ini seperti keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, jerawat, kulit kering maupun pigmentasi kulit dan semua ini bisa terjadi akibat kurangnya kadar vitamin A di dalam tubuh manusia.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Kaya akan Kandungan Vitamin