Mendeteksi Ciri dan Penyebab Paru Paru Basah Sejak Dini

May 14, 2017

Deteksi Penyebab Paru-Paru Basah – Tubuh Anda terasa Nyeri di dada dan sulit bernafas disertai batuk berdahak? Paru-paru basah bukan ya? Oke untuk mendapat jawabannya pada kesempatan kali ini kami khusus ingin memberikan informasi kepada Anda terkait mengenai ciri-ciri penyakit paru-paru basah.

Anda pasti sudah tahu jenis penyakit yang terkait dengan organ paru-paru ini merupakan jenis penyakit jika tidak mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Permasalahan yang sering timbul dalam masyarakat adalah  kurangnya informasi mengenai bagaimana sih ciri-ciri atau gejala penyakit par-paru basah tersebut.

Dan pada akhirnya sakit yang dialami oleh penderita baru diketahui saat penyakitnya sudah mulai parah. Kalau sudah demikian tentu sajaproses penyembuhannya akan lebih sulit dan lama. Itu dia salah satu alasan mengapa Anda harus mengetahui apa saja sih ciri-ciri penyakit paru-paru basah?

penyebab Paru Paru Basah

Ilustrasi Penyakit Paru paru basah

Dalam ilmu kedokteran paru-paru basah disebut dengan pheumonia yang artinya infeksi atau peradangan yang terjadi pada paru-paru disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.

Kebanyakan orang menganggap remeh penyakit ini karena gejala-gejalanya yang sangat tak terduga. Semua orang bisa saja terkena penyakit ini jika tidak menjaga dan memperhatikan kesehatannya dengan baik.

Virus, bakteri serta jamur yang masuk ke dalam tubuh biasanya melalui organ pernafasan dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru basah.

Ciri dan gejala paru-paru basah bervariasi dari ringan hingga berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis bakteri atau virus penyebab infeksi, usia dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Ciri-ciri ringan dan gejalanya mirip dengan pilek atau flu biasa, tetapi mereka bertahan lebih lama. Batuk juga menyertai dengan gejala lainnya, bervariasi tergantung kondisi kita juga.

Gejala yang sering mempengaruhi organ pernafasan ini juga dapat melibatkan gangguan pada sistem tubuh lainnya. Jadi supaya Anda bisa lebih waspada dan bisa mencegah penyakit tersebut, simak informasi berikut ini.

Ciri Ciri Penyakit Paru Paru Basah dan Penyebabnya:

penyebab Paru Paru Basah

Tangan Berkeringat berlebih salah satu ciri penyakit paru paru basah

  • Sulit bernapas
  • Nyeri dada (seperti ditekan)
  • Batuk parah dengan jangka waktu yang lama
  • Batuk darah (hemoptisis)
  • Batuk berdahak berwarna kuning, coklat muda, atau lendir hijau
  • Batuk lendir berbusa merah muda
  • Napas cepat(takipnea)
  • Sesak napas
  • Mengi (bersiul suara yang dibuat oleh pernapasan)
  • Mual, muntah dan diare
  • Tangan berkeringat berlebihan

Bagaimana Cara Mengobati Paru-paru Basah?

Pengobatan alami terhadap gejala paru-paru basah, usahakan penderita paru-paru basah tidak sering berada di luar rumah, terutama pada malam hari.

Karena berada di luar rumah pada malam hari merupakan faktor tertinggi yang menyebabkan paru-paru basah. Jika Anda terbiasa tidur malam (begadang) itu juga dapat menyebabkan paru-paru basah.

Terlebih lagi Anda menggunakan kipas angin di dalam kamar, segeralah berhenti menggunakannya. Karena angin yang berhembus ke badan dapat memberikan efek negatif bagi tubuh Anda.

Dengan berolahraga Anda pun dapat mencegah penyakit paru-paru basah. Olahraga pun harus dilakukan dengan rutin dan teratur, Anda pun bisa bandingkan setelah sering melakukan olahraga dengan sebelum berolahraga.

Dan untuk perokok, dianjurkan untuk berhentilah merokok, karena rokok mengandung banyak racun berbahaya khususnya bagi paru-paru Anda.

Jika penyakit paru-paru basah yang Anda derita masih berlanjut, segeralah periksakan ke dokter sebelum terlambat. Itulah tips sehat mengenai ciri dan gejala dari penyakitparu-paru basah.

Marilah kenali tanda-tanda awal penyakit dalam tubuh Anda agar Anda bisa mencegah dan mengatasinya dengan segera.

Tag : cara mengecek paru paru basah, ciri2 paru2 basah, cara mengetahui paru paru basah, paru paru basah, cara mendeteksi paru paru basah, gejala paru paru basah ringan, gejala awal paru paru basah, tentang paru paru basah stadium?, cara mendeteksi sakit paru paru basah, cara cara melihat orang terkena paru paru basah, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Mendeteksi Ciri dan Penyebab Paru Paru Basah Sejak Dini